Tuesday, January 10, 2023

Try Out UKOM 1

 

UKNI 2018

Seorang ketua tim mendampi perawat pelaksana dalam melakukan ROM aktif ke pasien SNH. Setelah melakukan kegiatan tersebut, katim berdiskusi dengan perawat pelaksana terkait tindakan tersebut. Apakah jenis supervisi yang dilakukan ketua tim tersebut?

  1. Langsung
  2. Observasi
  3. Tidak langsung
  4. Integrasi
  5. Diskusi

 

Angka kejadian infeksi di ruang penyakit bedah meningkat sebanyak 3,5%. Berdasarkan hal tersebut, ketua tim mengusulkan agar sebelum pasien dioperasi, pasien dimandikan terlebih dahulu oleh perawat. Ada perawat pelaksana yang tidak setuju karena hal tersebut akan menambah pekerjaan perawat. Hal yang selanjutnya dilakukan adalah

  1. Mengabaikan perlawanan
  2. Memaksa petugas tersebut
  3. Menyediakan sistem reward positif bagi petugas yang memandikan pasien
  4. Tetap memandikan pasien sebelum dilakukan operasi
  5. Mendorong petugas untuk mengungkapkan perasaan mengenai perubahan yang terjadi

 

Anda sedang merawat pasien di RSJ dengan penyakit tambahan SLE. Pasien menyendiri, tampak menarik diri. Pasien sering berkata, tubuhku berwarna hitam dan berjerawat. Gangguan konsep diri yang dialami pasien adalah

  1. Citra tubuh
  2. Ideal diri
  3. Harga diri
  4. Peran diri
  5. Identitas diri

 

Pasien DM, usia 60 tahun, riwayat DM 5 tahun, pingsan karena habis suntik insulin tidak makan karena terlalu sibuk. Discahrge planning apakah yang tepat?

  1. Diet
  2. Tempat lokasi injeksi
  3. Jadwal makan
  4. Senam kaki
  5. Cara injeksi insulin

 

Pasien TB, ada ciri-ciri HIV, tanpa sepengetahuan pasien dilakukan tes ELISA. Perawat melanggar prinsip apa?

  1. Autonomi
  2. Beneficience
  3. Veracity
  4. Fidelity
  5. Justice

 

Seorang laki-laki berusia 58 tahun dirawat di intensive care unit. Hasil pemeriksaan ditemukan data Nadi 109 x/menit, RR 28 x/menit, suhu 38,6 C, dan batuk produktif dengan sputum kuning-hijau, ronki dan wheezing dapat didengar di lobus bawah.. Pengukuran gas darah arteri menunjukkan pH 7,3, PaCO2 68 mmHg, HCO3-28 mmol/L, dan PaO2 60 mm Hg. Kesan interpretasi analisa gas darah pasien tersebut adalah?

A. Alkalosis metabolic

B. Asidosis respiratorik

C. Alkalosis respiratorik

D. Asidosis metabolic terkompensasi sebagian

E. Asidosis respiratorik terkompensasi sebagian

 

Seorang perempuan datang ke poli kandungan untuk pemeriksaan Antenatal pertama. Klien melaporkan menstruasi terakhir dimulai tanggal 6 Februari 2015 dan berakhir tanggal 12 Februari 2015. Kapankah hari perkiraan kelahiran bayi tersebut?

A. 5 November 2015

B. 9 November 2015

C. 13 November 2015

D. 12 November 2015

E. 19 November 2015 

 

Seorang perempuan berusia 27 tahun datang ke klinik tanggal 15 Maret 2016 untuk memeriksakan kehamilannya yang pertama, belum pernah keguguran. HPHT 21 November 2015. Hasil pemeriksaan tekanan darah 100/70 mmHg, Nadi 82 x / menit, suhu tubuh 37 C, pernapasan 22 x/menit. Hasil palpasi TFU 3 jari dibawah pusat (21 cm).   Berapakah usia kehamilan pasien tersebut?

A. 18 minggu

B. 20 minggu

C. 24 minggu

D. 30 minggu

E. 36 minggu

 

Seorang perempuan hamil berusia 40 tahun. Anak pertama ibu berusia 7 tahun, anak kedua ibu keguguran saat usia kehamilan 4 bulan,  anak ketiga berusia 3 tahun, dan  kehamilan saat ini berusia 36 minggu. Bagaimanakah status obstetrik pada kasus di atas?

A. G4P3A0

B. G4P2A1

C. G4P3A1

D. G4P2A2

E. G4P2A0

 

 

 

 

Ada pasien yang disuntik terus kaget sehingga menendang perawat. Perawat tidak bilang tentang tindakan tersebut. Jenis etik yang dilanggar perawat?

  1. Autonomi
  2. Beneficience
  3. Veracity
  4. Fidelity
  5. Justice

 

Pasien DM, usia 50 tahun, mengalami laper terus menerus, gula darah tinggi, banyak kencing? Diagnosa keperawatan apakah yang muncul pada pasien?

  1. Ketidakstabilan glukosa darah
  2. Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh
  3. Kekurangan volume cairan
  4. Perfusi jaringan perifer tidak efektif
  5. Intoleransi aktivitas

 

Pasien usia 50 tahun, mengeluh sesak napas. Sesak napas bertambah ketika beraktivitas. Hasil analisa gas darah pasien ph 7,30 pCO2 50 HCO3 28, TTV 140/90 mmHg, N 90 x/mnt, RR 28 x/mnt. Diagnose keperawatan apakah yang muncul pada pasien?

  1. Pola napas tidak efektif
  2. Bersihan jalan napas tidak efektif
  3. Gangguan pertukaran gas
  4. Intoleransi aktivitas
  5. Penurunan curah jantung

 

Laki-laki  usia 50 tahun, dirawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan badan lemas. terlihat pucat, sianosis, kulit teraba dingin, capillary refill lebih dari3 detik. Terdapat edema di ekstremitas bawah. Pasien terlihat gelisah dan kurang kooperatif. Apakah masalah keperawatan yang dapat pada pasien tersebut?

A. Perubahan perfusi jaringan perifer

B. Resiko kelebihan volume cairan

C. Penurunan curah jantung

D. Intoleransi aktivitas

E. Cemas 

 

Seorang laki-laki usia 45 tahun saat ini sedang dirawat ruang penyakit dalam. Keluhan saat ini ekstremitas atas sebelah kanan susah untuk digerakkan. Hasil pemeriksaan menunjukkan  pasien dapat menggerakan sendi, tetapi otot bisa melawan gravitasi dan tidak kuat terhadap tahanan yang diberikan oleh pemeriksa. Berapakah derajat kekuatan otot pada pasien di atas?

A. Derajat 0

B. Derajat 1

C. Derajat 2

D. Derajat 3

E. Derajat 4

Seorang laki-laki 45 tahun dirawat dengan bronkopneumoniA. Pasien mengeluh  banyak mengeluarkan dahak, auskultasi kedua paru terdengar ronchi pada lobus basal posterior. Anda akan melakukan postural drainage pada pasien. Apakah posisi yang tepat untuk meningkatkan pengeluaran dahak pasien tersebut?

A. Terlentang dalam posisi trendelenburg

B. Telungkup dalam posisi trendelenburg

C. Telungkup dengan posisi miring

D. Telungkup dengan dada dan perut ditinggikan

E. Telungkup dengan posisi tubuh mendatar

 

Seorang laki-laki 63 tahun yang menderita penyakit Chronic Kidney Disease (CKD) datang ke poliklinik untuk kontrol. Hasil pemeriksan laboratorium ureum 100 mg%, Creatinin darah 10 mg%, Clearence Creatinine Test (CCT) 12 ml/menit, kalium 6 mmol/L, gula darah sewaktu 110 g/dl. Apakah diit yang  perlu disarankan pada pasien?

A. Tinggi kalori, rendah protein

B. Rendah kalori rendah protein

C. Rendah kalori tinggi protein

D. Rendah protein, tinggi kalori dan tinggi natrium

E. Rendah protein, tinggi kalori dan rendah kalium

 

Seorang perempuan umur 58 tahun dirawat di intensive care unit. Hasil pengkajian ditemukan napas pasien bau keton, GDS 468 mg/dL, terdapat benda keton. Dokter mengorderkan pemeriksaan gas darah, dan ditemukan hasil sebagai berikut: pH; 7,5; PaO2 85 mmHg, PaCO2 40 mmHg, dan HCO3 34 mmol/L. Kesan interpretasi analisa gas darah pasien tersebut adalah?

A.  Alkalosis metabolik terkompensasi sebagian

B. Asidosis respiratorik terkompensasi sebagian

C. Alkalosis metabolik

D. Alkalosis respiratorik

E. Asidosis metabolik

 

Seorang perempuan berusia 30 tahun datang ke poliklinik kandungan untuk periksa kehamilan secara berkala dengan riwayat gestasi G1P0A0 dengan usia kehamilan saat ini 24 minggu, diketahui HPHT pada tanggal 16 Agustus 2012. Tanggal berapakah taksiran partus pada klien tersebut?

A. 23 Mei 2013

B. 19 Mei 2013

C. 9 Mei 2013

D. 13 Mei 2013

E. 8 Mei 2013

 

Seorang laki-laki usia 37 tahun masuk UGD dengan keluhan luka bakar pada dada, dan abdomen bagian depan serta seluruh tangan kanan dan bagian genetalia. Berapakah persentase luka bakar yang dialami pasien tersebut berdasarkan “rule of nine”?

A. 9 %

B. 18 %

C. 21 %

D. 28 %

E. 36 %

 

Seorang perempuan usia 23 tahun mengalami kecelakaan lalu lintas. Hasil pengkajian didapatkan  pasien membuka mata ketika diberi rangsang nyeri, pasien terus berkata kacau tidak dimengerti, dan ekstremitas cenderung fleksi abnormal. Berapakah nilai GCS pada pasien di atas?

A. 5

B. 6

C. 7

D. 8

E. 9

 

Seorang laki-laki usia 17 tahun diantar ke UGD dalam kondisi penurunan kesadaran akibat mengalami kecelakaan lalu lintas, setelah dilakukan pengkajian didapatkan respon mata tidak ada, suara hanya mengerang dan lengan fleksi. Pernafasan ngorok, TD 80/50 mmHg, frekuensi nadi 70 x/menit. Berapakah nilai GCS dari pasien tersebut?

A. 9

B. 8

C. 7

D. 6

E. 5

 

Tahap komunikasi terapeutik

Menghitung HPL dari TFU

Status kehamila: GPA

Luas luka bakar

Diet tipoid

WSD tergelincir

Gambaran EKG ventrikel takikardi

Pasien DM, riwayat DM 5 tahun, pingsan karena habis suntik insulin tidak makan karena terlalu sibuk. Discahrge planning yang tepat? Diet, tempat lokasi injeksi, jadwal makan?

Pasien post KLL, fraktur tibia dekstra, kekuatan otot 2, yang dilakukan perawat? Penuhi ADL

Pasang NGT, sudah mengoleskan jeli dan menyuruh pasien menelan. Tindakan selanjutnya?

Perawatan WSD, sudah memakan APD, langkah selanjutnya?

Pasien sesak napas, AGD bermasalah, dx kep apa?

Pasien PPOK kurus, makan mual, diet nya?

Perawat akan pasang NGT, pasien muntah. Tindakan perawat?

Pemeriksaan ibu hamil

Diagnosa kep ibu hamil, lemes, mual muntah, mata cekung: defisit cairan

 

Merawat pasien parkinson di panti, di panti ada pasien yg lain, yg mandiri, dia terlihat lebih memperhatikan pasien parkinson. Dia melakukan prinsip apa?

Pasien anak, MTBS, demam 38, ada kemerahan di kulit. Apa yang selanjutnya dilakukan?

Perawat mempromosikan produk suplemendan terbukti manjur pada pasien lain yg sebelumnya sudah beli. Apa tindakan karu thd perawat tersebut?

Perawat akan dipindahkan ke ICU, perawat menolak karena tdk menguasai tindakan ysb. Karu mengajar dan membimbing. Strategi apa yang dilakukan karu?

 

 

 

UKNI OKTO 2019

 

Kebutuhan cairan

Luas luka bakar

Proses evaluasi tindakan jiwa

Kekuatan otot

Tindakan resusitasi jantung

Indikasi penggunaan KB

Penghitungan umur atau HPL

Peran perawat

 

Pasien 45 tahun dengan luka bakar, luka bakar ada di bagian dada. Berapakah luas luka bakar pada pasien tersebut?

 

Perawat baru bekerja 1 bulan, akan melakukan discharge planing tetapi blm bisa secara mandiri.  Apa yang seharusnya dilakukan perawat?

A.     Minta arahan kepada karu

B.      Meminta bantuan perawat senior

C.      Membaca SOP mandiri

D.     Mengikuti pelatihan discharge planning

 

Pasien mendapatkan cairan 2000 cc dalam waktu 24 jam, jika faktor tetesan 1 CC = 20 tetes. Hitung kecepatan tetesan infus?

A.     28 tts/mnt

B.      20 tts/ mnt

C.      38 tts /mnt

D.     24 tts/mnt

E.      18 tts/mnt

 

Perempuan  dibawa ke UGD dengan kondisi penurunan kesadaran akibat kecelakaan lalu lintas sejak 1 jam yang lalu. Hasil pengkajian GCS 8, sulit bernapas, luka pada leher dan racoon eyes. TD 100/   frekuensi nadi 125 x/mnt, frekuensi napas 34 x/mnt.  Apakah teknik membuka jalan napas yang tepat pada kasus

A.     Melakukan head tilt dan chin lift

B.      Memasang endotracheal tube

C.      Melakukan jaw trust

D.     Melakukan head tilt

E.      Melakukan chin lift

 

Luka bakar dibagian muka dan kepala, luka bakar ada di bagian dada, luka bakar tangan kanan dan kiri. Luka bakar dikaki kiri sampai genetalia. Berapakah luas luka bakar pada pasien tersebut?

 

Pasien 28 th dengan G1P0A0 memeriksakan ke RB, ibu mengatakan lupa kapan HPHT nya, tinggi TFU 21 cm. Pertanyaan: berapa usia kehamilan ibu?

 

Pasien laki-laki 35 tahun di diagnosa menderita penyakit HIV. Pasien mengatakan pada perawat untuk tidak mengatakan pada keluarganya tentang penyakitnya. Ibu pasien bertanya pada perawat bagaimana keadaan anak nya, perawat mengatakan belum mendapat informasi lengkap dari dokter. Kode etik apa yang dilakukan perawat?

A. Confendiality

B. Autonomy

C. Fidelity

D. Veracity

E. Beneficience

 

Pasien usia 56 tahun dengan luka bakar derajat IIB. Hasil pengkajian: luka bakar pada daerah dada dan abdomen serta kaki sebelah kanan dengan BB 80 kg. Berapakah kebutuhan cairan pada 8 jam pertama?

 

Pasien usia 50 th dengan CHF. Setelah diberikan terapi digitalis, terdapat perubahan pada gambaran EKG yaitu gel P normal mendahului QRS kompleks normal, gel T normal. Nadi 50 x/menit dan irama irreguler. Apa interpretasi gambaran EKG pasien tsb?

Seorang bayi umur 7 bulan dengan keluhan batuk berdahak akan dilakukan fisioterapi dada dan telah dilakukan auskultasi, selanjutnya tindakan apa yang akan anda lakukan sebagai seorang perawat?

Pasien 58 tahun di rawat di bangsal  bedah keluhan sesak nafas,  sulit mengeluarkan dahak, suhu 37.8 . Td 140/80, Apakah masalah keperawatan utama pasien tersebut?

 

Berapa APGAR score menangis keras, nadi 104 x/menit, kemerahan, tonus, reflek kuat?

 

HPHT 20-4-2019 HPL nya kapan?

 

Saat perawat melakukan kunjungan rumah, terdapat klien perempuan yang memiliki bayi berumur 3 bulan, klien mengatakan "semenjak memiliki anak ia sering berbeda pendapat dengan suami dan keluarga besarnya tentang cara merawat bayi, sehingga sering merasa tertekan". Bagaimana intervensi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut?

 

Pasien dengan stroke, kelemahan pada tubuh sebelah kiri. Tangan hanya dapat menggeser. Berapa kekuatan otot pasien?

 

Seorang ibu usia 29 tahun datang ke poli klinik KIA menanyakan apakah alat kontrasepsi yang tepat untuk se usia ibu tersebut. Mengingat jarak antara anak pertama dan kedua hanya 1 tahun.

 

Pasien datang dengan pneumothoraks hasil auskultasi meredup pada dada sebelah kanan apa hasil perkusi dada sebelah kanan

A. Sonor

B. Redup

C. Timpani

D. Hipersonor

E. Pekak

 

Seorang anak umur 14 bulan, mengalami diare 6x, muntah 2x. Jika berat badan anak tersebut 7 kg. Berapa kebutuhan cairan anak dalam 24 jam?

A.     700 cc

B.      600 cc

C.      900 cc

D.     800 cc

E.      780 cc

 

Seorang perempuan 35 tahun  di rawat di ruang bedah saraf, hasil pengkajian pasien tampak hemiprese dextra,  pasien tidak mampu mengangkat lengan dan kaki namun masih bisa menggerakkannya.  Berapakah nilai kekuatan otot pada pasien?

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 5

 

Seorang laki-laki usia 50 tahun dirawat di ruang penyakit dalam sejak 3 hari yang lalu  dengan keluhan sesak napas, banyak dahak dan tidak bisa dikeluarkan. Klien akan dilakukan tindakan inhalasi dengan nebulizer. Obat sudah dimasukkan ke dalam tempat obat. Mesin nebulizer sudah dihidupkan. Apakah tindakan selanjutnya yang harus dilakukan perawat?

 

Bayi perempuan usia 3 bulan di bawa ibunya ke posyandu untuk imunisasi. Hasil pengkajian: sudah mendapatkan HB dan poli 2. Apakah imunisasi yang harus diberika pada bayi tersebut?

 

Seorang laki-laki berusia 60 tahun datang ke poli bedah dengan keluhan nyeri dan kaku pada persendian kaki. hasil pengkajian skala nyeri 3 bertambah saat pagi, lemas, kesulitan saat bergerak dan rentang gerak menurun, pasien juga mengeluh penyakitnya tidak sembuh-sembuh. apakah masalah utama pada kasus tsb?

A.     Kerusakan mobilitas fisik

B.      Resiko cidera

C.      Kelemahan

D.     Nyeri akut

E.      Ansietas

 

Seorang perempuan berusia 30 tahun hamil 28 minggu datang ke poliklinik KIA untuk pemeriksaan kehamilan.  Hasil pengkajian pasien  mengalami keguguran anak kedua setelah mempunyai anak pertamanya laki laki. Bagaimana penulisan status obstetrik pada kasus tersebut?

 

Seorang lansia diperiksa di puskesmas dengan riwayat hipertensi. Saat perawat melakukan tekanan darah, di dapatkan sistol 30 mmHg. Tindakan apa yang anda lakukan?

A. Meninggikan lengan pasien

B. Memindahkan letak stetoskop

C. Memindahkan menset

D. Mengempeskan manset

E. Mengempeskan manset dan memompa kembali

 

Seorang laki laki berusia 48 tahun datang ke poliklinik paru,  saat ini sedang menjalani program pengobatan TB pasien memiliki riwayat batuk perokok aktif dan suka meludah sembarangan.  Sebagai upaya preventif,  perawat memotivasi pasien untuk berhenti merokok dan membuang ludah pada tempat yang sudah disediakan di rumah mengingat pasien saat ini tinggal bersama dengan anak perempuannya yang sedang hamil dan memiliki anak balita. Apakah prinsip etik yang diterapkan oleh perawat tersebut? 

A.  Non maleficence

B.  Confidentiality

C.  Beneficence

D.  Autonomy

E.  Fidelity

 

Seorang laki-laki berusia 17 tahun, dibawa ke UGD RSJ  karena mengamuk di rumah hasil pengkajian tatapan mata pasien tajam, tangan mengepal sambil memukul mukul tempat tidur. Perawat akan melakukan pengikatan pada pasien. Apakah prinsip etik yang dilakukan pada kasus tersebut?

A. Non maleficience

B. Beneficience

C. Autonomy

D. Veracity

E. Justice

ANSWER:

 

Seorang ibu Ny N umur 34 tahun KLL di bawa ke RS, hasil dokter melakukan tindakan amputasi pada kakinya, setelah sadarkan diri ibu tersebut tidak percaya bahwa kaki nya di amputasi dan atas tindakan tersebut ibu menolak peristiwa tersebut, tidak menerima kenyataan tersebut, termasuk apakah tindakan proses berduka menurut tahapan Kubler-Ross?

A. Denial

B. Anger

C. Bargaining

D. Depresi

E. Acceptance

ANSWER:

 

Seorang laki laki berudia 34 tahun, dirawat di RSJ karena mengurung diri dikamar sejak 1 bulan lalu dan kadang marah tanpa sebab. Hasil pengkajian: pasien sering menyendiri, tertawa dan bicara sendiri, afek labil, dan penampilan tidak rapi. Keluarga mengatakan pasien di PHK 1 tahun yg lalu. Apakah tujuan tindakan keperawatan pada kasus tersebut?

A. Pasien mampu melakukan interaksi pada lingkungannya

B. Pasien menunjukan perilaku meningkatnya harga diri

C. Pasien mampu mengontrol perilaku marahnya

D. Pasien mampu mengontrol halusinasinya

E. Pasien mampu melakukan kebersihan diri

ANSWER:

 

Seorang laki-laki petugas ambulance menemukan pasien dengan luka tusuk dibagian perut.

Apa tindakan yang tepat dilakukan pada kasus di atas?

A.     Menfiksasi daerah luka tusuk

B.      Mencabut tusukan dari tubuh

C.      Membawa segera ke IGD dengan ambulance

D.     Melakukan balut tekan.

 

Pasien Ny.S 27 thn dirawat di RS, dapat diagnosa di tulis di papan "B20" . Lalu pasien bertanya pada perawat, saya sakit apa, perawat menjelasnya. Apa etik keperawatan?

Seorang pasien dirawat di ruang penyakit dalam, hasil pengkajian sesak nafas, tampak ada retraksi dada. Hasil pemeriksaan AGD pH 7,15, PaCO2 50, HCO3 24. Apakah interpretasi hasil AGD pada pasien tersebut?

 

Seorang laki laki dewasa usia 35 th,  tertusuk benda tajam didada sehingga menyebabkan luka terbuka sehingga udara keluar,  kondisi pasien lemas. Apa tindakan yang tepat pada kasus diatas?

A. Heacting

B. Tutup dengan kasa 3 sisi

C. Tutup luka dengan kasa lembab yang diberi nacl

D. Luka dibiarkan tetap terbuka

E. Berikan oksigen

 

Seorang perempuan berusia 35 tahun G1P0A0 hamil 32 minggu datang ke IGD dengan keluhan keluar darah dari kemaluan. Hasil pengkajian perdarahan tanpa rasa nyeri dan berwarna merah terang. Apakah tindakan keperawatan utama pada kasus diatas?

Di RSJ seorang pasien menyendiri dan terlihat komat kamit. Apakah diagnosa keperawatan pasien tersebut?

 

Bayi baru dilahirkan warna kulit: kemerahan, pulse/denyut jantung: 104 x/mnt, Respon Reflek: gerakan kuat, aktivitas dan tonus otot: gerakan aktif, berapa nilai APGAR score bayi tersebut

A.     2

B.      4

C.      6

D.     8

E.      10

 

Bayi 4 bulan datang ke UGD dengan keluhan ibu BAB 9x dalam sehari. Hasil pengkajian: tampak lemah,  pucat,  mukosa bibir kering,  turgor kulit kembali sangat lambat,  masalah keperawatan apa yang muncul pada kasus di atas?

 

Seorang laki-laki dengan umur 47 tahun dirawat dengan penurunan kesadaran. Hasil pengkajian: kesadaran delirium, pasien gelisah, aktivitas sehari-hari dibantu, terdapat luka pada telapak kaki kanan. Hasil Lab: menunjukkan gula darah 450 mg/dl. Apa tingkat ketergantungan pasien tersebut?

A.     Total

B.      Minimal

C.      Partial

D.     Intensive

E.      Intermediate

 

Seorang pasien umur 24 tahun dibawa ke IGD dengan luka bakar di daerah abdomen dan kelamin. Berapakah derajat luas luka bakar pasien tersebut?

Pasien laki-laki berumur 19 thn dirawat di RS dgn keluhan badan lemas, BAB cair selama 10 hari. Berat badan turun 3 kg dalam waktu 1 bulan. Dari hasil cek laborat pasien divonis HIV oleh dokter. Ibu pasien meminta perawat untuk tidak memberitahu penyakit pasien ke semua pengunjung. Apakah masalah etik yg dihadapi perawat?

A.     Veracity

B.      Autonomi

C.      Confidenity

D.     Non Maleifisiensi

E.      Justice

 

Seorang perawat telah bekerja di unit hemodialisa selama 3 tahun. Perawat tersebut memiliki pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang bermanfaat dalam mencapai tujuan unit hemodialisa. Saat ini ditunjuk oleh organisasi RS untuk memimpin, mengatur, mengelola, mengembangkan kegiatan dan mengelola unit hemodialisa. Apakah peran yang dilakukan perawat tersebut?

A.     Supervisor

B.      Follower

C.      Manajer

D.     Leader

E.      Owner

 

Seorang ibu berusia 30 datang ke poli KB didampingi oleh suaminya. Hasil pengkajian baru memiliki 1 anak dengan usia 7 bulan, TTV: TD 120/90 N: 94, ibu bertanya kepada perawat apakah alat kontrasepsi yang cocok untuk mengatur jarak kelahiran. Apakah kontrasepsi yang tepat untuk pasien tersebut?

A.     Implant

B.      Pil

C.      AKDR/IUD

D.     Suntik

E.      Kontrasepsi mantap

 

Seorang anak berusia 10 bulan dibawa oleh ibunya ke posyandu dengan keluhan mual muntah dan demam. Hasil pengkajian BB anak 7 Kg, Suhu 38° Nadi 110 x/menit. Berapakah kebutuhan cairan anak tersebut?

a. 770 cc/hari

b. 1700 cc/hari

c. 1770 cc/hari

d. 700 cc/hari

e. 1500 cc/hari

 

Seorang laki-laki usia 40 tahun dirawat di ruang ICU mengalami gagal nafas. Hasil pemeriksaan analisa gas darah menujukkan pH: 7,10 pCO2: 60, HCO3: 24 dan pO2: 70. BE: -2. Apakah kondisi yang terjadi pada pasien tersebut?

A. Alkalosis metabolic

B. Asidosis metabolic

C. Alkalosis repiratorik

D. Asidosis respiratorik

E. Asidosis respiratorik terkompensasi sebagian

 

Dalam pemeriksaan visus pasien sudah di atur jaraknya 6 meter dari snellen card, apa langkah selanjutnya                         

A.     Membaca huruf terkecil.  

B.      Anjurkan  menutup salah satu mata dengan tangan  sewaktu membaca huruf,

C.      Menutup dg kain hitam pada salah satu mata

D.     Membaca huruf terbesar

 

Saat kunjungan keluarga, perawat mendapati anak usia 18 tahun telah ketergantungan obat NAPZA, keluarga merahasiakan tentang keadaan anaknya dan berjanji akan membawa ke rehabilitasi penyalahgunaan obat, keluarga meminta perawat untuk tidak memberitahu ke warga ataupun ke rekan sejawat. Apakah prinsip etik yang perawat terapkan?

A. Confidelity

B. Autonomi

C. Fidelity

D. Veracity

E. Acuntability

 

Keluarga pasien mau menanyakan tentang hasil rontgen. Lalu perawat menjelaskan hasil rontgen sesuai dengan hasil tersebut. Apa prinsip etik yang dilakukan perawat tersebut

A. Veracity

B. Autonomy

C. Justice

D. Confidelity

E. Fidelity

 

Pasien kecelakaan, keadaan membuka mata dengan rangsang nyeri, bicara kacau, dan menghindari nnyeri. Berapa nilai GCS pada kasus di atas?

Pasien mengalami stroke keadaan saat ini, hemiparase sinistra, ekstremitas atas dextra hanya bisa digerakkan. Berapa nilai tonus otot?

 

Seorang perempuan berusia 68 tahun dirawat diruang geriatri setelah mengalami serangan jantung keduanya dalam 1 bulan terakhir. Saat ini pasien diberikan terapi antipembekuan darah. TD 150/80 mmHg RR: 28x/mnt, Nadi : 88 x/mnt. Pasien memiliki riwayat HT selama 5 thn.. Apakah tanda yang harus dimonitor pada kasus tersebut?

A. Aktivitas

B. Perdarahan

C. Frekuensi nadi

D. Frekuensi nafas

E. Tingkat kesadaran.

 

Seorang anak usia 6 tahun di rawat dengan diagnosa HIV, anaknya menanyakan sakitnya kepada perawat, tetapi ibunya menyuruh perawat untuk tidak mengatakan sakitnya. Apakah prinsip etik yang dilakukan?

A. Beneficience

B. Autonomy

C. Fidelity

D. Justice

E. Confidetiality

 

 

UKNI JULI 2020

KMB

Seorang perempuan usia 34 tahun datang ke poliklinik dengan suspect hipertiroid, pasien mengeluh mudah lelah. Hasil pengkajian: teraba struma, exoptalmus, tonus otot meningkat, tremor. Pemeriksaan penunjang yang tepat untuk kasus di atas adalah

A. T3 dan T4

B. Hemoglobin

C. Elektrolit

D. Gula darah

E. SGOT dan SGPT

 

Seorang pasien dirawat di rawat di bangsal penyakit dalam, keluhan saat ini kedua kaki bengkak,  produksi urine 300 cc / 24 jam, wajah sembab, pasien memiliki riwayat DM sejak 5 tahun terakhir,  hasil pengkajian: TD 160/100 N 82 S 37,2 GDS 200, pasien juga mengeluh sesak nafas,  X Ray thorax tampak gambaran oedema pulmo,  pemeriksaan laborat apakah yang paling tepat pada kasus di atas?

A. Gula Darah

B. HBA1C

C. Ureum Creat

D. SGOT SGPT

E. Darah lengkap

 

Pasien PPOK dirawat di ruang interna, dilakukan pemeriksaan AGD, didapatkan hasil pH 7,25 PCO2 46 HCO3 24, apakah hasil intepretasi hasil AGD pasien?

  1. Asidosis metabolik terkompensasi
  2. Alkalosis respiratorik
  3. Asidosis respiratorik
  4. Alkalosis metabolik terkompensasi
  5. Asidosis metabolik

 

Pasien akan di lakukan pemeriksaan EKG, pasien telah di pasang elektroda di area precordial, di midclavicula ICS 5, lead ini menunjukkan?

  1. V1
  2. V2
  3. V3
  4. V4
  5. V5

 

Seorang pasien datang ke IGD dengan keluhan sesak nafas. Setelah dilakukan pemeriksaan rongent didapati hasil efusi pleura. Pasien dilakukan tindakan WSD sederhana. Apa pesan perawat yang disampaikan bila pasien akan jalan-jalan?

A. Klem selang WSD

B. Slang WSD dibiarkan saja terbuka.

C. Tekuk selang WSD.

D. Posisikan botol WSD lebih tinggi dari dada.

E. Posisikan botol WSD lebih rendah dari dada.

 

Tn. A sedang di rawat di ruang bedah dan akan menjalani operasi Appendiktomi. Perawat sedang memasang kateter pd Tn. A. Selang kateter sudah di masukan ke uretra dan keluar air kencing. Tindakan selanjutnya yang dilakukan perawat adalah :

A. Fiksasi kateter

B. Mengisi cairan Na 0,9% 20-30cc

C. Menyambungkan selang dengan urin bag

D. Memasukkan kateter 20-30cm

E. Klem selang kateter

 

Seorang pasien dirawat dirawat di bangsal penyakit dalam, keluhan saat ini kedua kaki bengkak,  produksi urine 300 cc / 24 jam, wajah sembab, pasien memiliki riwayat DM sejak 5 tahun terakhir,  hasil pengkajian: TD 160/100 N 82 S 37,2 GDS 200, pasien juga mengeluh sesak nafas,  X Ray thorax tampak gambaran oedema pulmo,  pemeriksaan laborat apakah yang paling tepat pada kasus di atas?

A. Gula Darah

B. HBA1C

C. Ureum Creat

D. SGOT SGPT

E. Darah lengkap

 

Pasien diare dengan syok hipovolemik, sudah di lakukan rehidrasi cairan, BB 60 kg, lemas, apakah evaluasi yang dilakukan :

A.     Urine 30-60 cc/ jam

B.      diare berkurang

C.      Toleransi aktivitas meningkat

D.     TTV dalam batas normal

 

MANKEP

Kepala  ruang meminta ketua tim untuk memimpin rapat ruangan. Kepala ruang sedang fokus terhadap beberapa pasien dengan perawatan total. Proses apakah yang dilakukan kepala ruang?

A. Ronde Keperawatan

B.Evaluasi

C.Supervisi

D.Pengarahan

E.Pendelegasian

 

KEP MATER

Seorang wanita harus dilakukan tindakan kuretage, dan pasien meminta kepada perawat untuk tidak memberitahukan kepada suaminya. Dilema etik apakah yang dialami oleh perawat dalam kasus tersebut?

A. Veracity

B. Beneficience

C. Non Maleficience

D. Confidentiality

E. Justice

 

Seorang prempuan berada di ruang bersalin memasuki kala III, hasil pengkajian pasien sudah di suntik oksitosin, plasenta belum lepas, kontraksi uterus kuat dan bayi masih dilakukan IMD, Observasi tanda vital T 90/70 mmg frek nadi 88x/mnt, frek nafas 24x/mnt dan suhu 37 C. Apakah intervensi kep yg tepat pd kasus tsb?

  1. Lanjut IMD
  2. Monitoring perdarahan
  3. Lakukan masase uterus
  4. Kolaborasi pemberian cairan infus
  5. Lakukan peregangan tali pusat terkendali

 

KEP GADAR

Seorang pasien masuk ke IGD dengan luka bakar,   klien mengeluh nyeri pada daerah tangan kanan. Luas luka bakar 25%, TD 125/86, N 86, S 38, BB 54 kg. Berapakah resusitasi cairan pada 8 jam pertama?

A. 5400

B. 4500

C. 4200

D. 2700

E. 2500

 

Seorang pasien umur 20 tahun datang ke IGD dengan luka bakar di seluruh dada dan perut serta lengan sebelah kiri, berapa luas luka bakar yang dialami?

  1. 30%
  2. 27%
  3. 18%
  4. 23%
  5. 60%

 

Seorang ibu datang ke IGD dengan anaknya, setelah bermain anak mengeluh sesak nafas, pucat, keluar keringat dingin dan bibir  kebiruan riwayat anak terdeteksi penyakit jantung bawaan, setelah dilakukan perawatan anak sudah kembali normal, ibu menanyakan utk mengatasi apabila terjadi hal serupa apa yang harus dilakukan

A. Tidur terlentang

B. Jongkok

C. Setengah duduk

D. Ditidurkan miring

E. Dikasih minum hangat

 

Seorang perawat sedang merawat pasien tidak sadar, setelah diperiksa tidak ada nadi, henti nafas, setelah dilakukan tindakan resusitasi jantung paru, nadi +, nafas -, apa yang seharus nya dilakukan

A. Resusitasi jantung paru

B. Pemberian cairan Intra Vena

C. Lanjutkan Nafas buatan

D.

E.

 

 

KEP KOMUNITAS

Pengakajian pada lansia disebuah desa menunjukkan sebanyak 90% lansia memiliki tekanan darah normal setelah dilakukan pengkajian terkait pola makan data menunjukkan bahwa makanan lansia sudah memenuhi standar untuk penderita hipertensi, kader mengatakan 80% lansia tersebut rutin mengontrol tekanan darahnya di puskesmas atau posyandu lansia. Apakah diagnosis keperawatan pada kasus di atas?

A. Perilaku kesehatan cenderung berisiko

B. Ketidakefektifan pemeliharaan kesehatan

C. Kesiapan meningkatkan manajemen kesehatan

D. Ketidakefektifan manajemen kesehatan

E. Defisiensi kesehatan komunitas

 

KEP ANAK

Seorang anak umur 1 th dengan BB 8 kg mengalami diare dibawa ke RS. Hitung kebutuhan cairan pasien dalam 24 jam

  1. 1000ml
  2. 1200ml
  3. 800 ml
  4. 1400 ml

 

UKNI OKTOBER 2020

 

KMB

Langkah-langkah pemasangan kateter, pemasangan NGT, pemberian makan melalui NGT

Derajat dekubitus

Proses penyembuhan luka

Luas luka bakar pada dada dan perut, kedua paha kanan kiri...dan lengan kiri ...?

Pemasangan NGT (selang sudah masuk tindakan apa selanjutnya?)

Pemasangan kateter (selang kateter sudah masuk tindakan apa selanjutnya?)

 

Perawat akan melakukan pemasangan NGT, saat ini perawat sedang memasukan selang. Apakah tindakan selanjutnya?

A. Lanjutkan memasukan selang sampai batas pengukuran

B. Memfiksasi

C. Mengecek ..

D.

E.

 

Pasien dengan diagnosa medis gagal ginjal kronis, disarankan untuk dilakukan hemodialisa. Apakah diit yg disarankan untuk pasien hemodialisa?

A. TKTP

B. Tinggi kalori rendah protein

C. Rendah kalori tinggi protein

D. Rendah protein rendah natrium

E. Rendah protein rendah kalium

RP RG RK

 

 

Pasien akan dilakukan hemodialisa, perawat meminta keluarga mendampingi pasien. Apakah tindakan yang dilakukan perawat sebelum melakukan HD?

A. Cek identitas pasien pada keluarga

B. Cek dokumentasi kep.

C.

D.

E.

 

Pasien dengan anemia, apa penyebab Hb turun?

A.  Nutrisi

B.   

C.   

D.  Kurangnya konsentrasi oksigen dalam darah

E.  Kurangnya pengikatan oksigen dalam darah

 

Pasien mendapat therapy injeksi 0,2 mg 2 kali perhari, sediaan obat  1 ml, mengandung 100 mcg. Berapa dosis yg diambil...

A.     0,5 ml

B.       

C.      2,0 ml

D.      

 

Pasien dengan mual, distensi, teraba keras, hasil USG masa di kolon, peristaltik usus 6x/mnt, penyebab menurunnya peristaltik usus adalah

A.     Motilitas usus

B.       

C.       

D.     Masa di usus halus

E.       

 

Saat akan melakukan pengambilan darah arteri dan  dilakukan allen test didapatan hasil CRT > 5 detik apa yang anda lakukan

A.     Melanjutkan pengambilan darah arteri

B.      Menghentikan pengambilan darah arteri

C.      Menunda pengambilan  darah arteri.

D.      

E.       

 

Pasien anemia, akan dilakukan transfusi darah, pasien menolak, tindakan yg tepat adalah:

A.         Mendiskusikan dg dokter untuk alternatif tindakan lain

B.         Menandatangani penolakan

C.         Tetap ditransfusi

D.

E.

 

Seorang wanita yang berusia 74 tahun masuk dengan keluhan sesak, saat ini perawatan hari ke 3. Hasil pengkajian didapatkan pasien batuk di sertai lendir, ronchi pada semua lapang paru. TTV: TD = 120/80 mmHg, N =56 x/mnt P =26 x/mnt dan S =36 °C. Hasil EKG: bradikardia, Q patologis II,III,AVF,V5-V6. Hasil Thoraks: efusi pleura kanan dan LVH. Apakah diagnosa keperawatan pada kasus di atas?

A.     Penurunan curah jantung

B.      Intoleransi aktivitas

C.      Kerusakan pertukaran gas

D.     Bersihan jalan nafas tidak efektif

E.      Kelelahan

 

Seorang perawat akan memasang kateter pada pasien laki-laki. Perawat sudah memasukkan kateter dan urine sudah keluar, lalu perawat memasukkan kateter sampai percabangan. Tindakan yang dilakukan perawat selanjutnya adalah..

A. Menyambungkan kateter dengan  kantong urin

B. Memfiksasi kateter

C. Menarik kateter sampai ada tahanan

D. Mengisi balon untuk mengunci kateter

E.

 

Seorang pasien memiliki riwayat DM tipe 2. Pasien mengatakan kaki bengkak dan susah digerakkan. Hasil pengkajian terdapat luka ulkus di plantar kaki kiri, CRT <2 detik, akral dingin, kemerahan. Apakah data tambahan yang harus dikaji?

A. Sirkulasi

B. Kehangatan

C. Neurosensosi

D. Fungsi fisiologis

 

Seorang pasien datang dengan hipoglikemi. Riwayat DM 3 tahun, terdapat luka di kaki, kemerahan dan ber pus. Pasien sdh pernah dijelaskan tentang diet DM. Saat ini pasien mendapat terapi insulin 3x14 unit. Apakah pendidikan kesehatan yang tepat?

A. Diet DM

B. Perawatan luka

C. Tanda-tanda hipoglikemi dan penanganannya saat dirumah

D. Cara injeksi insulin

 

Seorang pasien terkena GGK, dirawat di rumah sakit dilakukan pemeriksaan AGD mendapatkan hasil PH 7,30 PCO2 30 HCO3 16. Apakah interpretasi hasil AGD tersebut?

A.  Asidosis metabolik terkompensasi sebagian

B.  Alkalosis respiratorik

C.  Asidosis respiratorik

D.  Alkalosis metabolik

E.  Mix Asidosis

 

Seorang petani mengeluh nyeri pinggang. Nyeri bertambah setiap selesai bekerja di sawah, Kegiatan sehari-hari mencangkul di sawah. Tindakan keperawatan apa yang paling tepat dilakukan perawat :

a. Memberikan analgetik

b. Melatih nafas dalam

c. Melatih otot punggung

d. ROM

e. Mengajarkan posisi bekerja yang benar

 

Pada pasien dengan demam, pucat, lemah dan hasil rumple leed +, apakah pemeriksaan laboratorium yg tepat untuk menegakan diagnosa?

A.     HB

B.      Leukosit

C.      Trombosit

D.     Leukosit

E.      Tes widal

 

Seorang laki-laki usia 30 tahun dirawat di ruang bedah setelah menjalani operasi panggul. Saat ini pasien sudah diperbolehkan pulang. Apakah tindakan yang boleh dilakukan ketika pasien di rumah?

A. Berenang

B. Duduk bersilah

C. Latihan jongkok

D. Olahraga lari

E. Aerobik

 

Pasien dengan masalah kesehatan gagal ginjal kronik mengeluhkan mual, muntah, makan hanya 1/2 porsi, perawat menegakan diagnosa keperawatan ketidakseimbangan nutrisi kurang dr kbtuhan tubuh. Apakah pemeriksaan laboratorium yang tepat untuk menegakan diagnosa keperawatan tersebut?

A.     Kalium

B.      Ureum

C.      Natrium

D.     Kreatinin

E.      Albumin

 

Latihan proses pemulihan pada pasien post ORIF.

a. Isotonik

b. Isometrik

c.

d.

e.

 

 

Seorang pasien laki laki usia 35 tahun mengalami CKD. Hasil pemeriksaan gas darah didapatkan hasil: pH 7,25 PCO2 48 HCO3 16 pO2 85. Apakah hasil interpretasi hasil AGD tersebut?

A.     Alkalosis metabolik

B.      Asidosis respiratorik

C.      Alkalosis respiratorik

D.     Asidosia metabolik terkompensasi sebagian

E.      Asidosis mix

 

Seorang lelaki dirawat di ruang penyakit dalam. Pasien tersebut memiliki DM selama 3 tahun dan mendapatkan terapi insulin setiap harinya. Terdapat lipohipertrofi pada daerah tusukan insulin. Apa yang dimaksud dari lipohipertrofi?

A. Menyuntikkan insulin  45°

B. Menyuntikkan insulin di daerah yang sama secara terus menerus

C. Melakukan desinfektan pada daerah tusukan

D. Menekan daerah tusukan setelah injeksi

E. ....

 

Pasien 45 tahun mengalami penurunan pendengaran 1 minggu yang lalu. Dilakukan pemeriksaan dengan rinne dengan garputala diletakkan di sebelah mana

A. Temporalis

B. Ubun ubun

C. Daun telinga

D. Frontalis

E.

Tes swabach

 

Diketahui urin 200, muntah 100 dan IWL 500. Berapakah nilai intake pasien tersebut?

A. 300

B. 200

C. 800

D. 1000

E. 1080

 

Perawat melakukan kunjungan pada klien usia 60/70 th poststroke. Keluarga mengatakan klien sering marah-marah dan tidak mau ditemui orang lain. Aktivitas dibantu karena susah menggerakkan badan, kekuatan otot 2/2. Keluarga mengatakan sulit memahami ucapan klien. Apakah diagnosa keperawatan utama?

A. Gangguan komunikasi verbal

B. Gangguan mobilitas fisik

C. Gangguan citra tubuh

D. HDR situasional

E.

 

Seorang pasien dengan keluahan sering lapar, haus, lemes, GDS 380. Apakah diagnosa keperawatannya?

A.     Intoleransi aktifitas

B.      Defisit nutrisi

C.      Ketidakstabilan gula darah

 

Pasien dengan riwayat DM sejak 5 th lalu, terdapat luka kemerahan di ... luas 2x3x1. Berapa derajat ulkus pasien tersebut

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 5

 

Pasien DM akan dilakukan injeksi insulin 12 ui. akan tetapi saat perawat membuka bagian paha pasien terdapat lipodistropi. Penyebabnya?

A.     Mengaspirasi darah sebelum menyuntikan

B.      Lokasi penyuntikan selalu dilakukan di tempat yg sama

C.      Menyuntikan insulin sampai subcutan

 

Seorang perempuan berusia 56 tahun, dirawat di ruang neurologi dengan keluhan sakit kepala. Hasil pengkajian didapat penglihatan kabur, kelemahan kaki, dan tangan pada sisi kanan serta bicara tidak jelas. Untuk memastikan perawat akan melakukan pengkajian pada nervus kranial XII.  Apakah yang harus diperintahkan dalam pengkajian tersebut?

A. Minta pasien mengucapkan suara "A"

B. Meletakkan garam pada lidah bagian depan

C. Minta pasien menggerakkan lidah kesatu sisi dan kesisi lainnya

D. Meletakkan gula pada lidah bagian belakang

E. Minta pasien untuk memoncongkan mulutnya

 

Seorang laki-laki mengalami kecelakaan dan penurunan kesadaran, pasien membuka mata dengan rangsang nyeri, bicara meracau, dan menghindari nyeri. Berapakah nilai GCS pasien tersebut?

A. 8

B. 9

C. 11

D. 10

E. 7

 

Seorang perempuan mengalami sesak nafas setelah bersih-bersih rumah. Hasil pengkajian terdapat suara wheezing. Respon dari sesak nafas tersebut adalah

A. Terjadinya Bronkospasme

B.

C.

D.

E.

 

Posisi yang tepat untuk pemeriksaan lumbal punksi

A. Dorsal recumben

B. Knee chest

C. Lateral

D. Supinasi

E.

 

Pasien datang ke IGD. Perawat sedang mengkaji GCS pasien, didapatkan hasil pasien membuka mata dg rangsang nyeri, mengerang, fleksi abnormal. Berapakah GCS pasien tersebut?

A. E2 V2 M3

B. E2 V2 M2

C. E3 V2 M2

D.

E.

 

Seorang perempuan usia 33 th mengeluh sesak nafas, riwayat asma sejak kecil dan kambuh setelah membersihkan lemari yang penuh debu. Perawat akan melakukan pengakajian paru-paru. Maka hasil yang akan ditemukan adalah

A. Ronchi

B. Sonor

C. Wheezing

D. Redup

E. Hipersonor

 

Seorang laki-laki 56 tahun di rawat diruang penyakit dalam, pasien mengeluhkan BAK tidak lancar dan sedikit-sedikit kurang lebih 2 bulan, keluarga pasien mengatakan bahwa pasien terjatuh 4 tahun yang lalu dan mengalami gangguan di daerah panggul. Pasien mengatakan nyeri saat BAK, pasien mengatakan tidak bisa mengontrol BAK nya. Apakan tidakan keerawatan yang tepat untuk mengatasi kasus di atas?

A. Teknik relaksasi nafas dalam

B. Pemasangan kateter

C. Latihan otot panggul

D. Berikan analgesik

E. Meletakan pispot didekat pasien

 

Seorang laki-laki berusia 48 tahun dirawat hari ke-3 dengan diagnosis gagal jantung kongestif. Pasien mengeluh sesak bertambah, saat berjalan ke kamar mandi. Hasil pemeriksaan fisik, frekuensi nadi 90 x/mnt, TD 150/90 mmHg, frekuensi napas 28 x/mnt, urine 40 cc/jam, dan hasil EKG Sinus rhythm. Apakah masalah keperawatan utama pada pasien tersebut?

A. Intoleransi aktivitas

B. Pola nafas tidak ekefektif

C. Gangguan eliminasi urin

D. Kelebihan volume cairan

E. Gangguang perfsui jaringan

 

 

KEP GADAR

Seorang laki-laki usia 42 tahun dibawa ke IGD  karena mengalami luka bakar. Luas luka bakar 25%, BB 60. Berapakan urine output minimal dalam 24 jam pasien tersebut?

 

GCS, membuka mata dengan rangsang nyeri, respon fleksi terhadap nyeri, dan suara meracau...Berapa nilai GCS?

 

Di IGD ada pasien tiba-tiba gagal nafas dan harus dilakukan intubasi, tetapi dokter dan tim lainnya sedang melakukan RJP, apa yang akan dilakukan?

A. Tetap bagging

B. Menunggu dokter selesai RJP

C. Langsung intubasi

D.

E.

 

Pasien di ICCU sudah dilakukan trakheostomy, ada bunyi stridor, akan dilakukan suction, komunikasi dengan tulisan di kertas. Diagnosa keperawatan yang muncul

A.     Bersihan jalan nafas tidak efektif

B.      Gangguan komunikasi  verbal

C.      Pola nafas tidak efektif

 

Seorang pasien... mengalami henti jantung dan henti nafas, setelah dilakukan kompresi 30x, apakah tindakan selanjutnya?

A. Membuka jalan nafas

B....

C. Memberi ventilasi 2x

D.

E.

 

Seorang pasien usia 30 tahun mengalami luka bakar. Luka tampak pada dada sampai perut, paha kanan dan kiri dan di tangan sebelah kanan. Berapa luas bakar tersebut.?

A.40

B.45

C.50

D.55

E.60

 

Seorang laki-laki umur 34 th dibawa ke UGD setelah kecelakaan. Dari hasil pengkajian didapatkan luka terbuka di femur dextra, nadi teraba dan suara napas agalop. Kasus di atas termasuk dalam triage apa?

A. Merah

B. Kuning

C. Hijau

D. Hitam

E. Biru

 

Seorang perempuan usia 40 th diantar ke UGD dengan keluhan sesak nafas setelah bersih-bersih rumah. Hasil pengkajian: penggunaan otot bantu pernafasan, wheezing, TD 130/70, N 100, R 30.

Apa mekanisme sesak nafas dalam kasus tersebut?

A. Oedem pulmo

B. Bronchospasme

C. Cairan di pleura

D. Cairan di alveoli

E. Penyempitan rongga dada

 

KEP MATERNITAS

Letak DJJ setelah dilakukan leopold

Asuhan Persalinan Normal (bayi sudah di potong tali pusat, tindakan selanjutnya ?

Wanita hamil 24 bukan melakukan pemeriksaan kehamilan diperoleh hasil janin hidup sehat tetapi amnion sedikit, apakah diagnosa keperawatan utama?

 

Ny. Y datang ke poli klinik KIA dg usia kehamilan 30 minggu. Pernah  keguguran pada anak ke pertama, 2 anaknya hidup sehat. Bagaimanakah penulisan yang benar?

A. G4P2A1

B. G4P1A2

C. G4P2A1

D. G2P3A0

E. G3P2A1

 

Seorang wanita usia 48 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan mengalami keputihan yang banyak dan berbau sejak 2 minggu yang lalu. Hasil pengkajian: lendir warna kuning dan lengket.

Apa pemeriksaan yang harus dilakukan?

A.     Inspeksi Visual Asetat

B.      Vaginal toucher

C.      Kolposkopi

 

Ibu post partum P1A0 hari 1, belum menyusui bayi nya. Pasien merasa malu karena tubuhnya menjadi gemuk setelah melahirkan, tidak mau bertemu orang lain, bayi dirawat oleh ibu pasien. Apakah masalah keperawatan utama pada kasus di atas.

(pilihan jawaban lupa, tp ada ansietas, gangguan citra tubuh,...)

 

Seorang perempuan berusia 27 tahun melakukan pemeriksaan kehamilan. Hasil pemeriksaan: kanan teraba punggung dan bagian bawah janin teraba bokong. Di bagian mana terdengar pada saat dilakukan pemeriksaan DJJ yang jelas?

A. Kanan atas

B. Kanan bawah

C. Kiri atas

D. Kiri bawah

E. Tengah

 

Ny. Y datang ke poli klinik KIA dengan usia kehamilan 28 minggu. Anak pertama laki-laki usia 7 tahun, riwayat keguguran pada anak ke dua, anak ketiga lahir normal namun meninggal pada usia 1 bulan. Bagaimanakah penulisan yang benar?

A. G4P3A1

B. G4P2A1

C. G3P2A0

D. G2P3A0

E. G3P2A1

 

TFU 21 cm, berapa usia kehamilan ibu saat ini :

A. 19 minggu

B. 20 minggu

C. 21 minggu

D. 22 minggu

E. 23 minggu

 

Seorang perempuan berusia 27 tahun postpartum hari ke 3, hasil pengkajian TD 140/90, nadi 85 x/m, pasien mengatakan ingin menggunakan alat kontrasepsi, apakah metode kontrasepsi yang tepat untuk pasien tersebut

A.     Pil

B.      Implant

C.      Kontrasepsi mantap

D.     Suntik

E.      IUD

 

Persalinan bayi sudah dibersihkan kemudian ditaruh di perut ibunya langkah selanjutnya adalah

A.     Inisiasi menyusui dini

B.      Mengklem tali plasenta

C.      Memijat TFU 

 

Seorang perempuan usia 25 tahun  datang ke klinik KIA untuk memeriksakan kandunganya dengan keluhan sering mual terutama pada pagi hari. Didapatkan data haid terakhir pada tanggal 10 Agustus 2020. Kapan taksiran kelahiran bayi tersebut?

A.  17 Juni 2021

B.  17 Mei 2021

C.  10 Februari 2021

D.  13 Mei 2021

E.  17 Juli 2021

 

KEP ANAK

Menghitung usia kronologis anak

Imunisasi DPT

 

Berapakah usia anak saat ini jika anak datang kekunjungan pemeriksaan tgl 17 Mei 2020 dan tanggal lahir anak 10 Maret 2018

A.     2 tahun 2 bulan 10 hari

B.      2 tahun 2 bulan 7 hari

C.      2 tahun 2 bulan

D.     2 tahun

E.       

 

Seorang anak 5 tahun mengalami cidera pada mata, mata bengkak dan bernanah. Perawat akan memberikan obat tetes mata. Pasien tersebut diperintah untuk membuka mata dan melihat ke atas. Apa langkah selanjutya yang akan dilakukan perawat

A. Menarik kelopak mata  atas

B. Menarik kelopak mata bawah

C. Meneteskan mata

D. Menaruh obat di bagiah dahi anak

E.

 

Anak usia 8 tahun mengalami sesak nafas. Hasil pemeriksaan ronchi +/+. Apa tindakan yang tepat pada kasus tersebut?

A. Suction

B. Nafas dalam

C. Batuk efektif

D. Fisioterapi dada

E. Minum air hangat

 

Seorang perawat menjelaskan tujuan dan efek samping pemberian imunisasi kepada ibu yg anaknya akan diberikan imunisasi. Apakah peran perawat tersebut? 

A. Advokat

B. Caregiver

C. Pemberi asuhan

D. Konsultan

E.

 

Seorang anak usia 10 bulan dibawa oleh ibunya ke RS dengan keluhan batuk berdahak, hasil pengkajian nadi 110 x/menit, RR 55x/menit, suhu 37,5 °C. Tambahan pengkajian apa untuk menegakkan diagnosa tersebut?

A. SpO2

B. TD

C. Fisioterapi dada

D. Batuk efektif

E. Pemeriksa laboratorium

 

Anak usia 9 tahun dibawa oleh ibunya ke RS untuk transfusi. Ibu pasien mengatakan anaknya sudah menderita thalasemia semenjak umur 3 tahun. Pasien mengatakan malu karena sudah lama tidak masuk sekolah dan selalu diejek oleh teman temannya karena kondisi kulit pasien yang menghitam. Apakah masalah keperawatan pada kasus tersebut?

A. Waham

B. Gangguan citra tubuh

C. Isolasi sosial

D. Halusinasi

E. Resiko bunuh diri

 

MANKEP

Di ruang bedah diketahui ada dua perawat yang sedang jaga malam. Salah satu perawat akan memberikan injeksi pada pasien, ketika perawat akan melakukan tindakan spuit yang akan disuntikan ke pasien terjatuh dan perawat langsung mengambil spuit tanpa mengganti dan menuju ke ruang pasien. Teman yang juga sedang jaga melihat tindakan yang dilakukan oleh rekannya itu. Bagaimana sikap perawat dalam menangani masalah tersebut?

A. Memanggil perawat untuk kembali ke ruang nurse station dan mengganti spuit yang baru

B. Mengantarkan spuit yang baru ke ruang pasien

C. Membiarkan perawat melanjutkan tindakan

D. Memarahi perawat di depan pasien

E. Tidak perlu mengingatkan rekan kerjanya

 

Perawat pelaksana ditegur oleh kepala ruang karena sering datang terlambat datang jaga pagi. Perawat mengatakan terlambat karena ada acara keluarga pada malam harinya. Perawat pelaksana berjanji tidak akan datang terlambat lagi. Kemudian perawat pelaksana disuruh menemui ketua tim. Apakah tindakan ketua tim?

a. Menyuruh tetap jaga pagi

B. Menulis surat pernyataan

C. Mengevaluasi janji yg sdh dibuat

D.

E.

 

Kabid keperawatan memanggil seorang perawat untuk membantu mengelola sebuah ruangan karena prestasi nya dalam  memberi pelayanan di ruangnya, perawat tersebut meminta saran dari kepala ruang, bagaimana sikap kepala ruang

A. Mendukung promosi jabatan yg diberikan kpd perawat

B. Meminta perawat baru sbg pengganti

C. Menolak....

D. Meminta perawat mempertimbangkan tawaran

E......

 

Ketua tim sedang merawat 5 pasien dengan ketergantungan sedang sebanyak 2 orang, dan mandiri sebanyak 3 orang. Kepala ruang memanggil ketua tim untuk mengikuti pelatihan selama 3 hari ke depan. Apakah tindakan yang dilakukan oleh ketua tim pada kasus di atas?

a. Meminta bantuan kepada ketua tim lain

b. Meminta bantuan kepada anggota yang lain

c. Menolak perintah kepala ruang

d. Mendelegasikan kepada anggota tim yang lain

e. Memberikan tugas kepada kepala ruang mengenai pasien kelolaan

 

KEP JIWA

Fase bunuh diri

SP utk keluarga pada pasien halusinasi

 

Pasien datang dengan mengamuk, berteriak-berteriak, tindakan yg tepat

a. Restain

b. Kolaborasi pemberian obat

C. BHSP

D.

E.

 

Pasien laki-laki berusia 65 th dengan sirosis hepatis, saat akan dilakukan tindakan keperawatan oleh perawat, pasien menolak. Apakah respon berduka yang dialami pasien?

A. Marah

B. Menyangkal

C. Tawar menawar

D. Penerimaan

E.

 

Seorang perempuan usia 29 tahun masuk di RS Jiwa diantar oleh keluarganya karena menyendiri diri dalam kamar sejak satu minggu yang lalu. Ketika perawat melakukan wawancara didapatkan perilaku pasien tidak berespon walaupun sudah diberikan stimulus/rangsangan yang kuat. Perawat berencana melakukan tindakan mandiri keperawatan.  Apakah fungsi perawat pada kasus tersebut?

A.  Interdependen

B.  Independen

C.  Dependen

D.  Advocacy

E.  Educator

 

 

KEP KELUARGA

Seorang perawat melakukan kunjungan rumah, terdapat salah satu anggota keluarga yang mengalami sakit kepala dan mempunyai riwayat hipertensi sejak 1 tahun yang lalu. Keluarga mengatakan saat pasien sakit hanya dibelikan obat ke warung dan nanti penyakitnya akan sembuh dengan sendirinya. Apakah tahap perkembangan keluarga yg sudah terpenuhi?

a. Merawat anggota keluarga yg sedang sakit

b. Mengambil keputusan yg tepat

c. Memanfaatkan fasilitas kesehatan

d.

e.

 

KEP GERONTIK

Seorang lansia dg katarak senilis, penglihatan kabur, pernah jatuh. Pasien tinggal sendiri. Rumah penerangan gelap, ventilasi kurang dan lantai licin. Apakah tindakan yang tepat?

A. Menganjurkan agar dilakukan operasi katarak

B. Menganjurkan tinggal di panti wreda

C.

D. Memodifikasi lingkungan rumah agar nyaman dan aman

E. Menganjurkan keluarga utk menemani dan memenuhi kebutuhan klien.

 

Seorang lansia mengeluh gatal-gatal diseluruh tubuh dan terus menggaruk.  Hasil pengkajian didapatkan pasien tampak kotor,  rambut berantakan,  kuku panjang dan terdapat banyak goresan dikulit. Apakah dx keperawatan utama yang sesuai?

A.  Gangguan integritas kulit

B.  Nyeri

C.  Risiko infeksi

D.  Defisit perawatan diri

 

KEP KOMUNITAS

Perawat komunitas melakukan pengkajian, didapatkan 15% balita berada di garis kuning. Perawat lalu melakukan pendidikan kesehatan tentang masalah kesehatan pada balita. Apakah evaluasi hasil dr pendidikan kesehatan tersebut?

A. Balita terhindar dari penyakit menular

B. Balita terhindar dari penyakit DBD

C. Gizi Balita meningkat

D. Ibu Balita mengetahui perawatan dirumah jika Balita sakit

E.....

 

Saat kunjungan rumah didapatkan seorang laki-laki berusia 25 tahun. Hasil pengkajian klien mengatakan sudah 2 bulan minum OAT, sesak mulai berkurang, sering lupa minum obat dan tidak nyaman jika memakai masker. Klien tinggal bersama istri dan 2 anak. Rumah terlihat lembab, jendela diruang tamu tidak dapat dibuka, kamar tidak berjendela. Apakah diagnosis keperawatan?

A. Pemeliharaan kesehatan tidak efektif

B. Koping keluarga tidak efektif

C. Koping individu tidak efektif

D. Pola nafas tidak efektif

E. Kepatuhan

 

Seorang perawat sedang melakukan kunjungan ke rumah klien. Kemudian perawat diminta untuk menyuntikan vit C tanpa resep dokter. Apakah tindakan yang tepat yang dilakukan oleh perawat tersebut ?

A.     Tetap menyuntikan vit C

B.      Menolak dengan alasan bukan kewenangannya

C.      Menolak dengan alasan keluarga

D.     Meminta keluarga untuk merujuk pasien ke rs

E.      Meminta izin untuk pulang

 

Seorang membawa anaknya ke pelayanan posyandu dan akan mendapatkan konsultasi gizi. Dimeja berapakah kira-kira akan mendapatkan pelayanan

A.  1

B.  2

C.  3

B.  4

A.  5

 

Di desa X terdapat populasi lansia dengan hipertensi pada bulan Februari 200 orang dan 400 orang pada bulan maret. Berapa persentasenya dari total lansia 1000 orang?

a. 10%

b. 20%

c. 30%

d. 40%

e. 50%

UKOM RETAKER NERS PERAWAT APRIL 2021

 

KEP GADAR

Seorang laki-laki berusia 65 tahun tiba di ruangan triase. Hasil pengkajian pasien tidak berespon dengan rangsangan suara, tampak tidak ada pengembangan dada, nadi carotis tidak teraba. Apakah kategori triase pasien tersebut berdasarkan ATS?

  1. Kategori 1
  2. Kategori 4
  3. Kategori 2
  4. Kategori 3
  5. Kategori 5

 

Seorang perempuan berusia 40 tahun diantar ke UGD karena kecelakaan lalu lintas. Hasil pengkajian luka di kepala, GCS 8, diameter pupil 35mm, TD 170/80 mmHg, frekuensi nadi 61 x/menit. Apakah tindakan keperawatan prioritas pada kasus tersebut?

  1. Memberikan posisi elevasi kepala 15-30 derajat
  2. Memonitor kekuatan otot
  3. Memonitor refleks cahaya
  4. Memonitor tekanan nadi
  5. Memonitor tanda-tanda vital

 

Seorang laki-laki usia 30 tahun dibawa ke UGD pasca kecelakaan lalu lintas. Setelah mejalani pemeriksaan lengkap pasien disimpulkan mengalami fraktur pelvis. Sehingga disarankan untuk operasi segera. Pasien meminta diberikan waktu untuk berdiskusi dengan keluarga dan perawat memenuhi permintaan tersebut. Apakah prinsip etik yang diterapkan pada kasus tersebut?

  1. Justice
  2. Beneficience
  3. Fidecity
  4. Confidentialy
  5. Autonomy

 

Seorang perempuan berusia 28 tahun dirawat dengan luka bakar karena tersiram air panas. Perawat melakukan pengkajian untuk menentukan luas luka bakar, area yang terkena kaki kanan mulai dari paha sampai tungkai. Berapakah luas luka bakar pada kasus tersebut?

  1. 0,45
  2. 0,27
  3. 0,36
  4. 0,18
  5. 0,4

 

Seorang laki-laki berusia 52 tahun dirawat di ruang neurologi dengan stroke. Hasil pengkajian kesadaran didapatkan membuka mata spontan, motorik mengikuti perintah, verbal orientasi baik. Berapakah nilai GCS berdasarkan kasus tersebut?

  1. 13
  2. 12
  3. 11
  4. 14
  5. 15

 

Seorang perempuan berusia 30 tahun dibawa ke UGD pasca kecelakaan lalu lintas. Hasil pengkajian: kesadaran compos mentis, tungkai kanan deformitas, krepitasi (+), mengeluh nyeri dengan skala nyeri 3, frekuensi nadi 102 x/menit. Apakah tindakan utama pada kasus tersebut?

  1. Kolaborasi pemberian analgetik
  2. Kolaborasi pemberian antibiotik
  3. Posisikan lateral kanan
  4. Imobilisasi sendi
  5. Elevasi tungkai

 

Seorang laki-laki usia 40 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan diagnosis medis asma. Hasil pengkajian mengeluh sesak napas, tampak retraksi dada, batuk dengan sputum banyak, saturasi 93%. Apakah tindakan keperawatan utama pada kasus tersebut?

  1. Periksa tekanan darah
  2. Periksa suhu tubuh
  3. Berikan oksigen
  4. Anjurkan perbanyak minum
  5. Periksa frekuensi nadi

 

 

Seorang perempuan berusia 27 tahun diantar ke IGD dengan keluhan sesak napas. Hasil pengkajian dispnea (+), PCO2 49 mmHg, PO2 70 mmHg, pH 7,31, frekuensi napas 30 x/menit frekuensi nadi 104 x/menit, suhu 37ºC. Apakah masalah keperawatan prioritas pada kasus tersebut?

  1. Gangguan pertukaran gas
  2. Bersihan jalan napas tidak efektif
  3. Risiko infeksi
  4. Hipertermia
  5. Risiko aspirasi

 

Seorang laki-laki berusia 45 tahun diantar ke UGD karena kecelakaan lalu lintas. Hasil pengkajian: tampak luka tusuk di perut, TD 70/50 mmHg, frekuensi nadi 104 x/menit dan lemah, frekuensi napas 24 x/menit, akral dingin dan pucat, pengisian kapiler 4 detik. Apakah tindakan yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Monitor frekuensi napas
  2. Monitor suhu
  3. Pasang infus
  4. Ajarkan teknik relaksasi napas dalam
  5. Berikan posisi flower

 

 

KMB

Seorang laki-laki berusia 54 tahun dirawat di ruang penyakit dalam karena tidak mampu menelan. Pasien diberikan makan dan minum melalui selang nasogastrik (NGT). Perawat telah membuka penutup selang dan mengalirkan makanan cair sesuai program. Apakah langkah selanjutnya pada kasus tersebut?

  1. Melepaskan sarung tangan
  2. Melakukan dokumentasi prosedur
  3. Melakukan kebersihan tangan 6 langkah
  4. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
  5. Membilas selang dengan air minum

 

Seorang perempuan usia 60 tahun, datang ke poli penyakit dalam dengan keluhan sesak napas sejak tadi malam. Hasil pengkajian sesak timbul setelah beraktivitas berat, klien mengatakan tidak makan sejak kemarin karena mual, tampak mengantuk karena sulit tidur malam hari. Pasien mempunyai riwayat asma sejak kecil. Apakah faktor pencetus timbulnya keluhan pada kasus tersebut?

  1. Tidur tidak cukup
  2. Aktivitas berlebihan
  3. Lanjut usia
  4. Tidak makan
  5. Mual

 

Seorang laki-laki berusia 33 tahun dirawat di ruang penyakit dalam karena mengeluh suhu tubuhnya naik. Hasil pengkajian suhu 38,7 C, suhu meningkat terutama pada sore dan malam hari yang disertai menggigil, sakit perut, mual dan nafsu makan menurun. Hasil tes Widal dan Tubex positif. Apakah evaluasi keperawatan yang prioritas pada kasus tersebut?

  1. Tingkat mual menurun
  2. Termoregulasi membaik
  3. Nafsu makan meningkat
  4. Status nutrisi membaik
  5. Tingkat keamanan meningkat

 

Seorang perempuan berusia 43 tahun dirawat dengan keluhan nyeri pada perut bagian bawah. Hasil pengkajian nyeri dirasakan seperti terbakar terutama saat berkemih, skor 7-8 (skala 10), pasien tampak meringis, gelisah, sulit tidur, frekuensi nadi 98 x/menit, urine tampak kemerahan dan berwarna gelap, leukosit 15.000/mm3. Apakah masalah keperawatan pada kasus tersebut?

  1. Gangguan pola tidur
  2. Inkontinensia urine
  3. Risiko infeksi
  4. Risiko hipovolemia
  5. Nyeri akut

 

Seorang perempuan berusia 26 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan DHF. Hasil pengkajian merasa haus, sulit tidur, mual, diare, petekie, turgor menurun, mukosa bibir kering, TD 100/75 mmHg, frekuensi nadi 98 x/menit, frekuensi napas 24 x/menit, dan suhu 37,5ºC. Nilai hematokrit 43% Apakah masalah keperawatan utama pada kasus tersebut?

  1. Risiko hipovolemia
  2. Nausea
  3. Hipertermia
  4. Gangguan pola tidur
  5. Defisit nutrisi

 

Seorang perempuan usia 59 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan nyeri dada. Hasil pengkajian, nyeri menjalar ke lengan kiri, seperti tertusuk dan tidak hilang dengan istirahat, skala nyeri 7. Pasien sulit tidur dan cemas dengan kondisinya. Hasil TD 130 mmHg, frekuensi nadi 90 x/menit, frekuensi napas 24x/menit, suhu 37ºC. Pasien tampak meringis dan akral teraba dingin. Apakah masalah keperawatan yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Intoleransi aktivitas
  2. Perfusi perifer tidak efektif
  3. Cemas
  4. Nyeri akut
  5. Gangguan pola tidur

 

Seorang perempuan usia 60 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan nyeri dada. Saat ini pasien sedang dilakukan pemeriksaan EKG dan perawat akan memasang elektroda V6. Dimanakah letak elektroda yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Sejajar dengan V4 dan V5 pada linea mid aksilaris kiri
  2. Sela iga ke 4 sternum kanan
  3. Sela iga ke 5 pada linea mid klavikula kiri
  4. Sela iga ke 4 sternum kiri
  5. Sejajar dengan V4 ada linea aksilaris anterior kiri

 

Seorang laki-laki berusia 21 tahun dirawat di ruang neurologi dengan cedera kepala. Hasil pengkajian, penurunan kesadaran GCS E3M4V4, TD 168/90 mmHg, frekuensi nadi 56 x/menit, frekuensi napas 26 x/menit, suhu 37ºC, respon pupil melambat, terlihat darah masih keluar dari hidung. Apakah masalah keperawatan yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Pola napas tidak efektif
  2. Hipertermia
  3. Risiko cidera
  4. Penurunan kapasitas adaptif intrakranial
  5. Gangguan pemenuhan kebutuhan sehari-hari

 

Seorang perempuan berusia 62 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan diagnosis medis Gagal Ginjal Kronik dan mengeluh kedua tungkai bengkak. Hasil pengkajian: frekuensi napas 21 x/menit, edema ekstremitas +3 abses, kulit tampak kering. Apakah masalah keperawatan pada kasus tersebut?

  1. Berikan oksigen 4L/menit
  2. Anjurkan memperbanyak minum
  3. Batasi asupan cairan dan garam
  4. Monitor tekanan darah
  5. Lanjutkan perawatan kulit

 

Pada saat kunjungan rumah didapatkan seorang laki-laki berusia 34 tahun yang mengalami Diabetes Mellitus sejak 4 tahun yang lalu. Klien mengatakan belum dapat mengatur pola makannya karena sering merasa lapar. Klien tidak sempat berolahraga. Apa intervensi keperawatan utama pada klien tersebut?

  1. Mengajarkan diet seimbang
  2. Mengajarkan pengertian dan tanda-tanda obesitas
  3. Mengajarkan latihan aktifitas fisik
  4. Mengajarkan modifikasi lingkungan yang tepat untuk diet
  5. Mengajarkan bahaya obesitas dan manfaat diet

 

Seorang laki-laki usia 27 tahun dirawat di ruang bedah dengan fraktur femur. Hasil pengkajian didapatkan nyeri daerah fraktur, sulit bergerak, kebutuhan dasar dibantu keluarga. Pasien tampak bedrest dan kesulitan merubah posisi badan. Pasien cemas dan sering menanyakan  kapan bisa berjalan kembali. Apakah masalah keperawatan yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Cemas
  2. Nyeri akut
  3. Kurang pengetahuan
  4. Defisit self care
  5. Gangguan mobilitas fisik

 

Seorang laki-laki berusia 62 tahun di ruang penyakit dalam dengan diagnosis AMI. Hasil pengkajian didapatkan nyeri menjalar ke bahu dan lengan kiri, nyeri seperti tertusuk dan tidak hilang dengan istirahat. Pasien memiliki riwayat hipertensi tidak terkontrol. Apakah pengkajian yang perlu ditambahkan pada kasus tersebut?

  1. CRT > 3 detik
  2. Edema tungkai
  3. Keluhan cepat lelah
  4. Hasil enzim jantung meningkat
  5. Ortopnoe (+)

 

Seorang perempuan berusia 22 tahun dirawat di ruang isolasi dengan luka bakar, keluarga pasien mengatakan bahwa verban yang dipasang rembes dan terlepas, perawat menyampaikan akan segera datang untuk mengganti verban. Perlengkapan disiapkan kemudian melakukan tindakan tersebut. Apakah prinsip etik yang diterapkan pada kasus tersebut?

  1. Autonomy
  2. Non-maleficience
  3. Justice
  4. Fidelity
  5. Beneficience

 

Seorang perawat melakukan asuhan keperawatan kepada pasien post operasi appendictomy 2 jam yang lalu. Berdasarkan hasil pemeriksaan, bising usus negative dan pasien belum flatus. Pasien merasa haus dan minta minum. Perawat tidak memberikan minum kepada pasien. Apakah prinsip etik yang diterapkan oleh perawat?

  1. Non-maleficience
  2. Veracity
  3. Autonomy
  4. Fidelity
  5. Beneficience

 

Seorang laki-laki berusia 28 tahun dirawat di ruang luka bakar hari kelima. Hasil pengkajian luas luka 27%, derajat 2 dan 3, perawat melakukan ganti balutan, verban dibuka tampak luka berwarna kuning dan beberapa berwarna kehitaman, luka di cuci dengan NaCl 0,9%. Apakah tindakan selanjutnya berdasarkan kasus tersebut?

  1. Mengompres luka dengan cairan fisiologis
  2. Membersihkan jaringan nekrotik
  3. Mengoleskan salep disekitar luka
  4. Mengalirkan cairan H2O2 pada jaringan nekrotik
  5. Menutup luka dengan kasa steril

 

Seorang perempuan usia 57 tahun dirawat di ruang penyakit dalam MCI. Hasil pengkajian didapatkan nyeri dirasakan hilang timbul, di dada kiri, seperti terbakar, skala nyeri 5, pasien tampak cemas dan sering bertanya tentang penyakitnya. Hasil TD 120/80 mmHg, frekuensi nadi 87 x/menit, frekuensi napas 22 x/menit. Apakah intervensi yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Kolaborasi pemberian diuretik
  2. Monitor EKG 12 sadapan
  3. Monitor cairan dan elektrolit
  4. Informasikan patofisiologi penyakit
  5. Monitor berat badan setiap hari

 

Seorang laki-laki berusia 62 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan stroke. Hasil pengkajian mengeluh sulit menggerakan tangan dan kaki kiri, merasa lemah, nyeri skala 2 (1-10) dan sendi kaku. Nilai kekuatan otot empat. Perawat menegakan diagnosis gangguan mobilitas fisik. Apakah kriteria hasil pada kasus tersebut?

  1. Pergerakan ekstremitas menurun
  2. Rentang gerak menurun
  3. Nyeri menurun
  4. Kekuatan otot meningkat
  5. Kaku sendi menurun

 

Seorang laki-laki berusia 55 tahun diantar keluarganya kontrol rutin ke poliklinik penyakit dalam. Hasil pengkajian: pasien awalnya mengeluh lemas, pusing, gemetar, kemudian mengalami penurunan kesadaran, riwayat DM sejak 10 tahun, gula darah sewaktu 40 mg/dl. Apakah tindakan keperawatan pada kasus tersebut?

  1. Memberikan makanan ringan
  2. Memeriksa ulang gula darah
  3. Memberikan dekstrose 40%
  4. Menganjurkan pasien istirahat
  5. Memberikan minum larutan gula

 

Seorang perempuan berusia 58 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan asma. Hasil pengkajian: mengeluh sesak, terdengar wheezing, mual, tampak cemas dan tegang. Apakah kriteria hasil masalah utama pada kasus tersebut?

  1. Stridor meningkat
  2. Mual menurun
  3. Perilaku tegang menurun
  4. Wheezing menurun
  5. Cemas menurun

 

Seorang perempuan usia 65 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan sesak. Hasil pengkajian didapatkan badan terasa letih dan cepat lelah. TD 140/90 mmHg, suhu 37ºC, frekuensi napas 23 x/menit, nadi 96 x/menit, akral teraba dingin, tampak edema di tungkai. Pasien cemas dengan kondisinya. Hasil ECHO menunjukan EF 25%.IVH. Apakah masalah keperawatan yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Cemas
  2. Pola napas tidak efektif
  3. Penurunan curah jantung
  4. Gangguan pertukaran gas
  5. Intolerasi aktivitas

 

Seorang laki-laki berusia 32 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan sakit perut dan BAB cair. Hasil pengkajian pasien mengalami mual dan muntah, napsu makan menurun, frekuensi BAB 6x dalam sehari, bising usus 26 x/menit, membran mukosa kering, turgor kulit menurun. Apakah masalah keperawatan pada kasus tersebut?

  1. Defisit nutrisi
  2. Gangguan integritas mukosa
  3. Hipovolemia
  4. Nausea
  5. Nyeri akut

 

Seorang laki-laki berusia 56 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan asma. Hasil pengkajian: batuk, terdengar suara napas wheezing, frekuensi napas 26 x/menit, suhu 37,4ºC. Apakah keluhan lain yang dapat ditemukan?

  1. TD menurun
  2. Batuk tidak berdahak
  3. Tampak tenang
  4. Dahak mudah dikeluarkan
  5. Sesak napas

 

Seorang laki-laki berusia 53 tahun dirawat di ruang One Day Care (ODC) dengan post operasi katarak mata sebelah kiri 10 jam yang lalu. Sebelum pulang pasien diberikan edukasi perawatan mata. Apakah informasi yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Menganjurkan mengangkat benda berat lebih dari 2,5 kg
  2. Biarkan verban dan plester penutup mata terbuka
  3. Boleh menggosok mata bila gatal
  4. Menganjurkan tidur pada posisi miring sebelah kanan
  5. Menganjurkan untuk sering jongkok dan sujud

 

Seorang laki-laki usia 22 tahun datang ke poliklinik bedah untuk melakukan kontrol post operasi ORIF di tibia sinistra. Hasil pengkajian didapatkan operasi dilakukan sejak 2 minggu yang lalu, nyeri sudah berkurang dan luka tampak bersih. Apakah tahap penyembuhan tulang yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Fase pembentukan kalus
  2. Fase osifikasi
  3. Fase proliferasi
  4. Fase inflamasi
  5. Fase remodeling

 

Seorang laki-laki usia 55 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan nyeri dada. Hasil pengkajian didapatkan nyeri daerah retrosternum, menjalar ke bahu dan lengan kiri, tidak hilang dengan istirahat, seperti terbakar, skala nyeri 7. Keluhan disertai dengan mual, sesak, dan pusing. Pasien tampak cemas. Hasil TD 120/80 mmHg, frekuensi nadi 95 x/menit, frekuensi 23 x/menit. Apakah masalah keperawatan yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Cemas
  2. Intolerasi aktivitas
  3. Perubahan nutrisi kurang
  4. Pola napas tidak efektif
  5. Nyeri akut

 

Pasien laki-laki usia 55 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan dada. Hasil pengkajian didapatkan nyeri di dada kiri, seperti tercekik, menjalar ke lengan kiri dan tidak hilang dengan istirahat. Hasil TD 130/90 mmHg, frekuensi nadi 90 x/menit, frekuensi napas 26 x/menit. Pasien memiliki riwayat hipertensi tidak terkontrol. Apakah pemeriksaan penunjang yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Masa perdarahan dan pembekuan
  2. Elektrokardiogram
  3. Thorak foto
  4. Kadar trigliserida
  5. Echocardiogram

 

KEP MATERNITAS

Seorang perempuan usia 30 tahun P1A0 saat dirawat di ruang bersalin. Hasil pengkajian: bayi perempuan lahir 5 menit yang lalu, tekanan darah 120/70 mmHg, frekuensi nadi 100 x/menit, frekuensi napas 20 x/menit, suhu 37ºC dan perawat sudah memberikan oksitosin 10 unit. Selanjutnya, dilakukan penegangan tali pusat terkendali, dan setelah ada tanda-tanda plasenta lepas, perawat melahirkan plasenta. Apakah tindakan selanjutnya yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Observasi sisa darah atau stolsel dari vagina
  2. Lakukan masase uterus
  3. Stimulasi kontraksi dengan usapan lembut, sehingga uterus berkontraksi
  4. Lakukan observasi perdarahan
  5. Kosongkan kandung kemih dengan kateter urine

 

Seorang perempuan usia 28 tahun G1P0A0 dengan inpartu dirawat ruang bersalin. Hasil pengkajian, pasien mengeluh mulas, ingin meneran, pemeriksaan dalam porsio tidak teraba, pembukaan lengkap, ketuban sudah pecah, presentasi kepala, dan selanjutnya lahir bayi. Observasi tanda vital tekanan darah 110/70 mmHg, frekuensi nadi 80 x/menit, frekuensi napas 20 x/menit, dan suhu 37°C. Apakah tindakan selanjutnya yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Mengobservasi robekan jalan lahir
  2. Melahirkan plasenta
  3. Mengobservasi perdarahan
  4. Mengecek adanya bayi kedua
  5. Melakukan penegangan tali pusat terkendali

 

Seorang perempuan usia 28 tahun G1P0A0 hamil 28 minggu datang ke poliklinik KIA untuk memeriksakan kehamilan. Hasil pengkajian, pasien mengatakan kedua kakinya edema, perawat mengukur TFU dan memeriksa bagian janin yang terdapat di fundus. Pemeriksaan dianjurkan dengan palpasi bagian yang terdapat di kedua sisi abdomen ibu, serta didapatkan presentasi janin sudah masuk PAP. Apakah tindakan selanjutnya yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Menentukan puncturn maksimum
  2. Menentukan bagian janin di sisi abdomen ibu
  3. Menentukan seberapa jauh presentasi masuk PAP
  4. Menghitung DJJ
  5. Memastikan letak punggung janin

 

Seorang perempuan usia 29 tahun P1A0 pospartum hari kedua berada di ruang nifas. Hasil pengkajian, pasien mengeluh sulit menyusui dan bayi rewel, pasien tampak lelah, payudara teraba lembek, putting susu tidak menonjol, mulut bayi tidak melekat dengan baik pada payudara, dan ASI keluar sedikit. Observasi tanda-tanda vital. Tekanan darah 110/70 mmHg, frekuensi nadi 80 x/menit, frekuensi napas 20 x/menit, dan suhu 37ºC. Apakah masalah keperawatan yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Risiko proses pengasuhan tidak efektif
  2. Menyusui efektif
  3. Menyusui tidak efektif
  4. Gangguan pola tidur
  5. Gangguan rasa nyaman

 

Seorang perempuan usia 38 tahun dirawat di ruang ginekologi dengan keluhan perdarahan pada siklus menstruasi. Hasil pengkajian: pasien mengatakan pusing, lemas, dan tidak dapat beraktivitas seperti biasanya. Observasi tanda-tanda vital tekanan darah 110/70 mmHg, frekuensi nadi 80 x/menit, frekuensi napas 20 x/menit, dan suhu 36,5ºC, dan Hb 9 gr/dl. Apakah intervensi keperawatan yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Anjurkan melakukan aktivitas secara bertahap
  2. Berian oksigen via kanul nasak 3L/menit
  3. Monitor nilai hemoglobin dan hematokrit
  4. Jelaskan tentang perdarahan menstruasi yang normal dan abnormal
  5. Monitor intake dan output cairan

 

Seorang perempuan usia 21 tahun P1A0 postpartum hari pertama berada di ruang nifas. Hasil pengkajian, pasien mengeluh nyeri pada luka episiotomi, konstruksi uterus baik, dan sudah terdapat kolostrum. Observasi tanda-tanda vital: TD 120/70 mmHg, frekuensi nadi 84 x/menit, frekuensi napas 20 x/menit, dan suhu 37ºC. Apakah masalah keperawatan yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Menyusui efektif
  2. Gangguan pola tidur
  3. Kesiapan menyusui
  4. Ketidaknyamanan pascapartum
  5. Risiko proses pengasuhan tidak efektif

 

Seorang perempuan usia 23 tahun P1A0 berada di ruang bersalin dengan keluhan lelah setelah melahirkan. Hasil pengkajan: pasien tampak lelah, terdapat darah keluar dari vagina, TFU 2 jari atas pusat, dan uterus teraba lunak. Observasi tanda-tanda vital: tekanan darah 110/70 mmHg, frekuensi napas 20 x/menit, dan suhu 37ºC. Apakah tindakan keperawatan yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Ambil darah untuk pemeriksaan darah lengkap
  2. Lakukan masase uterus
  3. Lakukan stimulasi berkemih spontan
  4. Pasan IV line dengan selang set transfuse
  5. Lakukan pemeriksaan TTV

 

Seorang perempuan usia 29 tahun hamil 28 minggu datang ke poliklinik KIA untuk memeriksakan kehamilan. Hasil pengkajian, pasien memiliki 3 anak perempuan usia 7 tahun, 5 tahun dan 3 tahun, dan riwayat keguguran dua tahun yang lalu. Apakah status obstetrik yang tepat pada kasus tersebut ?

  1. G3P1A0
  2. G4P1A1
  3. G5P3A1
  4. G2P1A1
  5. G4P2A1

 

 

KEP ANAK

Pada kunjungan rumah didapatkan balita laki-laki berusia 4 tahun yang tampak lesu dan pucat. Hasil wawancara, ibu mengatakan anaknya sedang batuk dan pilek sejak 3 hari yang lalu. Anak susah makan nasi dan sayur, sering jajan chiki dan es. Hasil pemeriksaan fisik tampak sekret di hidung, BB 13 kg, RR 24 x/menit, suara napas; ronkhi, suhu 37ºC. Apakah masalah keperawatan utama pada kasus tersebut?

  1. Defisit volume cairan
  2. Risiko ketidakseimbangan elektrollit
  3. Ketidakseimbangan nutrisi  kurang dari kebutuhan tubuh
  4. Bersihan jalan napas tidak efektif
  5. Hipertermia

 

Balita perempuan usia 5 tahun dibawa ibunya ke Puskesmas dengan keluhan batuk, pilek dan demam. Hasil pengkajian, ronchi di kedua lapang paru, tidak dapat mengeluarkan sputum, frekuensi napas 28 x/menit. Perawat akan memposisikan pasien. Apakah posisi yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Knee chest
  2. Supine
  3. Lateral
  4. Fowler
  5. Trendelenberg

 

Balita perempuan berusia 3 tahun dibawa ke puskesmas oleh ibunya karena BAB cair 5x/hari. Hasil pengkajian konjungtiva pucat, membran mukosa kering, turgor kulit kembali sangat lambat, suhu 37,6ºC. Perawat akan menentukan kondisi dehidrasi pada pasien. Apakah data pengkajian tambahan pada kasus tersebut?

  1. Tampak mata cekung
  2. Kulit kering
  3. Rewel
  4. Jumlah asupan cairan
  5. Berat badan sebelum sakit

 

Bayi perempuan usia 1 bulan dibawa ke puskesmas untuk imunisasi. Hasil pengkajian: telah mendapatkan imunisasi HB 0. Saat ini bayi akan diinjeksi BCG. Apakah cara pemberian vaksin tersebut?

  1. Subcutan
  2. Intravena
  3. Oral
  4. Intramuscular
  5. Intradermal

 

Balita perempuan usia 3 tahun dibawa ke UGD oleh ibunya karena demam tinggi diserai kejang 1x saat dirumah. Hasil pengkajian: saat ini tidak kejang, tampak lemah dan takut dengan perawat, suhu 39,3ºC, ibu khawatir dan tidak memahami penyakit anaknya. Apakah masalah keperawatan utama pada kasus tersebut?

  1. Hipertermia
  2. Ansietas
  3. Defisit pengetahuan
  4. Intoleransi aktivitas
  5. Risiko cedera

 

Bayi perempuan usia 8 bulan dibawa ibunya ke puskesmas karena tidak mau makan dan tampak lemas. Hasil pengkajian: tampak pucat, ibu mengatakan bayi sulit makan, hanya menyusu saja, BB lahir 3100 gram, BB saat ini dan saat usia 7 bulan 5,5 kg. Ibu cemas dan ingin berkonsultasi tentang hal ini. Apakah masalah keperawatan pada kasus tersebut?

  1. Defisit pengetahuan
  2. Menyusui tidak efektif
  3. Defisit nutrisi
  4. Ansietas
  5. Intoleransi aktivitas

 

Anak perempuan usia 7 tahun dirawat di ruang anak dengan bronchopneumonia. Hasil pengkajian: batuk, sulit mengeluarkan sputum, ronkhi di kedua lapang paru. Saat ini direncanakan terapi nebulizer. Perawat telah menjelaskan prosedure. Memberikan informed consent, menyiapkan alat dan mencuci tangan. Apakah langkah selanjutnya pada kasus tersebut?

  1. Menyambungkan masker ke cangkir nebulizer
  2. Menghubungkan selang oksigen ke humidifier
  3. Memberikan posisi fowler
  4. Memeriksa fungsi alat
  5. Memasang masker pada pasien

 

Balita laki-laki usia 4 tahun dirawat di ruang anak sejak 3 hari yang lalu dengan diare. Hasil pengkajian BAB 1x dan konsentrasi padat. Perawat melakukan kontrak kegiatan terapi bermain pada pukul 10.00 dan pasien menyetujui. Pada waktu yang disepakati, perawat melaksanakan kegiatan tersebut. Apakah prinsip etik pada kasus tersebut?

  1. Veracity
  2. Beneficience
  3. Justice
  4. Autonomy
  5. Fidelity

 

Anak perempuan usia 12 tahun dirawat di ruang anak dengan sindrom nefrotik. Hasil pengkajian, anak tampak edema pada kedua ekstremitasnya dan kulit tampak kering. Anak meminta ijin untuk memakai krim kulit yang dibawanya dari rumah. Perawat mengijinkan karena dapat mengatasi kulit kering. Apakah prinsip etik yang diterapkan pada kasus tersebut?

  1. Veracity
  2. Autonomy
  3. Beneficience
  4. Justice
  5. Fidelity

 

Anak laki-laki berusia 10 tahun, dibawa ke poliklinik anak dengan keluhan bengkak seluruh tubuh. Ibu mengatakan bahwa BAK anak sedikit. Hasil pengkajian: TD 130/90mmHg, BB sebelum sakit 26 kg, BB saat ini 30 kg, tidak napsu makan, tampak lemah dan gelisah karena sulit bernapas. Perawat menegakkan masalah hipervolemia. Manakah data yang menunjang penegakan masalah pada kasus tersebut?

  1. BAK sedikit
  2. Kenaikan berat badan
  3. Tampak lemah dan gelisah
  4. Sulit bernapas
  5. Tidak napsu makan

 

Bayi perempuan, lahir spontan dengan BB lahir 3000 gram. Saat ini ibu memberikan ASI eksklusif pada anak. Berapakah taksiran berat badan bayi tersebut pada usia 6 bulan?

  1. 6 kg
  2. 4,5 kg
  3. 5 kg
  4. 9 kg
  5. 8 kg

 

 

KEP KOMUNITAS

Perawat komunitas melakukan pengkajian didapatkan data: 30% masyarakat usia dewasa memiliki kebiasaan merokok, 60% rumah tidak dibuka jendelanya, 40% masyarakat pernah berobat TBC. Apakah tindakan pencegahan primer yang dapat dilakukan perawat pada kasus?

  1. Melakukan rujukan
  2. Memberikan pendidikan kesehatan
  3. Melakukan rehabilitasi
  4. Melakukan pemeriksaan kesehatan rutin
  5. Melakukan skrinning TBC

 

Saat kunjungan rumah, perawat menemui seorang laki-laki berusia 40 tahun hanya bisa tiduran dan tidak bisa beraktivitas karena fraktur, sehingga seluruh aktivitas klien dibantu oleh anak laki-laki. Anak laki-laki merasa lelah karena harus membantu ibunya yang berjualan. Apa masalah keperawatan utama pada keluarga tersebut ?

  1. Risiko ketergantungan peran pemberi perawatan
  2. Koping individu tidak efektif
  3. Risiko gangguan integritas kulit
  4. Gangguan pemenuhan kebutuhan ADL pada klien
  5. Gangguan mobilitas fisik

 

Saat kunjungan rumah, perawat menemui seorang laki-laki berusia 24 tahun dengan TBC yang sedang menjalani pengobatan. Hasil anamnesis, klien mengatakan takut minum OAT karena air seninya berwarna merah. Klien merasa tidak ada perubahan walaupun sudah sebulan minum OAT. Data pengetahuan. Apakah yang selanjutnya harus dikaji pada kasus?

  1. Penyebab TBC
  2. Tanda dan gejala TBC
  3. Hasil pemeriksaan laboratorium
  4. Perawatan TBC
  5. Efek samping pengobatan

 

Perawat komunitas memperoleh hasil pengkajian, 10% masyarakat terkena penyakit gatal-gatal sejak terjadi banjir. Hasil observasi: terjadi penumpukan sampah sepanjang saluran air dan got. Perawat mengusulkan kerja bakti pada warga untuk membersihkan sampah sisa banjir. Apakah strategi intervensi utama perawat pada kasus?

  1. Partnership
  2. Pemberdayaan masyarakat
  3. Proses kelompok
  4. Pendidikan kesehatan
  5. Bina suasana

 

Perawat melakukan memperoleh hasil pengkajian, 20% kelompok usia dewasa mengalami TBC dan sedang dalam program pengobatan. Namun, kelompok tersebut tidak minum obat secara teratur sesuai anjuran dan tidak melakukan kontro secara berkala. Apakah masalah keperawatan yang terjadi pada kasus?

  1. Pemeliharaan kesehatan belum optimal
  2. Risiko penularan
  3. Perilaku cenderung berisiko
  4. Managemen kesehatan  TBC tidak efektif
  5. Angka kesakitan TBC meningkat

 

Saat kunjungan rumah, perawat menemui seorang laki-laki berusia 30 tahun dengan kelemahan ekstremitas sebelah kiri. Hasil anamnesis: klien mengalami serangan stroke aktif sejak 2 bulan yang lalu. Klien mengatakan “Saat ini saya masih kesulitan untuk memakai pakaian sendiri” kekuatan otot ekstremitas sebelah kiri menurun. Apakah edukasi kesehatan yang sesuai pada kasus?

  1. Pakai pakaian sebelah kanan terlebih dahulu kemudian sebelah kiri
  2. Pakai kain sarung terlebih dahulu, kemusian kemeja
  3. Pakai pakaian sebelah kiri dahulu, kemudian sebelah kanan
  4. Pakai kemeja terlebih dahulu, kemudian celana
  5. Pakai celana terlebih dahulu, kemudian kemeja

 

Perawat komunitas memperoleh hasil pengkajian, angka kelahiran di wilayah komunitas sangat tingggi, jarak antara persalinan sebelumnya rata-rata 1 tahun. Hasil wawancara didapatan masyarakat tidak menjalankan program Keluarga Berencana. Perawat melakukan pendekatan degan tokoh agama untuk melakukan pendampingan saat memberikan pendidikan kesehatan tentang KB. Apakah peran yang dilakukan pada kasus tersebut?

  1. Peneliti
  2. Konselor
  3. Kolaborator
  4. Manajer kasus
  5. Advocate

 

Perawat komunitas memperoleh hasil pengkajan, 20% masyarakat mengalami kanker yang bervariasi pada usia remaja, dewasa dan anak-anak. Hasil observasi dan wawancara, menunjukan mereka mengalami depresi karena belum ada perbaikan kondisinya. Perawat melakuka pembagian tugas dengan tim kesehatan untuk mengatasi masalah. Apakah peran yang dilakukan perawat pada kasus tersebut?

  1. Pendidik
  2. Peneliti
  3. Konselor
  4. Manager kasus
  5. Advocate

 

Saat kunjungan rumah, perawat melakukan evaluasi pada seorang laki-laki berusia 34 tahun dengan TBC dan sedang menjalankan program minum obat anti tuberkulosis sejak 1 bulan yang lalu dari puskesmas. Hasil anamnesis, klien mengeluh malas minum obat lagi, karena merasa tidak ada perubahan. Apakah edukasi kesehatan yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Menjelaskan efek samping obat
  2. Menjelaskan efek normal obat
  3. Menjelaskan efek toksik obat
  4. Menjelaskan efek utama obat
  5. Menjelaskan akibat putus obat

 

Perawat komunitas memperoleh hasil pengkajian, 10% dari 25 ibu hamil mengalami penurunan berat badan. Sebagian besar masyarakat memiliki keyakinan bahwa ibu hamil tidak boleh makan ikan dan daging karena menyebabkan bau amis saat melahirkan. Apakah data sub sistem komunitas yang dikaji pada kasus tersebut?

  1. Budaya
  2. Nilai keyakinan
  3. Agama
  4. Ekonomi
  5. Suku

 

Perawat komunitas melakuan intervensi penyuluhan kesehatan tentang hipertensi. Penyuluhan di situasi pandemik, perawat mewajibkan kader untuk menggunakan masker dan membuat jarak antara peserta penyuluhan. Apakah prinsip etik yang perawat terapkan tersebut?

  1. Justice
  2. Non-maleficience
  3. Beneficience
  4. Veracity
  5. Autonomy

 

Perawat komunitas memperoleh hasil pengkajian, 30% remaja melakukan perilaku seksual bebas dan orangtua tidak menegur. Hasil observasi karang taruna tidak aktif dan banyak tempat untuk remaja berkumpul tanpa pengawasan. Apakah masalah keperawatan utama pada kasus?

  1. Perilaku kesehatan cenderung berisiko
  2. Koping masyarakat tidak efektif
  3. Ketidakefektifan managemen kesehatan diri
  4. Defisiensi kesehatan komunitas
  5. Ketidakefektifan pemeliharaan kesehatan

 

Saat kunjungan rumah, perawat, menemui seorang perempuan berusia 30 tahun. Hasil anamnesis, klien mengatakan, “Pandemi Covid-19 membuat saya sering marah. Anak-anak susah dibangunkan padahal mereka ada kelas online. Saya jadi ditegur walikelas mereka”. Apakah fungsi keluarga yang belum efektif pada kasus?

  1. Fungsi perawatan kesehatan
  2. Fungsi sosialisasi
  3. Fungsi ekonomis
  4. Fungsi efektif
  5. Fungsi belajar

 

 

Pada saat kunjungan rumah didapatkan seorang laki-laki berusia 40 tahun memiliki riwayat darah tinggi sejak 2 tahun yang lalu dan saat ini klien merasa sembuh. Istrinya mengingatkan klien agar olahraga secara teratur. Klien dapat menjelaskan penyebab, tanda gejala serta akibat jika hipertensi tidak ditangani. Tekanan darahnya dikontrol dengan minum rebusan daun salam. Apa data pengkajian yang belum terkaji pada kasus tersebut?

  1. Cara keluarga membuat keputusan untuk melakukan perawatan
  2. Cara keluarga memodifikasi lingkkungan
  3. Cara keluara memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan
  4. Cara keluarga mengenali masalah hipertensi
  5. Cara keluarga merawat klien dengan hipertensi

 

Perawat komunitas memperoleh hasil pengkajian, 30% kelompok usia lansia mengalami hipertensi, 60% lansia memiliki kebiasaan merokok, dan memiliki pilihan makanan bersantan dan ikan asin. Perawat perlu mengetahui pemenuhan kebutuhan makanan pada lansia hipertensi. Apakah data sub sistem komunitas yang akan dikaji pada kasus tersebut?

  1. Data inti
  2. Statistik vital
  3. Ekonomi
  4. Demografi
  5. Persepsi

 

Saat kunjungan rumah, perawat melakukan evaluasi pada seorang laki-laki berusia 34 tahun dengan TBC dan sedang menjalankan program minum obat anti tuberculosis sejak 1 bulan yang lalu dari Puskesmas. Hasil anamnesis, klien mengelum malas minum obat lagi karena merasa tidak ada perubahan. Apakah edukasi kesehatan yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Menjelaskan efek samping obat
  2. Menjelaskan efek normal obat
  3. Menjelaskan efek toksik obat
  4. Menjelaskan efek utama obat
  5. Menjelaskan akibat putus obat

 

 

KEP GERONTIK

Seorang perempuan berumur 61 tahun mengeluh nyeri pada lutut, terutama pada pagi hari atau cuaca dingin sehingga menyebabkan pincang sewaktu berjalan. Hasil pengkajian didapatkan lutut teraba hangat skala nyeri 3-4. Apakah masalah keperawatan utama pada kasus tersebut?

  1. Ketidakefektifan pemeliharaan kesehatan
  2. Gangguan gaya berjalan
  3. Intoleran aktivitas
  4. Mobilitas fisik
  5. Hambatan mobilitas fisik

 

Seorang laki-laki berusia 60 tahun dirawat dengan post operasi katarak mata sebelah kanan. Hasil pengkajian pasien direncanakan pulang dan perawat melakukan edukasi pada keluarga cara memberikan obat tetes mata. Apakah informasi yang tepat pada kasus tersebut?

  1. Cuci mata pasien dengan air mengalir dan teteskan obat mata
  2. Tarik kelopak mata atas kemudian teteskan dan pejamkan mata
  3. Buka mata pasien, teteskan obat mata kemudian segera tutup dengan verban
  4. Teteskan pada bola mata kemudian anjurkan untuk memejamkan mata
  5. Anjurkan melihat ke atas, tarik kelopak mata bawah teteskan pada konjungtiva.

 

Seorang laki-laki berusia 64 tahun tinggal di panti werdha mengeluh kakinya lecet saat mengenakan sandal baru yang kekecilan sehingga menyebabkan luka yang belum sembuh sejak 2 minggu yang lalu. Saat diperiksa kadar gula darah klien 350m/dl, kulit kaki terdapat luka dan kulit sekitarnya kering serta turgor tidak elastik. Apakah diagnosa keperawatan pada klien?

  1. Kerusakan integritas kulit
  2. Pemeliharaan kesehatan tidak efektif
  3. Managemen kesehatan tidak efektif
  4. Defisit perawatan diri
  5. Ketidakseimbangan gula darah

 

Seorang perempuan berusia 69 tahun tinggal di panti werdha yang baru 1 minggu tinggal di panti, mengeluh tidak napsu makan karena sepi dan belum ada yang dikenalnya. Hasil pengkajian klien hanya menghabiskan 2-3 sendok makan dari porsi makannya. Apakah intervensi untuk mengatasi masalah klien?

  1. Sajikan makanan dalam keadaan hangat
  2. Hitung kebutuhan kalori lansia
  3. Ajak makan bersama
  4. Hitung berat badan lansia
  5. Kaji kebiasaan dan makanan kesukaan

 

Seorang wanita berusia 70 tahun mengeluh kakinya bersisik, kering, dan sehingga terasa gatal dan ingin menggaruk. Klien mengatakan selalu mandi dengan sabun mandi antiseptik. Hasil pengkajian klien terdapat luka bekas garukan. Apakah intervensi keperawatan yang tepat?

  1. Anjurkan lebih sering mandi
  2. Berikan salep kulit
  3. Mandi dengan air hangat
  4. Perawatan kulit
  5. Mandi dengan sabun bayi

 

Seorang laki-laki 75 tahun mengeluhkan telinga sering gatal dan kurang bisa mendengar saat orang lain berbicara serta sering menjawab salah terhadap pertanyaan yang diajukan. Hasil pengkajian menunjukan terdapat tumpukan serumen pada kedua telinga lansia. Apakah intervensi keperawatan yang tepat untuk klien tersebut?

  1. Ekstraksi serumen
  2. Menggunakan alat bantu dengar
  3. Irigasi telinga
  4. Gunakan bahasa tubuh saat berbicara
  5. Hindari kebisingan

 

Seorang perempuan berusia 67 tahun tinggal di panti werdha mengeluh pada perawat yang datang berkunjung tidak napsu makan dan cenderung mau makan yang lunak, tidak mau makan lauk pauk yang diberikan. Hasil pengkajian perawat didapatkan gigi yang sudah tidak utuh (banyak yang tanggal) serta tampak karies gigi sehingga berat badan menurun 1 kg dalam 2 minggu terakhir. Apakah masalah keperawatan yang tepat pada klien?

  1. Gangguan pencernaan
  2. Defisit nutrisi
  3. Ketidakmampuan mengabsorpsi nutrien
  4. Gangguan nutrisi
  5. Gangguan menelan

 

Seorang laki-laki berumur 78 tahun tinggal di panti mengeluh sesak. Klien menyatakan tidak mampu batuk efektif untuk mengeluarkan dahak. Klien menyatakan perokok aktif sejak usia 20 tahun. Hasil pemeriksaan fisik didapatkan data tekanan darah 165/90 mmHg, terdengar suara ronkhi frekuensi napas 27 x/menit, nadi 83 x/menit, tampak retraksi dada. Apakah diagnosis keperawatan utama klien?

  1. Ketidakefektifan pola napas
  2. Bersihan jalan napas tidak efektif
  3. Pemenuhan kebutuhan cairanlebih dari kebutuhan
  4. Gangguan pertukaran gas
  5. Gangguan perfusi serebral

 

Seorang laki-laki berusia 75 tahun tinggal bersama keluarganya, klien menggunakan protesis pada salah satu ekstremitas bawah sejak kecelakaan 3 tahun yang lalu, sedangkan kaki kirinya  terasa lemah untuk berjalan sejak 1 minggu terakhir. Hasil pengkajian perawat menunjukakan kekuatan otot kaki menurun, kabel listrik tidak rapi dan perabotan tidak tertata dengan baik serta lantai yang tidak rata. Apakah masalah keperawatan utama pada kasus tersebut?

  1. Risiko jatuh
  2. Intoleransi aktivitas
  3. Risiko cidera
  4. Gangguan mobilitas fisik
  5. Keletihan

 

Seorang lansia 67 tahun menderita stroke sejak 1 bulan yang lalu dan mengalami kelemahan pada ekstremitas atas dan bawahnya. Klien tidak mampu ke kamar mandi. Hasil pengkajian klien selalu berada ditempat tidur, tercium bau pesing ditempat tidur, rambut acak-acakan dan tercium bau badan, rambut tampak kotor dan bau, serta bau badan yang menyengat. Apakah masalah keperawatan utama pada klien?

  1. Konfusi kronis
  2. Pemeliharaan kesehatan tidak efekktif
  3. Kerusakan integritas kulit
  4. Managemen kesehatan tidak efektif
  5. Defisit perawatan diri

 

MANAJEMEN KEPERAWATAN

Seorang kepala ruang rawat inap akan menghitung kebutuhan tenaga dengan rumus Gillies. Kepala ruangan mencari data dan jumlah jam keperawatan perhari. Apakah data lain yang perlu diidentifikasi?

  1. Jumlah hari libur perawat perminggu
  2. Jumlah hari libur perawat
  3. Hari libur dan cuti dalam 1 tahun
  4. Jumlah jam kerja perawat perminggu
  5. Jumlah hari libur nasional

 

Di ruang rawat inap menerapkan metode penugasan dimana ada seorang perawat profesional yang bertanggungjawab terhadap sekelompok pasien selama 24 jam. Ketika perawat tersebut sedang tidak bertugas asuhan pasien dilakukan oleh perawat associate. Apakah metode penugasan yang digunakan di ruangan tersebut?

  1. Moduler
  2. Fungsional
  3. Tim
  4. Perawatan primer
  5. Kasus

 

Kepala ruang rawat inap akan merubah metode penugasan dan fungsional ke metode tim, sehingga kepala ruangan harus menghitung kembali kebutuhan tenaga yang dibutuhkan dalam satu ruangan. Kepala ruangan mencari data jumlah rata-rata pasien dirawat perhari, banyaknya hari libur dalam 1 tahun dan tingkat ketergantungan pasien. Apakah data lain yang diperlukan?

  1. Tingkat kegawatan pasien
  2. Banyaknya tindakan ke pasien
  3. Diagnosa penyakit pasien
  4. Jam kerja perawat perhari
  5. Lamanya pasien dirawat

 

Seorang perawat pelaksana di ruang rawat inap sedang melakukan pengkajian pasien baru kemudian menilai risiko pasien jatuh dengan menggunakan skala Morse. Setelah itu perawat memasangkan gelang/klip warna kuning. Apakah hasil penilaian tersebut?

  1. Risiko ringan
  2. Tidak berisiko
  3. Cukup berisiko
  4. Kurang berisiko
  5. Risiko tinggi

 

 

Seorang kepala ruangan rawat inap setiap hari selalu mengikuti timbang terima, menilai tingkat ketergantungan pasien dari mengidentifikasi jumlah perawat yang hadir pada pagi itu. Apakah bentuk fungsi manajemen yang sedang dilakukan tersebut?

  1. Pengarahan
  2. Ketenagaan
  3. Perencanaan
  4. Pengorganisasian
  5. Pengendalian

 

 

Seorang ketua tim bertugas dengan perawat pelaksana yang sudah senior dan kompeten. Ketua tim hanya mengarahkan tindakan yang penting-penting saja kepada anggota timnya. Apakah gaya kepemimpinan perawat tersebut?

  1. Transaksional
  2. Laissez-faire
  3. Demokratik
  4. Transformasional
  5. Autokratik

 

Seorang perawat ketua tim setelah menilai tingkat ketergantungan pasien kemudian menghitung jumlah kebutuhan tenaga yang dibutuhkan untuk melakukan asuhan keperawatan pada shift tersebut. Ketua tim melapor kepada kepala ruangan supaya ada penambahan tenaga. Apakah fungsi managemen yang sedang dilakukan tersebut?

  1. Ketenagaan
  2. Pengendalian
  3. Perencanaan
  4. Pegorganisasian
  5. Pengarahan

 

 

KEP JIWA

Seorang laki-laki, usia 45 tahun dirawat di RSJ karena mudah marah, membanting barang dan tidak melakukan kegiatan sehari-hari. Keluarga mengatakan semenjak istrinya meninggal, pasien sering di kamar dan tidak pernah ikut ngobrol. Hasil pengkajian pasien mengatakan merasa bersalah pada istrinya, afek datar, kontak mata (-), kalau ditanya jawaban singkat dan lebih senang sendiri. Apakah rencana tindakan keperawatan pada kasus tersebut?

  1. Ajarkan cara berkenalan secara bertahap
  2. Ajarkan cara mengontrol marah
  3. Diskusikan kemampuan yang dimiliki
  4. Ajarkan cara mengontrol halusinasi
  5. Ajarkan cara merawat diri

 

Seorang laki-laki berusia 27 tahun, dirawat di RSJ karena meminum 30 butir obat penenang. Keluarga mengatakan pasien dinyatakan harus mengulang proses penelitiannya sebagai syarat menjadi seorang sarjana. Hasil pengkajian: tidak sanggup lagi hidup karena mengecewakan keluarga, teriak-teriak, dan berusaha melukai petugas yang menenangkannya. Apakah rencana tindakan pada kasus tersebut?

  1. Diskusikan rencana masa depan
  2. Pastikan lingkungan yang aman
  3. Diskusikan aspek positif pasien
  4. Diskusikan aspek positif keluarga
  5. Kolaborasi pemberian antipsikotik injeksi

 

Seorang laki-laki usia 35 tahun, dirawat d RSJ 3 hari yang lalu karena bicara kacau dan tidak mau merawat diri. Hasil pengkajian: menggunakan baju berlapis-lapis, rambut gimbal, bicara ketus. Perawat selalu membuat janji pertemuan dan menepatinya, jika ada halangan perawat memberitahu dan membuat kontrak ulang. Apakah prinsip etik yang digunakan oleh perawat pada kasus tersebut?

  1. Non-maleficience
  2. Fidelity
  3. Veracity
  4. Beneficience
  5. Autonomy

 

Seorang laki-laki, berusia 20 tahun, dirawat di RSJ alasan masuk marah-marah, membanting barang di rumah, dan bicara kacau. Hasil pengkajian: bicara kasar, ekspresi tegang, tatapan mata tajam, dan selalu mengajak berdebat lawan berbicara. Pasien mengatakan kesal pada semua orang karena dipaksa dirawat di RSJ. Apakah masalah keperawatan pada kasus tersebut?

  1. Halusinansi
  2. Koping individu tidak efektif
  3. Risiko perilaku kekerasan
  4. Defisit perawatan diri
  5. Rejimen terapi inefektif

 

Seorang perempuan usia 16 tahun, datang ke poliklinik psikiatri RSJ karena sering menangis, makan dan perawatan diri harus dipaksa keluarga, mudah tersinggung dan tidak mau sekolah sejak dua minggu yang lalu. Pasien mengatakan dirinya bodoh karena mendapatkan nilai rendah untuk mata pelajaran yang selama ini dirinya kuasai. Pasien juga malu karena mendapat ejekan dari teman-temannya karena hal ini. Apakah rencana tindakan keperawatan pada kasus tersebut?

  1. Bantu berinteraksi secara bertahap
  2. Diskusikan manfaat perawatan diri
  3. Diskusikan aspek positif diri
  4. Bantu penuhi kebutuhan dasar
  5. Latih cara mengatasi marah

 

Seorang perempuan usia 30 tahun, dirawat di RSJ karena marah-marah tanpa sebab serta bicara dan tertawa sendiri. Menurut keluarga pasien sudah dirawat di RSJ tiga kali dalam dua tahun terakhir. Pasien mengatakan ayahnya otoriter, sejak kecil sering diejek oleh teman sekolahnya karena pemalu dan mulai SMP mulai minum-minuman keras. Sebulan yang lalu, suami pasien menggugat cerai dan saat ini adik pasien juga sedang dirawat di RSJ. Apakah pencetus terjadinya masalah pada kasus tersebut?

  1. Faktor keturunan
  2. Pola asuh orang tua
  3. Putus obat
  4. Konflik rumah tangga
  5. Perundungan di masa kecil

 

 

 

 

 

 

TO UKNI OKTOBER 2021

KMB

Seorang laki laki 28 tahun, dirawat di ruang bedah dengan cedera kepala. Hasil pengkajian kesadaran: pasien membuka mata dengan dipanggil nama, disorientasi saat diajak berbicara, pasien saat diberi rangsang nyeri pasien melokalisir nyeri. Berapakah GCS pada kasus tersebut?

A. E5M4V4

B. E5M3V3

C. E3M5V4

D. E3M4V4

E. E3M4V5

 

Seorang  pria  berumur  45 tahun dirawat karena Tumor Otak.  TD: 130/90 N: 88 RR: 20 x/menit. Perawat mengkaji pemeriksaan romberg test.  Hasil yang didapat dari pemeriksaan tersebut?

 

Pasien dengan Apendiktomi, dengan keluhan: pasien mengatakan nyeri pada abdomen bawah, skala nyeri 5, pasien mengatakan tidak bisa tidur dan merasa cemas. Dengan TD:  RR : 23 x/menit, Nadi: 95 x/menit. Apakah keluhan utama pasien tersebut?

A.     Nyeri akut

B.      Gangguan pola tidur

C.      Harga diri rendah situasional

D.     Anxietas

E.      Gangguan citra tubuh

 

Seorang perawat akan melakukan tindakan keperawatan pemasangan kateter tetapi pasien menolaknya dengan alasan takut dengan tindakan tersebut. Apakah prinsip etik pada kasus di atas?                             

A. Fidelity

B. Veracity

C. Otonomi

D. Beneficience

D. Confidentiality

 

Seorang laki-laki usia 35 tahun, pasien dengan hematorax akan dilakukan pemasangan WSD. Setelah dipasang hari pertama dan berikutnya kantong berisi cairan, namun pada hari ke 5 pasien mengeluh sesak nafas tetapi kantong tidak berisi cairan. Apakah tindakan keperawatan yang tepat pada kasus di atas?

 

Seorang pasien di diagnosa suatu penyakit dan harus dilakukan operasi, akan tetapi pasien menolaknya karena takut, kemudian perawat menjelaskan tentang prosedur operasi, setelah diberikan penjelasan oleh perawat pasien bersedia dan menyetujui tindakan operasi tersebut. Apakah prinsip etik yg dilakukan oleh perawat pada kasus di atas?                              

A. Fidelity

B. Veracity

C. Autonomi

D. Beneficience

D. Confidentiality

 

Pasien akan dilakukan tindakan pemasangan NGT. Saat selang masuk, pasien tiba-tiba sesak nafas. Tindakan apa yang tepat dilakukan?

A. Peningkatan oksigen tekanan positif

B. Mencabut selang NGT

C. Memiringkan pasien ke arah sebelah kiri

 

Seorang pasien dirawat di ruang penyakit dalam dan di diagnosa HIV (+). Pasien meminta perawat untuk tidak menceritakan pada orang lain terkait kondisinya. Apakah prinsip etik pada kasus tersebut?

A.        Justice

B.         Veracity

C.        Autonomy

D.        Beneficence

E.         Confidentiality

 

Seorang perempuan usia 64 tahun dirawat di ruang penyakit dalam. Di saat pengkajian didapatkan data pasien mengeluh mual, nafsu makan menurun, edema +4 di ekstremitas bawah dan asites (+). Pasien juga mengeluh susah untuk menggerakkan kakinya serta merasa sesak. TTV didapatkan TD: 110/70, frekuensi nafas 25 x/menit, dan frekuensi nadi 76 x/menit. Apa masalah keperawatan utama pasien tersebut?

A.     Defisit nutrisi

B.      Penurunan curah jantung

C.      Kelebihan volume cairan

D.     Pola nafas tidak efektif

E.      Intoleransi aktivitas

 

Seorang wanita berusia 63 tahun dirawat di ruang penyakit dalam,  saat perawat mengobservasi pernafasan diperoleh data bahwa pasien terlihat gelisah, terdapat retraksi otot pernafasan, nafas cuping hidung. Hasil pemeriksaan TTV diperoleh : TD 140/100  mmHg, Nadi 90 x/menit, RR: 32 x/menit, suhu: 380C.  Apakah masalah keperawatan utama pada klien di atas?

A. Ketidakefektifan pola nafas

B. Gangguan pertukaran gas

C. Gangguan rasa nyaman

D. Kecemasan

E. Hipertermi

 

Seorang laki-laki 45 tahun dirawat di ruang bedah karena luka bakar. Hasil pengkajian: terdapat luka bakar derajat 2, bula pada dada dan perut, punggung dan kedua tangan BB 70 kg, TB 169 cm. Berapakah persentase luar luka bakar dari kasus tersebut?

A. 60%

B. 54 %

C. 45 %

D. 36 %

E. 27 %

 

Seorang perawat sedang melakukan tindakan hygiene pada pasien, perawat tersebut menutup tirai sebelum memandikan klien sehingga pasien lain tidak bisa melihat klien yang sedang di mandikan. Apakah prinsip etik yang sedang dijalankan perawat tersebut?

A. Otonomi

B. Veracity

C. Justice

D. Confidentialy

E. Fidelity

 

Seorang laki-laki usia 65 tahun mengalami gangguan menelan lalu akan dilakukan tindakan pemasangan NGT, perawat meminta persetujuan kepada keluarga pasien. Apakah prinsip etik keperawatan yang dilakukan perawat?

A.     Veracity

B.      Fidelity

C.      Autonomy

D.     Non maleficience

E.      Justice

 

Seorang perempuan berusia 35 th dirawat di RS karena mengalami patah kaki akibat kecelakaan motor sehingga harus diamputasi. Hasil pengkajian pasien terlihat banyak diam, menolak dikunjungi dan mengatakan "andai saja saya hati-hati pasti tidak terjadi seperti ini"..Apakah tahap berduka yang dialami?

A. Denial

B. Anger

C. Bargaining

D. Depresi

E. Acceptance

 

Seorang laki-laki 45 tahun mengeluh seluruh punggungnya pegal dan kaku selama 3 hari, meskipun sudah meminum obat gejala tidak hilang, pasien merupakan karyawan di perusahaan sebuah majalah, apa yg harus dikaji oleh perawat pada kasus di atas?

A. Nutrisi

B. Pola istirahat dan tidur

C. Mobilitas

D.

E.

 

Seorang laki-laki, usia 23 tahun mengalami hipovolemia, mendapatkan terapi cairan NaCl 0,9% dimulai dari pukul 16:00. Jumlah cairan 500 cc dengan 40 tpm akan habis di jam berapakah?

A. 18

B. 19

C. 20

D. 21

E. 22

 

Seorang pasien akan dilakukan operasi appendictomi, namun pasien menolak karena takut, kemudian perawat menjelaskan akibat jika tidak dilakukan operasi, lalu perawat menyerahkan kembali keputusan di pasien. Apakah prinsip etik yang dilakukan oleh perawat?

A. Autonomy

B. Justice

C. Benefience

D. Vericity

E. Fidelity

 

Seorang perempuan 45 tahun dirawat di ruang penyakit dalam mengeluh lemah. Hasil pengkajian edema tungkai  +3 dan shifting dullnes pada abdomen, mual, TD 100/60 mmHg, nadi 110 x/mnt, suhu 36,7°C, RR 24 x/mnt, kalium 7,4, albumin 1,5. Apakah intervensi prioritas pada pasien tersebut?

A.     Memberikan posisi nyaman pasien

B.      Monitoring intake dan output cairan

C.      Terapi diet

D.     Managemen aktifitas

E.      Monitoring TTV

 

Seorang perempuan umur 46 tahun dirawat di RS mengalami luka bakar. Hasil pengkajian nyeri, wajah meringis, luka bakar pada bagian dada, seluruh lengan kiri dan seluruh kaki kiri. Berapakah persentase luka bakar yang terjadi pada pasien?

A. 18%

B. 27%

C. 36%

D. 45%

E. 49%

 

Seorang pria usia 25 tahun dirawat di bangsal penyakit dalam dengan suspect DBD. Pada saat pengkajian didapatkan data pasien mengeluh nyeri sendi. TD 130/70, RR: 22, nadi: 85, suhu: 38,7°C. Saat ini perawat akan melakukan pemeriksaan rumpel leed. Apakah hasil dari pemeriksaan tersebut?

A. Ekimosis

B. Purpura

C. Petekie

Seorang pasien laki-laki umur 30 tahun dirawat di ruang bedah pascaoperasi ORIF. Hasil pengkajian: Pasien masih takut menggerakan kakinya, nyeri sudah berkurang. Perawat sedang melakukan latihan ambulasi pasca operasi sesuai dengan kontrak waktu yang disepakati yaitu pukul 10.00 WIB. Etika apa yang diterapkan dalam kasus tersebut?

A.      Autonomy

B.      Confidentialy

C.      Beneficence

D.     Fidelity

E.      Veracity

 

Seorang pasien laki-laki berusia 45 tahun, dibawa ke ruang bedah karena mengalami luka bakar, terdapat bula pada dada, perut, punggung dan kedua lengannya. Berapakah luas luka bakar pada pasien tersebut?

A. 60%

B. 54%

C. 30%

D. 25%

E. 80%

 

Seorang perempuan berusia 30 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan sesak nafas. Pemeriksaan : TD : 130/80, N: 87 x/mnt, R: 24 x/mnit, S: 37.6 °C serta foto thorax emfisema. Perawat melakukan perkusi dada dan paru. Apa hasil pemeriksaan perkusi pada perawat?

A. Datar

B. Timpani

C. Redup

D. Resonan

E. Hiperresonan

 

KEP GADAR

Laki-laki (65 tahun) dirawat di ICU dengan gangguan AV block. Pasien mengeluh sesak nafas, ortopnea, terasa nyeri dada sebelah kiri, dan lemas. Hasil TTV TD: 160/100 mmHg, N: 95 x/menit, RR: 27 x/menit. Hasil interpretasi EKG: AV block derajat 2. Apakah masalah keperawatan pada kasus di atas?

A. Nyeri akut

B. Penurunan curah jantung

C. Intoleransi aktivitas

D. Pola napas tidak efektif

E. Ketidakefektifan perfusi jaringan perifer

 

Seorang pasien berusia 35 tahun datang ke IGD dengan luka bakar di daerah abdomen, tangan kiri, kaki kiri. Berapa luas luka bakar pasien tersebut?

A.     20%

B.      36%

C.      27 %

D.     18%

E.      40%

 

Seorang laki-laki usia 40 tahun, dirawat di ruangan dengan luka bakar di bagian dada, kedua ekstremitas bawah. TD 120/80 mmHg, N 90 x/menit, RR 22 x/menit, T 38.5 °C, BB 50 kg, TB 165 cm. Berapa kebutuhan cairan yang dibutuhkan dalam 24 jam pertama?

 

Laki-laki usia 25 tahun diantar ke UGD  karena trauma kepala akibat kecelakaan, hasil pengkajian GCS didapatkan data mata membuka rangsangan nyeri, mampu mengerakan tangan dan mengikuti perintah, berapakah nilai GCS pasien?

A.     10

B.      11

C.      13

D.     14

E.      8

 

Seorang perawat dinas shift malam di IGD. Pada saat bersamaan masuk 5 pasien. Pasien A mengeluh sakit kepala hebat, Pasien B dengan luka tusuk abdomen, Pasien C dengan sesak nafas frekuensi nafas 40 x/menit, Pasien D dengan serangan jantung dan Pasien E dengan fraktur pelvis. Pasien manakah yang menjadi prioritas utama?

A.     Pasien A

B.      Pasien B

C.      Pasien C

D.     Pasien D

E.      Pasien E

 

Pasien datang ke UGD, akan dilakukan tindakan Apendiktomi. Dengan keluhan: pasien mengatakan nyeri pada abdomen bawah, skala nyeri 5, pasien mengatakan tidak bisa tidur dan merasa cemas. Dengan TD : 120/80 RR : 23 x/menit Nadi : 95 x/menit. Apakah keluhan utama pasien tersebut?

A.     Nyeri akut

B.      Gangguan pola tidur

C.      Harga diri rendah situasional

D.     Anxietas

E.      Gangguan citra tubuh

 

KEP ANAK

Pasien anak D usia 14 tahun berat badan 50 kg mengalami diare 3 hari, sehari BAB cair lebih dari 5x, mual dan muntah. Berapa kebutuhan cairan pasien tersebut:

A.     2100

B.      3500

C.      4000

D.     5000

Seorang ibu membawa anaknya usia 9 bulan untuk imunisasi. Saat ini anak sehat dan tidak demam.  Imunisasi apakah yang bisa diberikan saat ini?

A.     Hepatitis B

B.      BCG

C.      DPT

D.     Polio

E.      Campak

 

Seorang anak (3 tahun) dibawa ke Puskesmas dengan keluhan; anak rewel, BAB cair dengan frekuensi 4x/24 jam, mual muntah, sakit perut dan mata cekung. Hasil pengkajian: suhu 37,5° C, frekuensi napas 32 x/menit, frekuensi nadi 98 x/menit dan BB 12 kg. Apakah masalah keperawatan utama pada anak?

A.     Defisit nutrisi

B.      Nyeri akut

C.      Diare

D.     Inkontinensia fekal

E.      Kekurangan volume cairan

 

Seorang ibu baru melahirkan bayi, akan dilakukan imunisasi pada bayi tersebut, apakah imunisasi yang tepat yang diberikan pada bayi tersebut?

A. Hb 0

B. DPT

C. Campak

D. Polio

E. BCG

 

Seorang bayi (6 hari) dirawat di Rumah sakit dengan Hiperbilirubinemia. Hasil pengkajian: bayi menolak menyusui, kulit dan sklera tampak kuning, kulit teraba dingin, suhu tubuh 36,5 C, frekuensi napas 37 x/menit, frekuensi nadi 116 x/menit, kadar bilirubun >5mg/dL. BB 2200 gr dan TB 46 cm.  Apakah masalah keperawatan yang tepat?

A.     Menyusui tidak efektif

B.      Ikterik neonatus

C.      Risiko infeksi

D.     Defisit nutrisi

E.      Hipotermia

 

Seorang anak dibawa ibunya ke poliklinik tumbuh kembang untuk pemeriksaan. Hasil pengkajian  tanggal lahir anak 25 Januari 2017. Tanggal pemeriksaan 03 Oktober 2021. Berapakah usia anak pada kasus tersebut?

A.     4 thn 9 bln 8 hr

B.      4 thn 8 bln 8 hr

C.      5 thn 9 bln 9 hr

D.     5 thn 8 bln 9 hr

E.      5 thn 9 bln 8 hr

 

Seorang anak berusia 4 tahun terdiagnosis typhoid. Anak merasa lemas karena mual dan muntah sejak 2 hari yang lalu. Hasil pengkajian perawat mukosa bibir kering, turgor kulit jelek, mata cekung, N 110 x/menit, RR 20 x/menit, S 38,8 °C. Ibu pasien tidak tahu apa yg terjadi pada anaknya. Apakah masalah keperawatan yang tepat?

A.     Defisit Nutrisi

B.      Hipertermi

C.      Hipovelemia

D.     Intoleransi aktivitas

E.      Kurang pengetahuan

 

Bayi datang ke pelayanan kesehatan umur 1 bulan, dan bayi baru mendapatkan imunisasi Hb0 dan injeksi Vit K, imunisasi apakah yang diberikan ke bayi tersebut?

 

KEP MATER

Seorang wanita G1P0A0 datang untuk memeriksakan kandungannya. HPHT 21 Januari 2021. TFU setinggi pusat. Berapakah usia kehamilannya?

A. 16 minggu

B. 20 minggu

C. 24 minggu

D. 28 minggu

E. 32 minggu

 

Pasien dengan G2P1A2 sedang di ruang bersalin, mengeluhkan perut merasa sakit, kepala janin terlihat, perenium menonjol, pembukaan lengkap. Tindakan perawat yang dilakukan?

A. Observasi DDJ janin

B. Siapkan alat

C. Anjurkan meneran

D. Observasi uterus

E. Observasi

 

Seorang perempuan 36 tahun ke klinik KIA dengan usia kandungan 33 minggu untuk memeriksakan kandungannya. Setelah dilakukan pengkajian didapatkan data bahwa pernah mengalami keguguran 2 kali pada tahun 2019. Sekarang adalah kehamilan ketiga dan sering merasakan lelah saat beraktifitas. Bagaimanakah cara penulisan status obstetri pada kasus di atas?

A.     G3P2A0

B.      G2P1A3

C.      G3P0A2

D.     G3P2A2

E.      G2P3A2

 

Seorang ibu berusia 35 tahun G3P2A0 dengan mempunyai riwayat hipertensi dengan tekanan darah 150/90 mmHg ibu tersebut akan memilih KB yang tepat yaitu?

A.     MOW

B.      IUD

C.      Suntik

D.     Pil

E.      Senggama terputus

 

Ibu hamil mengeluh mual di pagi hari. TTV normal

A.     Berikan obat antimual

B.      Anjurkan makan sedikit sedikit tapi sering

C.      Anjurkan makanan tinggi serat

D.     Anjurkan makan tinggi protein

 

Klien ibu hamil usia 27 tahun dengan status G4P2A1 mengatakan bahwa periode menstruasi terakhir pada tanggal 12 Oktober.  Berapakah taksiran persalinan yang tepat untuk klien?

A. 5 Juni

B. 19 Juni

C. 5 Juli

D. 19 Juli

E. 21 Juli

 

Seorang perempuan berusia 37 tahun, dengan usia kehamilan 25 minggu datang ke poliklinik KIA untuk memeriksakan kehamilan. Hasil pemeriksaan: tahun 2008 melahirkan bayi perempuan dengan agestasi kehamilan 34 minggu, tahun 2010 melahirkan bayi perempuan dengan gestasi kehamilan 30 minggu, tahun 2011 melahirkan bayi perempuan dengan gestasi kehamilan 37 minggu, dan tahun 2017 mengalami keguguran dengan usia kehamilan 15 minggu. Bagaimana cara penulisan status obstetri pada kasus di atas?

A. G5P4A1

B. G5P3A1

C. G5P5A1

D. G4P4A1

E. G4P5A1

 

Pasien datang ke genologi dengan keluhan mual muntah, lemas HPHT 30 Mei 2021. Berapakah taksiran tanggal kelahiran?

A.     29 Februari 2022

B.      9 Februari 2022

C.      29 Maret 2022

D.     9 Maret 2022

E.      1 Mei 2022

 

Seorang ibu G1P0A0 usia  23 tahun datang ke poly kandungan untuk memeriksakan kehamilannya. Hasil pengkajian didapatkan data HPHT tanggal 29 Juli 2021. Hasil pemeriksaan TD = 110/70 mmHg, RR = 18 x/menit dan HR = 80 x/menit. Kapan taksiran persalinan pada kasus di atas?

A. 5 April 2022

B. 6 April 2022

C. 7 Mei 2022

D. 9 Januari 2022

E. 20 Desember 2021

 

Seorang perempuan 28 tahun, hamil G1P0A0 menyatakan hari pertama menstruasi terakhir tanggal 1-11-2018. Datang ke rumah sakit untuk memeriksa kehamilannya. Berdasarkan pemeriksaan tinggi fundus uteri pasien 28 cm, hasil USG dinyatakan normal. Berapakah usia kehamilan pasien tersebut?

A. 24 minggu

B. 22 minggu

C. 32 minggu

D. 28 minggu

E. 20 minggu

 

NY.Y usia 25 tahun dengan G1P0A  datang memeriksakan kehamilan di poli KIA, hasil pemeriksaan didapatkan TFU 21 cm, TD 100/70 mmhg, Nadi 80 x/m, RR 20 x/m, S 36.5 °C. Berapakah usia kehamilanya ny.Y saat ini?

A. 20 minggu

B. 24 minggu

C.28 minggu

D. 30 minggu

E. 32 minggu

 

Seorang perempuan, G1P0A0, kontrol ke poliklinik dengan TFU 35 cm, berapa tafsiran  usia kehamilan pasien?

A. 40 mgg

B. 39 mgg

C. 38 mgg

D. 37 mgg

E. 35 mgg

 

Seorang perempuan usia 35 tahun, datang ke ruang poli KIA. Dengan riwayat obstetrik G3P3A0, anak terkecil usia 3 bulan dan masih memberikan ASI. Hasil pemeriksaan: TD 110/80 nadi 89 x/menit frekuensi nafas 20 x/menit. Alat kontrasepsi apa yang sesuai pada kasus tersebut?

A. Pil KB

B. Suntik

C. Implan

D. IUD / AKDR

E. Kontrasepsi Mantap

 

Seorang ibu usia 40 tahun mengunjungi pemeriksaan KIA untuk konsultasi KB, hasil pengkajian didapatkan mempunyai anak 5, TD 120/80 mmHg, N 82 x/menit, RR 18 x/menit. KB apakah yang cocok untuk ibu tersebut?

A. Kondom

B. Vasektomi

C. Tubektomi

D. Suntik 1 bulan

E. IUD

 

Seorang ibu memeriksakan kehamilannya G1P0A0 dengan umur kehamilan 22 minggu dengan keluhan ada perdarahan pervagina. Setelah diperiksa ternyata sudah tidak terdengar DJJ. Perawat berusaha menjelaskan kepada ibu dan keluarga. Apakah prinsip etik yang dilakukan oleh perawat pada kasus di atas?                             

A. Fidelity

B. Veracity

C. Autonomi

D. Beneficience

D. Confidentiality

 

Seorang ibu usia 35 tahun mengunjungi pemeriksaan KIA dengan riwayat DM, untuk konsultasi KB, pengkajian ....  Apakah KB yang cocok untuk ibu tersebut?

A. Suntik

B. Implan

C. Kondom

D. Pil KB

E.

 

Seorang perempuan berusia 21 tahun didapatkan data kehamilan sekarang adalah kehamilan ketiga, anak pertama perempuan berusia 21 bulan G1P0A0 hamil 20 minggu. Saat ini mengeluh mual muntah terutama pada pagi hari, nafsu makan menurun.  Apakah anjuran yang diberikan kepada pasien tersebut?

A. Makan sedikit tapi sering

B. Duduk tegak setelah selesai makan

C. Bangun dari tidur secara perlahan lahan

D.

E.

 

Seorang perempuan usia 23 tahun, datang ke Puskesmas hendak melakukan pemasangan kontrasepsi. Hasil pemeriksaan: TD 120/60 nadi 80 x/menit frekuensi nafas 20 x/menit keadaan umum tanpa riwayat penyakit. Alat kontrasepsi apa yang sesuai pada kasus tersebut ?

A. Suntik

B.  Pil KB

C. Implan

D. IUD

E. Kondom

 

Perempuan datang ke poli KIA puskesmas dengan keluhan mual, pusing, lemes, TD 100/60 mmHg, Nadi 88 x/mnt, RR 22 x/mnt. HPHT tgl 30 Mei 2020, tgl berapa  perkiraan lahirnya?

A.     9 Januari 2021

B.      9 Februari 2021

C.      8 Maret 2021

D.     8 Februari 2021

E.      10 Februari 2021

 

Seorang perawat yang sedang berdinas di pagi hari akan melakukan vulva hygiene pada pasien. Kemudian perawat tersebut menutup tirai agar pasien yang lainny tidak melihat tindakan perawat. Apakah prinsip etik yang dilakukan perawat?

A. Otonomy

B. Nonmalficience

C. Justic

D. Veracity

E. Confidenlity

 

KEP JIWA

Seorang laki laki 43 tahun memakai lilitan sorban dikepala dirinya mengaku sebagai ulama besar dan selalu berceramah ke tetangga sekitar. Apakah masalah keperawatan pada kasus di atas?

A. Waham somatik

B. Waham nihilstik

C. Waham agama

D. Waham kebesaran

E. Waham curiga

 

Seorang laki laki usia 45 tahun di bawa ke rsj karena ingin memotong urat nadinya, serta tiba tiba marah marah karena ditinggal istrinya 1 bulan yang lalu, pasien pernah di bawa ke RSJ sebelumnya karena penggunaan obat obat terlarang. Apakah faktor presipitasi pada kasus di atas

A. Di tinggal orang yang di cintai

B. Memakai obat obat terlarang

C.

D.

E.

 

Seorang wanita usia 56 tahun dirawat di RSJ memiliki riwayat di ceraikan  suaminya. Pada saat dikaji pasien menunjukkan perilaku gelisah, lebih sering melamun dan mengatakan "seandainya suami saya mengetahui kejadian yang sebenarnya, dia tidak akan menceraikan saya ". Apakah tahap berduka yang di alami pada kasus tersebut?

A. Denial

B. Anger

C. Bargaining

D. Depression

E. Acceptance

 

Pasien X umur 35 tahun masuk RSJ dengan keluhan marah marah karena mendengar suara bisikan, setelah ditinggal cerai  istrinya dan 1 bulan yang lalu di PHK dari tempat kerjanya. Ibu pasien memiliki riwayat gangguan  jiwa.  Apakah faktor presipitasi dari kasus tersebut?

A. Ditinggal cerai

B. PHK

C. Genetik

D. RPK

E. Halusinasi

 

Pasien datang ke RSJ diantar oleh keluarganya. Keluarganya mengatakan pasien sering murung, menyendiri, tidak mau diajak berbiara, pasien mengatakan "andai saja saya tidak menyuruh suami saya pergi, pasti suami saya masih dan tidak mengalami kecelakaan". Pernyataan di atas termasuk ke dalam fase berduka apa?

A.     Denial

B.      Anger

C.      Bargaining

D.     Depression

E.      Acceptance

 

Seorang laki-laki usia 25 tahun dibawa ke RSJ karena menyerang keluarga dan melukai temannya, saat sedang makan pasien marah dan menyerang temannya karena makanan yang sedang dimakan diambil oleh temannya. Kemudian perawat memisahkan mereka. Apakah prinsip etik perawat pada kasus di atas

A.Non-malefience

B.Veracity

C.Justice

D.Autonomy

E.Confidientely

 

Pasien sedang dirawat di RSJ, pasien mengamuk, marah-marah, mondar-mandir,  melempar barang serta memukuli temanya. Lalu perawat melakukan restrain. Prinsip etik apa yang dilakukan perawat?

A.Benefience

B.Justice

C.Autonomy

D.Fidelity

E.Akuntanbilitas

 

Seorang perempuan x tahun  datang ke RS PKU dengan keluhan sedih, sulit tidur, (...) Dikarenakan baru ditinggalkan kedua orang tuanya, dan ia merasa bersalah "jika waktu itu saya coba tidak meminta untuk dijemput sama orang tua saya, maka orang tua saya tidak terjadi kecelkaan". Pasien itu termasuk kedalam tahap/fase?

A. Denial

B. Anger

C. Acceptance

D. Bargaining

E. Deppression

 

MANAJEMEN KEP

Seorang perawat baru di tempatkan di ruang penyakit dalam, perawat baru melakukan survay dengan kepala tim ruangan di ruang barunya. Manakah prinsip manajemen yang tepat?

A.         Division of work

B.         Discipline

C.         Unity of direction

D.         Unity of command

E.         Authority

 

Seorang kepala ruang memberikan kebebasan kepada anggotanya dalam melakukan tindakan keperawatan karena sudah dianggap mampu. Apakah gaya kepemimpinan yang diterapkan kepala ruang tersebut?

A. Demokrasi

B. Otoriter

C. Laissez-faire

D. Otokratis

E. Karismatik

 

Ada 5 pasien dengan lama rawat, 4 hari, 5 hari, 5 hari, 7 hari, 7 hari. Berapa rata-rata hari rawat? Dihitung dengan ALOS.

A.     4 hari

B.      5 hari

C.      6 hari

D.     7 hari

E.      11 hari

 

KEP GERONTIK

Pasien usia 65 tahun dirawat di ruang geriatri, pasien akan digantikan pemres oleh perawat. Pasien meminta perawat wanita yang menggantikannya karena merasa malu. Prinsip etik keperawatan?

A.     Autonomy

B.      Fidelity

C.      Justice

D.     Confidently

E.      Veracity

 

KEP KELUARGA & KOMUNITAS

Ditemukan 3 orang positif Covid-19 disuatu desa. Kemudian perawat melakukan pelacakan dengan test PCR pada keluarga yg kontak erat. Tindakan perawat tsb ...

A. Manajemen kasus

B. Pencegahan sekunder

C.

D.

E.

 

Seorang perempuan usia 58 tahun mempunyai penyakit TBC, terdapat 5 anggota keluarga,saat batuk pasien tidak menutupi dan pasien membuang dahak sembarangan di tempat terbuka, pasien rutin meminum obat. Apakah tindakan yang sesuai?

 

Disebuah RW, terdapat 25% bangunan penduduk semi permanen, lebih dari separuh mempunyai kandang ternak disebelah rumah, banyak pembuangan limbah yang terbuka, ditemukan jentik nyamuk. Masyarakat mempunyai kepedulian yang rendah padahal sudah diberikan pendidikan kesehatan. Apakah masalah utama pada kasus tersebut.

a. Pemeliharaan manajemen kesehatan tidak efektif

b. Perilaku kesehatan cenderung berisiko.

c. ....

....

Seorang perawat komunitas melakukan survey di sebuah desa. Didapatkan data banyak penumpukan sampah, terdapat genangan air di selokan dan jentik nyamuk akibat penumpukan sampah kaleng. Apakah metode pengumpulan data yang dilakukan perawat komunitas tersebut?

A. Winishield Survey

B. Partisipan Observation

C. Survey

D. Focuk Group

E. Informasi Review

 

 

UKNI NOVEMBER 2021

Kekuatan otot 4

GCS  E2M4V2

Penghitungan dosis pada anak

Anak tersedak makan bakso ---> jawaban :

backblow

Tipe gaya kepemimpinan

Kasus jiwa,termasuk kasus apa HDR/ isolasi

TFU 21 cm, brp usia kehamilannya

 

KEP MATER

Seorang perempuan usia 27 tahun, P2A0 post SC hari ke 2, hasil pengkajian ibu mengatakan ingin menunda kehamilan, pernah menggunakan KB suntik tetapi membuat berat badannya naik, TD 140/90, Nadi 82, RR 20 x/menit. Apa KB yang tepat dari kasus di atas?

A.     IUD/AKDR

B.      Implant

C.      Mini pil

D.     Tubektomi

E.      Pil kombinasi

 

Pasien datang ke poli KIA untuk mengecek kandungan. Dengan usia kehamilan 18 minggu, riwayat kehamilan sebelumnya lahir usia 16 minggu dan meninggal, selanjutnya kehamilan ke 2 lahir usia 34 minggu dan anak ke 3 usia 3 tahun. Bagaimanakah penulisan yang benar?

A. G3P2A1

B. G3P3A0

C. G4P3A2

D. G4P2A1

D. G4P3A1

 

Seorang perempuan usia 29 tahun, G1P0A0 melakukan pemeriksaan k poli KIA, saat dikaji diperoleh data pasien lupa HPHT, TD 120/80 mmHg, Nadi 80 x/menit, respirasi 20 x/menit, TFU 21 cm, letak kepala bayi belum masuk PAP, DJJ 136 x/menit. Berapakah usia kehamilan nya?

A. 16 Minggu

B. 20 Minggu

C. 24 Minggu

D. 30 Minggu

E. 32 Minggu

 

Seorang perempuan berusia 20 tahun P1A0 post SC hari ketiga, dirawat di ruang nifas bersama bayinya. Hasil pengkajian: pasien menyatakan ingin memberikan ASI eksklusif, refleks hisap bayi baik, perlekatan ibu dan bayi saat menyusui sudah tepat dan terlihat gerakan menelan.  Apakah masalah keperawatan pada kasus tersebut?

A. Kesiapan menyusui

B. Ketidak cukupan ASI

C. Terputusnya proses menyusui

D. Ketidakefektifan pemberian ASI

E. Kurang pengetahuan tentang menyusui

 

Seoarang ibu datang ke poli kandungan dengan usia kehamilan 18 minggu. Ibu mengatakan anak pertama lahir cukup bulan dan meninggal, anak kedua lahir dengan usia 16 minggu, dan anak ketiga berumur 4 tahun. Apakah kasus obstetri pada kasus tersebut?

A. G4P2A1

B. G4P3A1

C. G3P3A0

D. G3P3A1

E. G3P4A1

 

Seorang perempuan usia 22 tahun datang ke IGD dengan keluhan bercak darah dari kemaluan. Hasil pemeriksaan, pasien G1P0A0 hamil 16 minggu. Observasi TTV TD 110/70 mmHg, RR 20 x/m, nadi 88 x/m. Apakah intervensi utama pada kasus?

A.     Tirah baring

B.      Kurangi aktivitas

C.      Dukung pasangan

D.     Edukasi ibu hamil dan pasangan

E.      Kontrol KIA secara teratur

 

Ny. S datang ke poli kandungan untuk memeriksakan kehamilan, Ny. S mengatakan bahwa Haid Pertama Haid Terakhirnya adalah tanggal 15 Februari 2021, tanggal berapakah tafsiran hari kelahiran Ny. S tersebut?

A.     22 November 2021

B.      23 November 2021

C.      24 November 2021

D.     20 November 2021

E.      21 November 2021

 

Seorang perempuan, berusia 30 tahun, hamil 38 minggu, mengeluh perut kencang-kencang. Hasil pengkajian, taksiran berat janin 3200 gram, pembukaan lengkap, portio tidak teraba, jalan lahir tidak ada hambatan,  kepala sudah masuk panggul. Apakah intervensi selanjutnya?

A.     Anjurkan mengejan

B.      Periksa denyut janin

C.      Lakukan episiotomi

D.     Lakukan amniotomi

E.      Lakukan masase uterus

 

Seorang ibu baru saja melahirkan, tidak mau mendekat dengan bayinya. Saat mulai kehamilan suami sering berbuat kasar sehingga ibu takut untuk mendekati bayinya. Apakah faktor predisposisi dari kasus di atas?

A.     Ibu hamil

B.      Kekerasan suami

C.      Tdk mau mendekati bayi

D.     Ibu melahirkan

E.       

 

KEP GADAR

Seorang laki laki berusia 51 tahun, dibawa ke ruang IGD karena kecelakaan. Hasil pengkajian didapatkan bahwa pasien tidak ada nafas dan nadi teraba lemah. Tampaknya ada luka eksoriasi di wajah dan telapak tangan.  Apakah triage pasien tersebut :

A. Hitam

B. Kuning

C. Hijau

D. Merah

E. Biru

 

Seorang laki-laki dirawat dengan riwayat fraktur fremur. Hasil pengkajian : pasien membuka mata dengan rangsang nyeri, menghindari nyeri, dan berbicara mengerang. Berapakah nilai GCS pasien tersebut?

A. E2M3V2

B. E2M4V2

C. E3M3V2

D. E3M4V1

E. E2M4V3

 

Seorang laki-laki usia 40 tahun dibawa ke UGD dengan kondisi penurunan kesadaran. Hasil pengkajian henti nafas dan henti jantung perawat melakukan kompresi dada 30 kali apa tindakan perawat selanjutnya?

A.  Memberi ventilasi 2 kali

B.  Mengecek arteri karotis

C.  Membuka jalan nafas

D.  Memasang infus

E.  Menyiapkan alat AED

 

Seorang  anak berumur 5 tahun sedang makan bakso,  terlihat memegangi lehernya, dan saat didatangi tidak dapat  berbicara.  Apakah intervensi yang tepat untuk dilakukan?

A.     Jaw Trust

B.      Back Blow

C.      Finger Swab

D.     Head tilt chin lift

E.      Abdominal trust

 

Seorang laki-laki di bawa ke IGD karena luka bakar hasil pengkajian : terdapat luka bakar di area tangan dan dada, hidung terlihat hitam, nafas cepat dan ireguler. Masalah apa yang terjadi pada kasus di atas?

A. Airway

B. Breathing

C. Circulation

D. Disability

E. Exposure

 

Ada 5 pasien masuk ke IGD dengan waktu bersamaan, pasien A. dengan keluhan perut melilit dan terasa sakit, mual muntah, pasien B dengan fraktur terbuka pada kaki kanan dan perdarahan, pasien C dengan nyeri dada sebelah kiri menjalar sampai ke punggung kiri dan leher terasa sakit, pasien D keluhan batuk pilek, pasien E dengan demam suhu 39 C. Pasien manakah yang terlebih dahulu dilakukan penanganan prioritas?

A.     Pasien A

B.      Pasien B

C.      Pasien C

D.     Pasien D

E.      Pasien E

 

KMB

Pasien 55 tahun datang ke IGD dengan keluhan sesak nafas menjalar dari dada sampai ke lengan kiri, perawat akan melakukan pemasangan EKG. Perawat telah memasang semua elektrode ektremitas, perawat sudah memasang elektrode V4 garis mid clavikula kiri. Apakah tindakan selanjutnya?

A.     Memasang V1 di garis parasternal kanan

B.      Memasang V2 di garis parasternal kiri

C.      Memasang V3 di antara V2 dan V4

D.     Memasang V5 di garis aksila anterior kiri sejajar

E.      Memasang V6 di garis mid aksila kiri

 

Seorang perawat di ruang penyakit dalam akan melakukan perawatan kolostomi pada pasien. Saat ini perawat sudah menyiapkan alat, mencuci tangan, dan memakai handscoon. Apa yang selanjutnya dilakukan?

A.     Mengukur kantong sesuai ukuran stoma

B.      Mengamati area sekitar stoma

C.      Membuka kantong stoma

D.     Membersihkan kulit sekitar stoma

E.      Mengeringkan kulit sekitar stoma

 

Seorang perempuan berumur 53 tahun, datang ke poli dalam dengan keluhan mual muntah 3 hari yang lalu. Pengkajian didapatkan badan lemas, sklera ikterik, jaundice, ascites, warna urine seperti teh, TD 90/80 mmHg, frekuensi nadi 80 x/menit. Pemeriksaan penunjang apa yang diperlukan pada kasus tersebut di atas?

A.     Ureum creatinin

B.      SGPT SGOT

C.      Urinalisis

D.     EKG

E.      Darah lengkap

 

Seorang perempuan berusia 58 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan terdapat luka di seluruh tungkai kaki kanan, kondisi luka basah, bernanah dan berbau, terdapat jaringan nekrotik hampir seluruh area luka. Perawat menjelaskan kepada keluarganya bahwa akan dilakukan debridement di ruang operasi besok untuk mencegah perjalanan infeksi lebih lanjut. Keluarga pasin menyetujui untuk dilakukan tindakan debridement tersebut. Berada pada grade berapa luka ulkus tersebut ?

A.     Derajat 1

B.      Derajat 2

C.      Derajat 3

D.     Derajat 4

E.      Derajat 5

 

Seorang laki-laki 54 tahun dirawat dengan keluhan BAB sudah 7x dalam sehari, lemas, turgor kulit jelek dan kering. TD 110/80 mmHg, N 80 x/ menit, RR 20 x/menit, S 36,8’C. Pasien mendapatkan terapi Intravena 420 cc dengan faktor tetesan 20, jumlah tetesan 20 tts/menit. Berapakah lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menghabiskan cairan infus tersebut?

A.     3 jam

B.      4 jam

C.      5 jam

D.     6 jam

E.      7 jam

 

Seorang laki laki berusia 56 tahun dirawat dengan gagal jantung kongestif. Perawat melakukan pemeriksaan EKG. Terdapat ketidaknormalan pada lead II, III, dan AVf. Dimanakah letak interpretasi gangguan jantung pada pasien tersebut?

A. Anterior

B. Inferior

C. Lateral

D. Antero lateral

E. Posterior

V1 sd V4 = anterior

aVL = lateral

 

Seorang laki-laki usia 45 tahun diantar ke UGD dengan nyeri dada, hasil pengkajian nyeri dada yang menjalar ke lengan kiri dan punggung, skala nyeri 8, ronchi positif, TD 100/60 mmHg, nadi 70 x/mnt, RR 24 x/mnt dan suhu 36 derajat. Gambaran EKG ada infark myocard, pasien sudah diberikan NTG 10 mg sublingual. Apakah tindakan selanjutnya pada kasus tersebut?

A.     Kolaborasi pemberian morphin

B.      Kolaborasi pemberian oksigen

C.      Kolaborasi pemberian antiplatelet

D.     Kolaborasi obat digitalis

E.      Kolaborasi nitrogliserin

 

Seorang perempuan usia 45 tahun dirawat di RS dengan keluhan nyeri dada, pasien direncanakan diberi terapi isosorbid nitrat (ISDN). Bagaimana pemberian obat yg tepat?

  1. Minum obat sebelum makan
  2. Obat diminum dengan dihisap
  3. Letakan obat di bawah lidah
  4. Obat dikunyah
  5. Obat dikunyah

 

Ada seorang pasien dengan keluhan sesak nafas, saturasi oksigen saat itu 80%. Manakah metode pemberian oksigen yang paling benar?

A. Nasal kanul

B. Masker venturi

C. Simple mask

D. RM

E. NRM

 

Seorang pasien mengalami fraktur terbuka 1/3 distal pada tulang tibia, perawat telah melakukan pemasangan bidai, apakah evaluasi tindakan yg tepat dilakukan?

A.     Posisi bidai

B.      Nyeri

C.      Nadi

D.     CRT

E.      Tekanan darah

 

Pasien usia 50 tahun dirawat di ruang ICU  dengan penurunan kesadaran, hasil pemeriksaan TTV, TD 150/100 mmhg, Nadi 80 x/menit, S 37 C, hasil Lab. pH 7.25, PCO2 60, PaO2 80 mmHg, HCO3 30, BE. +2.5. Hasil interpretasi pasien di atas adalah

A.     Asidosis respiratorik tdk terkompensasi

B.      Asidosis respiratorik terkompensasi sebagian

C.      Alkalosis metabolik

D.     Alkalosis reparotorik terkompensasi sebagian

E.      Alkalosis resparotorik terkompensasi penuh

 

Seorang laki-laki 60 tahun dengan kondisi anemia, hasil pemeriksaan kadar Hb didapatkan 6 gr% dan terindikasi membutuhkan tranfusi darah. Perawat menjelaskan kepada pasien dan keluarga tetapi keluarga keberatan dan menolak. Apakah tindakan selanjutnya perawat tersebut?

A.     Melaporkan kepada ketua tim

B.      Memotivasi lanjut keluarga pasien

C.      Tetap memberikan tranfusi darah

D.     Menghormati keputusan keluarga pasien

E.      Mendokumentasikan penolakan tindakan

 

Seorang laki-laki berusia 56 tahun, dirawat dengan keluhan fraktur fibula dextra, udema, nyeri, pus berbau, dasar luka hitam, ada slough, pasien tampak pincang saat berjalan, TD: 110/90 mmHg, N:86 x/menit, RR: 24 x/menit, S:36,7C. Hasil rontgen: fraktur terbuka 1/3 medial fibula dextra + osteomielitis. Apakah masalah keperawatan pada kasus tersebut?

A.     Nyeri akut

B.      Infeksi kronis

C.      Gangguan body image

D.     Hambatan mobilitas fisik

E.      Kerusakan integritas jaringan

 

Seorang perempuan usia 30  tahun dirawat dengan HIV-AIDS, keluarga menyampaikan ke perawat untuk tidak bicara dengan  orang lain.  Apakah prinsip  etik untuk kasus di atas?

A.      Justice

B.      Benefince

C.      Confidentialy

D.     Veracity

E.      Findelity

 

Seorang pasien perempuan usia 20 tahun terinfeksi HIV. Pasien mengatakan kepada perawat jika ada temannya datang agar tidak memberitahu penyakitnya. Teman pasien datang menjenguk dan bertanya mengenai kondisi pasien, dan perawat hanya mengatakan keadaan pasien saat ini. Prinsip etik apakah yang dilakukan perawat?

A. Beneficien

B. Fidelity

C. Justice

D. Non maleficien

E. Autonomy

 

Seorang perawat sedang memberikan penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS. Saat penyuluhan ditemukan gambar/foto seorang penderita yang terlihat jelas wajahnya. Apa prinsip etik yang dilanggar?

A. Veracity

B. Autonomy

C. Beneficence

D. Confidentiality

E. Nonmaleficience

 

Seorang pasien laki-laki umur 32 tahun dirawat di ruang Cendana mengeluh nyeri di perut bagian kanan bawah, lalu perawat memeriksa daerah apendix tepatnya di titik McBurney. Dimanakah lokasi titik McBurney?

A.     Antara 1/3 lateral SIAS kanan dan umbilikus

B.      Lokasi nyeri antara 2/3 lateral SIAS kanan dan umbilikus

C.      Lokasi antara 1/3 medialis SIAS kanan dan umbilikus

D.     Lokasi antara 1/3 medialis SIAS kanan dan umbilikus

E.      Lokasi antara 3/3 medialis SIAS kanan dan umbilikus

 

Seorang pasien laki-laki usia 45 tahun post WSD hari ke 5, pasien mengeluh lemes,  masih sesak, terlihat penggunaan otot bantu nafas, TD 115/76 mmHg, respirasi 26 x/mnt, suhu 37,1, saturasi 99%, hasil AGD pH 7.39, pCO2 40, HCO3 22, diagnosa keperawatan yang tepat pada kasus tersebut yaitu

A.     Intoleran aktivitas

B.      Gangguan pertukaran gas

C.      Pola nafas tidak efektif

D.     Gangguan ventilasi spontan

E.      Bersihan jalan nafas tidak efektif

 

Hasil analisis gas darah : ph 7,21; pO2 80; pCO2 60; HCOo3 30 meq. Apakah interpretasi dari hasil AGD di atas ?

A. Asisdosis respiratorik terkompensasi sebagian

B. Asidosis metabolik

C. Asidosis metabolik terkompensasi sebagian

D. Alkalosis respiratorik

E. Alkalosis metabolik

 

Seorang pasien laki-laki berusia 27 tahun dirawat di ruang isolasi dengan diagnosa TB. Keluarga pasien datang untuk menjenguk akan tetapi dilarang oleh satpam, namun keluarga tetap memaksa. Seorang perawat yang akan lewat melihat kondisi tersebut lalu menjelaskan pada keluarga pasien dan keluarga pasien memahami setelah dijelaskan perawat. Apakah prinsip etik yang dilakukan perawat?

A.     Veracity

B.      Fidelity

C.      Non-maleficence

D.     Justice

E.      Beneficience

 

Tn Z dirawat di ruangan penyakit dalam dengan luka dekubitus, luka terbuka yang sangat dalam hingga mencapai otot dan tulang. Berapa derajat luka dekubitus Tn. Z ?

A. Derajat 1

B. Derajat 2

C. Derajat 3

D. Derajat 4

 

Seorang laki-laki usia 54 tahun dengan gagal jantung kongesif, hasil pemeriksaan sesak nafas, suara creckles, TD 110/70 n 110 S 36.5 RR 24. Pemeriksaan penunjang apa ?

A. AGD

B. Ro toraks

C. Darah lengkap

D. Elektrocardio

E. CT-scan

 

Seorang perawat bertugas di ruang rawat inap, perawat memberikan perawatan dengan tulus, tanpa membeda-bedakan suku bangsa, ekonomi dan tingkat sosial. Apakah kode etik yang sesuai dengan kasus tersebut?

A.     Fidelity

B.      Veracity

C.      Autonomy

D.     Confidelity

E.      Justice

 

MANKEP

Seorang perawat telah ditugaskan mejadi kepala ruang bedah selama 5 tahun. Seluruh pengambilan  keputusan diambil penuh oleh pimpinan. Apakah tipe kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala ruang tersebut?

A. Autokratis

B. Demokratis

C. Partisipatif

D. Laissez faire

E. Birokratis

 

Seorang Ners bertanggung jawab terhadap keadaan pasien selama 24 jam, dari mulai pengkajian, evaluasi, sampai pasien pulang. Metode keperawatan apa yang digunakan ?

A.     Metode Fungsional

B.      Metode Primer

C.      Metode Tim

D.     Metode Kasus

E.      Metode Moduler

 

Unit pelayanan jantung terpadu sebuah rumah sakit memiliki 10 tenaga Ners yang telah mengikuti pelatihan intensif dasar. Perawat tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan klien secara komprehensif. Apakah metode asuhan keperawatan yang paling tepat diterapkan pada kasus tersebut?

A.     Tim

B.      Kasus

C.      Primer

D.     Fungsional

E.      Modifikasi tim-primer

 

Seorang perawat pelaksana mendapat tanggung jawab mengelola seorang klien dengan PPOK. Klien mendapatkan obat peroral, perawatan langsung 6 / 7 jam sekali dan perawatan diri mandiri.

Apakah tingkat ketergantungan perawatan klien?

A.     Self care

B.      Minimal care

C.      Intermediate care

D.     Modified Intensive care

E.      Intensive care

 

Kepala ruang sedang melaksanakan perhitungan kebutuhan serta pengaturan dan modifikasi ruangan untuk kebutuhan perawatan anak, namun tiba-tiba Kepala ruangan tersebut dipanggil Kepala bidang keperawatan, sehingga Kepala ruang tersebut menyerahkan tugas tersebut kepada perawat lain di ruangan. Pertimbangan apakah yang diambil Kepala ruang tersebut dalam mendelegasikan tugas tersebut?

A.     Perawat yang sudah senior

B.      Perawat yang sudah memiliki sertifikat bidang perencanaan

C.      Kompetensi yang dimiliki perawat

D.     Jabatan dibawah kepala ruang

E.      Perawat yang sudah memiliki gelar Ners

 

Seorang perawat pelaksana mendapat tanggung jawab mengelola seorang klien myasthenia gravis.

Klien mendapatkan perawatan langsung 2 jam.  Apakah tingkat ketergantungan perawatan klien?

A.     Self care

B.      Minimal care

C.      Intermediate care

D.     Modified intensive care

E.      Intensive care

 

KEP ANAK

Anak laki-laki usia 10 tahun mengalami anemia Hb 6 akan dilakukan transfusi darah. Pada saat dilakukan transfusi darah tiba-tiba wajah merah, tubuh menggigil, intervensi apa yang dilakukan :

A.     Beri selimut

B.      Hentikan transfusi

C.      Anjurkan minum hangat

 

Anak usia 6 tahun dirawat di ruang anak dengan demam 3 hari. Pasien telah mendapat terapi paracetamol. Suhu 39,4. Perawat melakukan tindakan kompres hangat untuk menurunkan suhu tubuh pasien. Prinsip etik apa yg diterapkan oleh perawat?

A. Justice

B. Benefience

C. Autonomy

D. Nonmalefience

E. Fidelity

 

Seorang ibu membawa anaknya ke poli klinik tumbuh kembang, kemudian perawat bertanya kepada ibu tersebut apakah anaknya mengeluarkan suara-suara lain kata-kata selain menangis? Pertanyaan yg dilakukan perawat, sedang mengkaji dalam hal apa?

A. Bahasa

B. Kognitif

C. Motorik kasar

D. Motorik halus

E. Psikososial

 

Seorang ibu membawa anaknya ke puskesmas untuk pemeriksaan tumbuh kembang, anak lahir 23 Februari 2020, dilakukan pemeriksaan tumbuh kembang tanggal 24 April 2021. Dari kasus berapa usia anak tersebut?

A.     1 tahun 2 bulan 1 hari

B.      1 tahun 2 bulan 2 hari

C.      1 tahun 2 bulan 3 hari

D.     1 tahun 3 bulan 1 hari

E.      1 tahun 3 bulan 2 hari

 

Seorang anak 5 tahun di bawa ke poli anak, diare 7 kali muntah 1 kali dalam 24 jam, cubitan perut 4 detik anak tampak lemas. Tindakan perawat yang paling tepat adalah?

A.     Memberi kompres hangat

B.      Berikan cairan IV

C.      Berikan oralit

D.     Berikan obat antiemetik

E.      Berikan oksigen

 

Seorang ibu dan anak anaknya yang berusia 5 tahun datang untuk menjenguk saudaranya yang terkena TBC. Pihak keamanan sudah melarang untuk menjenguk tetapi ibu memaksa ingin menjenguk keluarganya, lalu perawat datang dan menjelaskan terkait penyakit pasien tersebut. Apakah prinsip etik yang dilakukan oleh perawat?

A. Autonomi

B. Veracity

C. Beneficience

D. Fidelity

E. Justice

 

An A mendapat terapi ampicillin inj 2 x 500 mg, sediaan 1 gr dioplos 10 cc, berapa cc yang diberikan pada an A?

A.  5 cc

B. 10 cc

C. 2 cc

D. 1 cc

E. 0.5 cc

 

KEP GERONTIK

Seorang perawat melakukan kunjungan rumah seorang pasien perempuan post stroke. Pasien mengeluh lemah pada ekstremitas kanan. Didapatkan data TD 130/80, N: 88, suhu : 36,7. Kekuatan otot ekstremitas kanan 2. Apakah intervensi yang harus anda lakukan?

A. ROM aktif

B. ROM pasif

C. Membantu pemenuhan ADL

D. Mengajarkan cara berdiri

E. Membantu mobilisasi

 

Seseorang perempuan berusia 70 tahun tinggal di panti wreda sejak satu tahun yang lalu. Klien mengeluh badannya terasa lemas dan susah menjangkau toilet sehingga sering ngompol di tempat duduk ataupun tempat tidur. Tercium bau pesing dari pakaian dan kamar pasien. Hasil pengkajian fungsional berdasarkan indeks KATZ, klien termasuk dalam kategori D. Apa masalah keperawatan pada kasus di atas?

A. Risiko intoleransi aktivitas

B. Gangguan mobilitas fisik

C. Defisit perawatan diri

D. Inkontinensia urin

E. Keletihan

 

KEP JIWA

 

Seorang laki-laki masuk rumah sakit jiwa dengan keluhan, marah-marah, serta mendengar sesuatu. Saat dilakukan pengkajian pasien mengaku sebagai gatot kaca yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Apakah masalah keperawatan yang dialami pasien?

A. Waham

B. Halusinasi

C. Risiko Perilaku Kekerasan

D. Harga Diri Rendah

E. Defisit Perawatan Diri

 

Seorang laki-laki usia 35 tahun dibawa ke RSJ karena mengamuk dan merusak rumah warga, saat pengkajian pasien mengatakan mendengar suara bisikin untuk mondar-mandir dan mengajak bicara. Diagnosa apa yang tepat pada kasus di atas?

A. Halusinasi pendengaran

B. Harga diri rendah

C. Risiko bunuh diri

D. Isolasi sosial

E. Risiko perilaku kekerasan

 

Seorang perempuan terlihat sedih dan mengatakan "andai saja saya tidak mengizinkan ayah naik motor itu, pasti ayah masih ada"  Kasus di atas, termasuk kedalam fase berduka apa ?

A.      Anger

B.      Bargaining

C.      Denial

D.     Depression

E.      Acceptance

 

KEP KOMUNITAS

Seorang perawat sudah memberikan solusi kepada masyarakat untuk mengatasi masalah di suatu desa. Perawat tersebut menyerahkan keputusan kepada masyarakat. Kode etik apa yang dilakukan oleh perawat tersebut :

A. Autonomy

B. Beneficien

C. Fidelity

D. Justice

E. Veracity

 

UKNI MARET 2022

Seorang laki-laki berusia 57 tahun, dirawat dengan keluhan kelemahan pada bagian sisi kanan tubuh sejak 3 hari lalu. Hasil pengkajian pasien tampak lemah, wajah asimetris, bicara pelo, diberi makan tersedak produksi saliva meningkat TD 110/80 mmHg, frekuensi nadi 72 x/mnt. Hasil pengkajian terdapat gangguan Nervus carnial X dan XII. Apakah masalah keperawatan yang tepat pada kasus tersebut ?

A. Defisit nutrisi

B. Hambatan mobilitas fisik

C. Risiko aspirasi

D. Hambatan komunikasi verbal

E. Risiko ketidakefektifan jaringan serebral

 

Seorang laki-laki berusia 32 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan sakit perut dan BAB cair. Hasil pengkajian pasien mengalami mual dan muntah, napsu makan menurun, frekuensi BAB 6x dalam sehari, bising usus 26 x/menit, membran mukosa kering, turgor kulit menurun. Apakah masalah keperawatan pada kasus tersebut?

A. Defisit nutrisi

B. Gangguan integritas mukosa

C. Hipovolemia

D. Nausea

E. Nyeri akut

 

Seorang sebagai pemimpin memiliki peranan pasif dan ia tidak terlalu sering melakukan intervensi dalam kehidupan organisasi. Anggotanya boleh bertindak sesuai dengan keyakinan dan hati nurani, asal kepentingan bersama tetap terjaga dan tujuan organisai tetap tercapai. Apakah tipe kepemimpinan pada kasus di atas?

A.     Kharismatik Incorrect

B.      Paternalistik

C.      Laissez Faire

D.     Demokratik

E.      Otokratik

 

Seorang laki-laki berusia 35 tahun diantar ke UGD karena kecelakaan. Hasil pengkajian: terdengar bunyi snooring, tampak jejas di leher, TD 130/90 mmHg, frekuensi nadi 100 x/menit, frekuensi napas 28 x/menit. Apakah tindakan selanjutnya pada kasus tersebut?

A.     Berikan posisi head up

B.      Lakukan finger swap

C.      Lakukan jaw thrust

D.     Lakukan head tilt-chin lift Incorrect

E.      Lakukan head tilt

 

Seorang laki-laki usia 67 tahun dirawat di klinik geriatri dengan keluhan daerah bokong dan punggung, klien lebih banyak tidur sejak 2 Minggu,kaki dan tangan tidak dapat bergerak  hasil pemeriksaan tampak kemerahan. Apakah tindakan keperawatan yang tepat pada kasus tersebut?

A.     Melakukan massage

B.      Memberikan kompres

C.      ROM

D.     Monitor kulit

E.      Mobilisasi tiap 2 jam

 

Seorang perempuan usia 37 tahun diantar ke UGD karena mengalami luka bakar akibat tersiram air panas. Hasil pengkajian: BB pasien 65 kg dan luas luka bakar 20%. Berapakah kebutuhan cairan pada resusitasi 24 jam pertama?

A.     3800

B.      2600

C.      5200

D.     4800 

E.      3000

 

Seorang laki-laki berusia 45 tahun dirawat di ruang bedah karena kesulitan berkemih. Pasien akan dilakukan pemasangan kateter urin (foley chateter). Setelah pelumasan kateter dengan jelly, kateter dimasukan dengan mudah dan tanpa hambatan, segera urun terlihat keluar dan ditampung dalam bengkok. Apakah tindakan selanjutnya pada pasien tersebut?

A. Menyambungkan kateter dengan kantong urin

B. Memasang kantong urin di bawah tempat tidur

C. Memasang kateter sampai percabangan

D. Mengisi balon dengan NaCl 0.9%

E. Memfiksasi selang kateter

 

Seorang perempuan berusia 35 tahun di rawat di ruang bedah saraf dengan pasca craniotomi. Hasil pengkajian, pasien tampak hemiparase kanan, lemah dan tidak mampu menggerakan tubuhnya, reflex fisiologi melambat. Saat dilakukan pemeriksaan otot ekstremitas kanan didapatkan hasil sebagai berikut tidak mampu mengangkat lengan dan kaki namun masih bisa menggerakannya/menggeser. Berapa nilai kekuatan otot pada pasien tersebut?

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 5

 

TO UKNI SEPTEMBER 2022

KMB

Laki-laki, usia 55 tahun post op colostomy hari ke 2. Perawat mengganti kantong colostomy. Setelah  membersihkan dengan kasa steril. Apakah tindakan selanjutnya?

  1. Mengobservasi produk stoma
  2. Menyesuaikan lubang kolostomi dengan stoma klostomi
  3. Membersihkan kolostomi dan kulit sekitar kolostomi
  4. Memasukkan stoma melalui lubang kantong kolostomi
  5. Merekatkan atau memasang kolostomi  bagian dengan tepat tanpa udara didalamnya

 

Seorang perempuan usia 37 tahun dirawat dengan diagnosa luka bakar derajat II dengan luas luka bakar 45%, tekanan darah 100/60 mmHg, nadi 64 x/mnt, RR 22 x/mnt, BB 60 kg. Saat ini diberi cairan RL 1500 ml Apakah kriteria keberhasilan pemberian  cairan pada kasus di atas?

  1. Urin output 150 cc
  2. Urin output 800 cc
  3. Urin output 1440 cc
  4. Urin output 2880 cc
  5. Urin output 300 cc

 

Seorang perempuan 48 tahun, didiagnosis DM tipe 2 dirawat di RS hari ke 3. Pasien mengeluh pusing dan lemes setelah disuntik insulin 3 jam yang lalu. Hasil pemeriksaan pasien gelisah, keringat dingin, membran mukosa pucat, riwayat kadar gula darah fluktuatif mendapat suntikan insulin 12 unit. Apakah tindakan keperawatan utama yang harus diberikan pada pasien tersebut?

  1. Memeriksa kadar gula darah
  2. Mengobservasi TTV
  3. Memberikan asupan gula peroral
  4. Menganjurkan relaksasi nafas dalam
  5. Mengobservasi derajat ketidaknyamanan

 

Seorang perempuan berusia 25 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan demam tinggi. Hasil pengkajian mukosa bibir kering, terdapat petekie, badan terasa lemes, gusi berdarah, Hb 17.2 g/dl, HT 51%, trombosit 44.000mm, urin 200cc/8 jam. Pasien mendapatkan terapi cairan infus RL 2500 ml/ hari, faktor tetesan 20 x/ mnt. Berapakah jumlah tetesan infus pada pasien tersebut?

  1. 14 tts/ mnt
  2. 21 tts/mnt
  3. 28 tts/mnt
  4. 35 tts/mnt
  5. 42 tts/mnt

 

Pasien selesai dilakukan tranfusi. Apakah tindakan yang selanjutnya?

  1. Langsung mengalirkan NaCl 0,9
  2. Mengganti tranfusi set dengan infus set
  3. Memeriksa kembali darah yang akan diberikan
  4. Ukur TTV pasien
  5. Mengambil darah untuk pemeriksaan laboratorium

 

Seorang laki-laki berusia 55 tahun, dirawat di bangsal penyakit dalam sedang diberikan transfuse darah. Tiba-tiba pasien mengatakan sesak nafas, dada terasa berat, dan gelisah.   Apakah tindakan utama yang paling tepat untuk dilakukan?

A.     Berikan obat anti alergi.

B.      Observasi tanda-tanda vital

C.      Posisikan tidur semi fowler

D.     Hentikan aliran tranfusi darah

E.      Berikan oksigen dengan nasal kanul

 

Seorang laki-laki usia 35 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan mual muntah. Hasil pengkajian pasien mengatakan nyeri ulu hati, terlihat warna sklera dan kulit kuning. Hasil pemeriksaan ditemukan adanya pembesaran hati, pasien didiagnosis hepatitis. Apakah pemeriksaan penunjang yang tepat pada kasus tersebut?

A.     Pemeriksaan USG

B.      Pemeriksaan feces

C.      Pemeriksaan urin

D.     Pemeriksaan laboratorium SGOT dan SGPT

E.      Pemeriksaan biopsi hati

 

Seorang pasien mengalami luka bakar di daerah leher, dada dan tangan kiri. Berapakah derajat luka bakar yang dialami pasien tersebut?

  1. 45%
  2. 31.5%
  3. 36%
  4. 27%
  5. 22,5%

 

Seorang perempuan 28 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan BAB encer sejak 2 minggu yang lalu, pasien sudah diberitahu oleh perawat bahwa menderita HIV. Pasien meminta kepada perawat untuk merahasiakan penyakitnya kepada siapa pun, perawat menyetujui permintaan pasien tersebut. Apakah prinsip etik yang digunakan oleh perawat?

A.      Veracity

B.      Confidentiality

C.      Beneficience

D.     Justice

E.      Fidelity

 

Perempuan usia 60 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan nyeri dada. Saat ini pasien sedang dilakukan pemeriksaan EKG dan perawat akan memasang elektroda V4. Dimanakah letak elektroda yang tepat pada kasus tersebut?

A.     Sejajar dengan V4 dan V5 pada linea mid aksilaris kiri

B.      Sela iga ke 4 sternum kanan

C.      Sela iga ke 5 pada linea mid klavikula kiri

D.     Sela iga ke 4 sternum kiri

E.      Sejajar dengan V4 ada linea aksilaris anterior kiri

 

Pasen akan dilakukan tranfusi  sebanyak 450 ml dalam waktu 4 jam, faktor tetesan 20. Berapakah  tetesan infus permenit?

A.     40 tetes

B.      35 tetes

C.      38 tetes

D.     20 tetes

E.      30 tetes

 

Seorang perempuan umur 24 tahun, BB 50 kg, terkena luka bakar 27%, akan diberi terapi infus. Berapakah cairan infus yang diberikan pada 8 jam pertama?

  1. 5400
  2. 2400
  3. 2700
  4. 2800
  5. 3400

 

GADAR

Seorang anak laki-laki usia 12 tahun, tersedak bakso pada saat makan, anda berada di dekat korban. Apakah tindakan yang anda lakukan untuk membebaskan jalan nafas pasien tersebut?

  1. Head thilt
  2. Chin lift
  3. Jaw trus
  4. Manuver heamlich
  5. Head thilt chin lift

 

Tim emergency menerima telepon, balita 15 bulan, mengalami kesulitan bernapas. Setelah dikaji didapatkan wajah anak terlihat kemerahan, mata melotot dan badan berkeringat. Keluarga mengatakan anak riwayat makan cilok. Apakah tindakan yang tepat pada kasus di atas?

  1. Jaw thrust
  2. Back blow
  3. Chest thrusts
  4. Manuver heamlich
  5. Head thilt chin lift

 

Ada beberapa pasien datang ke IGD dengan beberapa kasus, pasien A pasien dengan post KLL dengan luka lecet-lecet, pasien B dengan keluhan panas, dingin, pusing, pasien C dengan diare, pasien D dengan serangan asma, pasien E dengan tidak sadar tidak respon saat ditepuk. Sesuai triase pasien mana yang didahulukan?

A. Pasien A

B. Pasien B

C. Pasien C

D. Pasien D

E.  Pasien E

 

Ibu hamil G2P1A0, 32 minggu,   tersedak bakso, wajah pucat sulit bernafas. Apakah tindakan yang tepat dilakukan?

  1. Jaw thurst
  2. Hemlich manuver
  3. Chest trust
  4. Head thilt Chin lift
  5. Head thilt

 

Seorang pasien laki-laki datang ke IGD terkena luka bakar pada bagian: dada, perut dan seluruh lengan kanan. Berapakah luas luka bakar pada pasien tersebut?

  1. 18%
  2. 27%
  3. 36%
  4. 45 %
  5. 54%

 

Seorang pasien laki-laki datang ke IGD terkena luka bakar pada bagian: tangan kanan, dada, perut dan alat kelamin.  Berapakah luas luka bakar pada pasien tersebut?

  1. 18%
  2. 28%
  3. 36%
  4. 45 %
  5. 54%

 

Seorang laki-laki 20 tahun dibawa ke IGD akibat kecelakaan. Hasil pengkajian pasien tidak membuka mata saat diberi rangsangan dengan cubitan, ekstremitas tampak fleksi dan suaranya hanya mengerang. Apakah nilai pengkajian GCS pada kasus di atas?

A.     E1V2M3

B.      E2V2M2

C.      E2V3M4

D.     E1V4M3

E.      E1V3M3

 

MATERNITAS

Seorang ibu G1P0A0 datang ke puskesmas HPHT 4 April 2022. Kapankah HPL nya?

  1. 11 Maret 2023
  2. 11 Januari 2023
  3. 3 Maret 2023
  4. 3 Januari 2023
  5. 28 Januari 2023

 

Seorang perempuan usia 25 tahun G1P0A0, masuk ke UGD Kebidanan karena mengeluh mulas-mulas dan memasuki fase persalinan. Dari hasil pemeriksaan didapatkan kepala janin sudah turun, bukaan 10 namun air ketuban masih utuh. Menurut Anda apakah tindakan yang tepat dilakukan bedasarkan kasus di atas?

  1. Pemeriksaan dalam ulang
  2. Memimpin persalinan
  3. Cek DJJ
  4. Episiotomi
  5. Amniotomi

 

Ibu hamil G2P1A0 hamil 39 minggu, hasil pemeriksaan TFU 31 cm, sudah masuk panggul. Berapakah tafsiran berat janinnya?

  1. 3000 gr
  2. 3100 gr
  3. 2700 gr
  4. 2500 gr
  5. 2480 gr

 

Seorang ibu usia 40 tahun, hamil 16 minggu dengan keluhan keluar darah ngeflek, dari hasil anamesa anak pertama dan kedua lahir dengan dukun, anak ke tiga lahir dengan bidan, sebelum hamil ini ibu mengatakan pernah abortus.  Bagaimana penulisan status kehamilannya sekarang?

A.     G4P3A1

B.      G4P2A1

C.      G3P2A1

D.     G5P3A0

E.      G5P3A1

 

Seorang ibu G1P0A0 datang ke puskesmas dengan HPHT 12 Februari 2015. Kapan hari taksiran persalinan ibu tersebut?

A. 12 November 2015

B. 15 November 2015

C. 12 Januari 2016

D. 12 Oktober 2015

E. 19 November 2015

 

ANAK

Seorang anak datang dengan keluhan sesak nafas, batuk berdahak, stridor +. Apakah masalah dari pasien tersebut?

  1. Pola napas tidak efektif
  2. Bersihan jalan napas tidak efektif
  3. Gangguan pertukaran gas
  4. Gangguan ventilasi spontan
  5. Penurunan kapasitas adaptif intrakranial

 

Seorang anak laki-laki berumur 5 tahun di ruang anak dengan keluhan batuk dan sesak napas. Hasil pemeriksaan : tidak nafsu makan, rewel, sulit tidur pada malam hari, terdengan ronchi kering yang kuat, RR 30 x/menit, N 90 x/menit, S 37,9'C. Apakah masalah keperawatan utama pada kasus tersebut ?

A.     Hipertermia

B.      Risiko defisit nutrisi

C.      Gangguan pertukaran gas

D.     Gangguan pola tidur

E.      Bersihan jalan napas tidak efektif

 

Seorang bayi laki-laki berumur 7 bulan dibawa ke puskesmas dengan keluhan mengalami diare 5x sehari dan anak tampak lemas. Hasil pengkajian : rewel, mata cekung dan mukosa kering. Perawat akan menentukan derajat dehidrasi. Apakah data yang perlu dikaji lebih lanjut pada kasus tersebut?

A.     Suhu

B.      Berat badan

C.      Konsistensi feses

D.     Cubitan kulit perut

E.      Capillary Refill Time

 

Seorang anak 3 tahun, dibawa ibunya berobat ke puskesmas karena batuk 2 minggu, anak tersebut dirawat oleh kakeknya yang menderita TB. Pemeriksaan apa yang bisa dilakukan?

  1. Tes tuberkulin
  2. Cek sputum
  3. Pemeriksaan darah lengkap
  4. Cek imunisasi BCG
  5. Cek rontgen

 

Seorang anak usia 2 tahun dibawa ke puskesmas dengan keluhan lemes, rambut kemerahan, badan kurus, hasil pemeriksaan KMS menunjukkan -3 SD di bawah garis merah. Apakah status gizi anak tersebut?

  1. Gizi kurang
  1. Gizi buruk
  2. Gizi lebih
  3. Normal
  4. Stunting

 

Pasien anak dengan dengan diagnosa thypoid. Dokter mengintruksikan injeksi antibiotik dengan dosis 3x600 mg. Sediaan obat vial 1 gr. Obat tersebut dilarutkan dengan aquabides 10 ml. Berapa cc yang diberikan oleh perawat saat disuntikkan ke pasien?

A. 2

B. 3

C. 4

D. 5

E. 6

 

Anak mengalami dehidrasi, berat badan 18 kg.  Berapakah kebutuhan cairan dalam 24 jam?

A.     1700 cc

B.      1500 cc

C.      1400 cc

D.     1600 cc

E.      1450 cc

 

JIWA

Pasien datang dengan keluhan sering marah-marah, tidak mau keluar rumah sejak 7 bulan yang lalu pasien mengalami putus cinta, pasien di PHK sejak 3 minggu yang lalu. Apa faktor predisposisi pasien tersebut?

 

Seorang ibu mempunyai anak balita, ketika ibu sedang mengepel lantai, anaknya bermain lalu terjatuh dan patah tulang kaki. Ketika di rontgen,si ibu menangis dan selalu berkata Seandainya aku tidak mengepel, pasti anak ku akan baik-baik saja. Apakah fase yang dialami ibu tersebut?

  1. Bargaining
  2. Anger
  3. Accepted
  4. Denial
  5. Depresion

 

Seorang ibu usia 45 tahun mengalami fase berduka, dirinya mengatakan "Tuhan tidak adil mengapa harus saya yang mengalami ini ". Fase berduka apa yang dialami pasien?

  1. Bargaining
  2. Anger
  3. Accepted
  4. Denial
  5. Depresion

 

Seorang pasien mengalami kanker stadium akhir. Pasien marah-marah, karena tidak sembuh-sembuh, merasa uang yang dia miliki tidak berguna untuk mengobati penyakitnya. Fase berduka apa yang dialami pasien?

  1. Bargaining
  2. Anger
  3. Accepted
  4. Denial
  5. Depresion

 

Seorang laki-laki usia 40 tahun sedang berada di RS melakukan pemeriksaan Lab. Perawat menyampaikan bahwa pasien tersebut positif HIV. Pasien itu tidak percaya dan berkata “ Saya tidak percaya ini, saya akan melakukan pemeriksaan di rumah sakit lain”.  Termasuk fase apakah itu?

  1. Bargaining
  2. Anger
  3. Accepted
  4. Denial
  5. Depresion

 

MANAJEMEN KEPERAWATAN

Seorang ketua tim  akan mengadakan diskusi evaluasi terkait asuhan keperawatan kepada perawat pelaksana tetapi salah satu perawat pelaksana minta izin untuk mengikuti kegiatan akreditasi yang telah dijadwalkan.  Apa yang harus dilakukan oleh ketua tim?

A.     Menunda kegiatan diskusi

B.      Meminta perawat pelaksana mendokumentasikan kegiatan akreditasi

C.      Menyarankan kepada perawat pelaksana untuk mengikuti kegiatan akreditasi di lain waktu

D.     Memberikan tugas kepada perawat pelaksana untuk membacakan SOP sesuai SOP yang telah berlaku terlebih dahulu

E.      Memberikan penjelasan pentingnya diskusi ini

 

Seorang perawat akan melaporkan kondisi pasien kepada DPJP. Setelah semua berkas dipersiapkan, perawat menghubungi DPJP dengan memperkenalkan diri dan menjelaskan bahwa sedang berdinas di ruangan tersebut. Apakah langkah selanjutnya dalam teknik SBAR pelaporan pasien tersebut?

A.     Menanyakan instruksi yang diberikan DPJP

B.      Menjelaskan situasi pasien kepada DPJP

C.      Menyampaikan tentang diagnosis dalam CPPT

D.     Menanyakan kepada DPJP tentang RTL pasien

E.      Menyampaikan kepada DPJP tentang CPO pasien

 

Perawat primer dan perawat asosiate dinas pagi sedang menerima laporan di ners station dari perawat asosiate dinas malam tentang kondisi pasien dan setelah laporan selesai, berkeliling ke ruang rawat untuk memastikan kondisi pasien. Perawat primer melakukan identifikasi permasalahan pada pasien untuk memastikan arahan asuhan keperawatan yang akan diberikan kepada perawat asosiate. Apakah bentuk kegiatan yang dilaksanakan perawat primer tersebut ?

  1. Timbang Terima
  2. Diskusi Refleksi Kasus
  3. Ronde Keperawatan
  4. Audit Keperawatan
  5. Kredensial

 

KOMUNITAS

Seorang perawat komunitas sedang melakukan kunjungan ke pasien Tuberkulosis.  Hasil kunjungan tidak ada anggota keluarga yang bisa mengantarkan pasien ke puskesmas atau mengambilkan obat di puskesmas sehingga pasien putus minum obat TB. Apakah masalah keperawatan pada kasus di atas ?

A.     Manajemen  kesehatan tidak efektif

B.      Pemeliharaan kesehatan tidak efektif

C.      Defisit kesehatan  komunitas

D.     Kesiapan  peningkatan manajemen kesehatan

E.      Defisit pengetahuan

 

Hasil pengkajian di sebuah wilayah pendalaman terdapat 20 balita mengalami gizi buruk. Ketidak sanggupan membeli lauk pauk dan jauhnya fasilitas kesehatan sangat mempengaruhi kesehatan mereka. Apakah tindakan yang paling tepat yang dapat dilakukan perawat?

  1. Motivasi ibu balita untuk membawa balita rutin ke posyandu
  2. Melakukan pendidikan kesehatan tentang menu makanan yang sehat
  3. Melakukan pemeriksaan fisik balita gizi buruk
  4. Melaporkan kejadian gizi buruk ke dinas terkait untuk mendapatkan penanganan yang tepat
  5. Melakukan pendidikan kesehatan tentang gizi buruk

 

GERONTIK

seorang perempuan 50 tahun mengalami sulit berjalan, mengeluh kaki kaku, nyeri pada kedua kaki bila digerakkan dengan skala nyeri 7 dari rentang 10. Klien menggunakan tongkat sebagai alat bantu jalan. Nilai hasil pengkajian Barthel indeks 80 (ketergantungan sebagian). Klien mempunyai riwayat post stroke 2 kali, Hasil pemeriksaan fisik: TD 150/ 100 mmHg, nadi 80 x/menit, suhu normal, RR 30 x/menit. Apakah diagnosis keperawatan pada kasus tersebut?

A.     Gangguan interaksi

B.      Gangguan immobilisasi

C.      Risiko tinggi jatuh/injuri

D.     Kerusakan mobilitas flsik

E.      Gangguan rasa nyaman nyeri

 

 

No comments:

Post a Comment

Manajemen Telusur

DOKUMEN TELUSUR POKOK Rencana Strategis ( Renstra )   >>>>>>>>>> View Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) dan ...