Wednesday, March 8, 2023

SK Payung Manajemen Puskesmas - Kebijakan Perencanaan, Akses, dan Evaluasi

 



KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS BATANG TARANG

NOMOR: SK/PKM-BATANG TARANG/.../2018

 

TENTANG

 

KEBIJAKAN PERENCANAAN, AKSES, DAN EVALUASI

 PUSKESMAS BATANG TARANG

 

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

 

KEPALA PUSKESMAS BATANG TARANG

 

Menimbang

:

a.

bahwa agar penyelenggaraan pelayanan Puskesmas sesuai dengan kebutuhan masyarakat, maka perlu disusun perencanaan puskesmas berdasarkan analisis kebutuhan masyarakat;

 

 

 

b.

 

 

c.

 

 

d.

bahwa agar masyarakat mudah mendapatkan akses terhadap pelayanan, informasi, dan memberikan umpan balik, maka perlu disusun kebijakan akses masyarakat terhadap puskesmas;

bahwa agar kinerja puskesmas dapat ditingkatkan secara berkesinambungan, maka perlu disusun kebijakan perencanaan dan evaluasi puskesmas dengan indikator-indikator kinerja yang jelas;

bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, huruf b, dan huruf c, perlu menetapkan keputusan Kepala Puskesmas Batang Tarang tentang Kebijakan Perencanaan, Akses, dan Evaluasi Puskesmas Batang Tarang;

 

 

Mengingat

 

:

 

1.

 

 

2.

 

3.

 

 

4.

 

5.

 

 

6.

 

 

 

 

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 144, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5063);

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75  Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat;

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 46 tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi;

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2016 tentang Pedoman Manajemen Puskesmas;

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 857/ MENKES/SK/IX/2009Tentang PedomanPenilaian Kinerja Sumber Daya Manusia Kesehatan Di Puskesmas;

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan;

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menetapkan

 

 

 

KESATU

 

 

 

KEDUA

 

 

 

 

KETIGA

 

 

:

 

 

 

:

 

 

 

:

 

 

 

 

:

MEMUTUSKAN  :

 

KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS BATANG TARANG TENTANG KEBIJAKAN PERENCANAAN, AKSES, DAN EVALUASI  PUSKESMAS BATANG TARANG.

 

Kebijakan perencanaan, akses, dan evaluasi puskesmas sebagaimana tercantum dalam lampiran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keputusan ini.

 

Pada saat surat keputusan ini mulai berlaku, Keputusan Kepala  Puskesmas Batang Tarang Nomor SK/…/2016 Tentang Kebijakan Perencanaan, Akses, Dan Evaluasi  Puskesmas Batang Tarang, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

 

Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkandengan ketentuanapabila dikemudian hari terdapat kekeliruan akan diadakan perbaikan/perubahan sebagaimana mestinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ditetapkan di Batang Tarang

Pada tanggal 1 Maret 2018

 

Kepala  Puskesmas Batang Tarang

 

 

 

 

HELENA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

LAMPIRAN I

:

KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS BATANG TARANG

NOMOR

:

SK/PKM-BATANG TARANG/ ... /2018

TENTANG

:

KEBIJAKAN PERENCANAAN, AKSES, DAN EVALUASI  PUSKESMAS BATANG TARANG

 

KEBIJAKAN PERENCANAAN, AKSES, DAN EVALUASI

PUSKESMAS BATANG TARANG

 

A.   PERENCANAAN PUSKESMAS

 

1.    Jenis-jenis pelayanan yang disediakan oleh  Puskesmas   harus disusun sesuai dengan prioritas kebutuhan masyarakat

2.    Jenis-jenis pelayanan yang disediakan oleh  Puskesmas, meliputi:

a.    Pelayanan  UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT (UKM), meliputi:

1)    Pelayanan KIA / KB

2)    Pelayanan Promosi Kesehatan

3)    Pelayanan Gizi

4)    Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

5)    Pelayanan Kesehatan Lingkungan

b.    Pelayanan  UPAYA KESEHATAN PERORANGAN  (UKP), meliputi:

1)    Pelayanan Pemeriksaan Umum

2)    Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut

3)    Pelayanan Pemeriksaan Calon Jamaah Haji

4)    Pelayanan KIA

5)    Pelayanan KB

6)    Pelayanan Imunisasi

7)    Pelayanan Administrasi

8)    Pelayanan Laboratorium

9)    Pelayanan Farmasi

10)    Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asetat)

11)    Konseling Gizi

12)    Pelayanan Jejaring Puskesmas (Puskesmas Pembantu dan Puskesmas Keliling)

3.    Jenis pelayanan dan informasi tentang pelayanan wajib disediakan bagi masyarakat

4.    Perencanaan  Puskesmas   harus disusun berdasarkan analsis kebutuhan masyarakat dengan melibatkan masyarakat dan lintas sektor terkait, dan sesuai dengan visi, misi, fungsi dan tugas pokok  Puskesmas 

5.    Analisis kebutuhan masyarakat dilakukan melalui pertemuan dengan tokoh masyarakat, sektor terkait, SMD, MMD, analisis data surveilans, capaian kinerja pelayanan.

6.    Rencana  Puskesmas   disusun dalam bentuk rencana lima tahunan, rencana usulan kegiatan, dan rencana pelaksanaan kegiatan

7.    Rencana  Puskesmas   merupakan perencanaan yang terintegrasi baik untuk pelayanan  UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT (UKM),   maupun  UPAYA KESEHATAN PERORANGAN  (UKP), 

 

B.   AKSES MASYARAKAT TERHADAP PUSKESMAS DAN PELAKSANAAN KEGIATAN

 

1.    Informasi tentang jenis-jenis pelayanan yang disediakan Puskesmas Batang Tarang wajib disediakan bagi masyarakat.

2.    Informasi tentang tujuan, sasaran, tugas pokok, fungsi, dan kegiatan Puskesmas Batang Tarang wajib disampaikan pada masyarakat, lintas sektor, dan lintas program.

3.    Komunikasi dengan masyarakat, termasuk akses untuk menyampaikan umpan balik, dilaksanakan melalui  :

a.    Secara langsung

1)    Survey kepuasan pelanggan;

2)    Survey identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat atau pelanggan;

3)    Rapat atau pertemuan lintas sektor;

4)    Musyawarah Masyarakat Desa (MMD);

5)    Temu langsung pada pelaksanaan kegiatan di dalam gedung maupun luar gedung Puskesmas.

b.    Secara tidak langsung

1)    Kotak saran;

2)    Telepon (085349531202), facebook (Puskesmas Batara), dan email (puskesmasbatara@gmail.com).

4.    Penjadualan kegiatan puskesmas harus disepakati bersama antar pelaksana kegiatan dan dengan masyarakat.

5.    Keluhan dan umpan balik masyarakat wajib ditindak lanjuti

6.    Tindak lanjut terhadap keluhan dan umpan balik wajib dievaluasi.

7.    Seluruh pegawai puskesmas wajib melaksanakan tertib administrasi dalam menyelenggarakan upaya/kegiatan Puskesmas, baik Upaya Kesehatan Perorangan (UKP), Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), dan Administrasi.

8.    Seluruh karyawan wajib mematuhi peraturan tata tertib, peraturan internal, dan standar operasional prosedur ketika melaksanakan pelayanan

9.    Kepala Puskesmas, Penanggungjawab Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan/atau Penanggungjawab Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) diwajibkan untuk melakukan koordinasi dan komunikasi.

10. Kepala Puskesmas, Penanggungjawab Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan/atau Penanggungjawab Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) diwajibkan untuk memberi pengarahan kepada pegawai atau pelaksana kegiatan dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab.

11. Arahan dan dukungan diberikan dalam bentuk kebijakan lokal, pertemuan-pertemuan, maupun konsultasi dan pembimbingan oleh pimpinan.

 

 

C.   EVALUASI KINERJA PUSKESMAS

 

1.      Kinerja  Puskesmas   wajib dimonitor dan dievaluasi

2.      Penilaian kinerja dilakukan terhadap semua jenis pelayanan yang ada di  Puskesmas  , baik  kinerja manajerial, kinerja pelayanan  Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM),   maupun kinerja Pelayanan  Upaya Kesehatan Perorangan  (UKP), 

3.      Penilaian kinerja juga dilakukan terhadap penanggung jawab tiap Upaya  Puskesmas 

4.      Monitoring dan Penilaian kinerja dilakukan secara periodik, baik bulanan, tri bulan, dan tahunan

5.      Hasil monitoring dan penilaian kinerja harus diumpan balikkan pada pihak-pihak terkait

6.      Hasil analisis kinerja dibandingkan dengan standar dan dilakukan kajibanding dengan  Puskesmas   yang lain

7.      Kajibanding kinerja dilakukan paling sedikit tiga kali dalam satu tahun.

8.      Hasil monitoring  dan evaluasi kinerja, serta hasil kajibanding harus ditindak lanjuti dalam bentuk perbaikan

9.      Hasil monitoring dan penilaian kinerja wajib dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ditetapkan di Batang Tarang

Pada tanggal 1 Maret 2018

 

Kepala  Puskesmas Batang Tarang

 

 

 

 

HELENA

 

 

No comments:

Post a Comment

Manajemen Telusur

DOKUMEN TELUSUR POKOK Rencana Strategis ( Renstra )   >>>>>>>>>> View Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) dan ...