|
ASUHAN KEPERAWATAN ASMA |
Puskesmas Abcde |
|||
SOP |
Nomor |
:440/C/VII/7/SOP/2018/00.. |
|||
Terbit ke |
:01 |
||||
No.Revisi |
:00 |
||||
Tgl.Terbit |
: 01/07/2018 |
||||
Halaman |
: 1 -1 |
||||
Ditetapkan Kepala Puskesmas Abcde |
|
|
1.Pengertian |
Asuhan
Keperawatan pasien Asma adalah suatu rangkaian kegiatan praktik keperawatan
yang langsung diberikan kepada pasien asma dengan menggunakan metodologi
proses keperawatan dalam lingkup dan wewenang
serta tanggung jawab keperawatan. |
2.Tujuan |
Sebagai acuan
dalam melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien asma. |
3.Kebijakan |
Surat Keputusan
Kepala Puskesmas Nomor .....tentang
Pemberian Layanan Klinis. |
4.Referensi |
Nurarif, A.H,
Kusuma H. Aplikasi Asuhan Keperawatan
Berdasarkan Diagnosa M edis dan Nanda Nic-Noc, Edisi Revisi Jilid 2.2015. |
5.Alat dan Bahan |
1.) Bed pasien 2.) Tensimeter 3.) Stetoskop 4.) Oksigen
(O2) 5.)Aminophilyn 6.)Kartu Rekam
Medis 7.)Sungkup
Oksigen |
6.Prosedur |
1.) Petugas memanggil pasien. 2.) Petugas mempersilahkan pasien untuk
duduk dengan nyaman. 3.) Bila tidak bisa duduk, petugas
mempersilahkan pasien berbaring di tempat tidur. 4.) Petugas
melaksanakan anamnesa sesuai keluhan pasien seperti sesak napas, batuk
berdahak, susah tidur, khawatir / cemas, stress fisik ,dan riwayat penyakit
sebelumnya. 5.) Petugas
melaksanakan pengukuran vital sign ( tekanan darah, pernapasan dan denyut
nadi). 6.) Petugas
mencatat hasil pengkajian di rekam medis. 7.) Petugas
menuliskan diagnosa keperawatan. 8.) Petugas
melaksanakan pendidikan kesehatan ( Health Education ). 9.) Petugas
mempersilahkan pasien untuk menunggu panggilan pemeriksaan dokter. 10.) Pada
pasien dengan sesak napas akut, petugas memberikan oksigen (O2). 11.) Petugas
memberikan injeksi aminophilyn sesuai advice dokter. 12.) Petugas
melakukan monitor selama diberikan injeksi Aminophylin. 13.) Petugas
melakukan evaluasi terhadap tindakan/ pendidikan kesehatan yang telah
diberikan. 14.) Petugas
mencatat asuhan keperawatan yang telah dilaksanakan. 15.) Petugas
melakukan dokumentasi keperawatan. |
7.Diagram Alir |
|
8.Hal-hal yang
perlu diperhatikan |
|
9.Unit Terkait |
Ruang
Pemeriksaan Umum |
10.Dokumentasi
Terkait |
1.Kartu rekam
medis 2.Buku register 3.Simpus data |
11. Rekaman Historis perubahan
No |
Halaman |
Yang dirubah |
Perubahan |
Diberlakukan Tgl. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment