|
ASUHAN KEPERAWATAN CEDERA TERBUKA |
Puskesmas Abcde |
|||
SOP |
Nomor |
:440/C/VII/SOP/7/2018/00.. |
|||
Terbit ke |
:01 |
||||
No.Revisi |
:00 |
||||
Tgl.Terbit |
:01/07/2018 |
||||
Halaman |
: 1 -1 |
||||
Ditetapkan Kepala Puskesmas Abcde |
|
|
1.Pengertian |
Asuhan
Keperawatan pasien cedera terbuka adalah suatu rangkaian kegiatan praktik
keperawatan yang langsung diberikan kepada pasien cedera terbuka dengan
menggunakan metodologi proses keperawatan dalam lingkup dan wewenang serta tanggung jawab keperawatan. |
2. Tujuan |
Sebagai acuan
dalam melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien cedera terbuka. |
3. Kebijakan |
Surat Keputusan
Kepala Puskesmas Nomor .....tentang
Pemberian Layanan Klinis. |
4.Referensi |
Nurarif, A.H,
Kusuma H. Aplikasi Asuhan Keperawatan
Berdasarkan Diagnosa M edis dan Nanda Nic-Noc, Edisi Revisi Jilid 2.2015. |
5.Alat dan Bahan |
1.)Kartu Rekam
Medis 2.)Tensimeter 3.)Stetoskop 4.)Handsoon 5.)Betadin 6.)Rivanol 7.)Kassa 8.)nierbekken 9.)Kom kecil 10.)Pinset
anatomis 11.)Pinset
sirurrgis 12.)Lidocain /
kloretil 13.)Minor set 14.)Spuit 3 cc |
6.Prosedur |
1.) Petugas memanggil pasien. 2.) Petugas mempersilahkan pasien untuk
duduk dengan nyaman. 3.) Bila tidak bisa duduk, petugas
mempersilahkan pasien berbaring di tempat tidur. 4.) Petugas
melaksanakan anamnesa sesuai keluhan pasien seperti nyeri daerah
luka/pusing/mual/muntah/pingsan . 5.) Petugas
melaksanakan pengukuran vital sign ( tekanan darah, pernapasan dan denyut
nadi) dan observasi adanya luka/perdarahan/keterbatasan gerak. 6.) Petugas
mencatat hasil pengkajian di rekam medis. 7.) Petugas
menuliskan diagnosa keperawatan. 8.) Petugas
tindakan perawatan ( perawatan luka/hecting ) sesuai advis dokter. 9.) Petugas
melaksanakan pendidikan kesehatan ( Health Education ). 10. )Petugas melakukan
kolaborasi dengan dokter untuk pemberian terapi. 11.) Petugas
mencatat asuhan keperawatan yang telah dilaksanakan. 12.) Petugas
melakukan dokumentasi keperawatan. |
7.Diagram Alir |
- |
8.Hal-hal yang
perlu diperhatikan |
|
9. Unit Terkait |
Ruang Pemeriksaan
Umum |
10.Dokumentasi
Terkait |
1.Kartu rekam
medis 2.Buku register 3.Simpus Data |
11. Rekaman Historis perubahan
No |
Halaman |
Yang dirubah |
Perubahan |
Diberlakukan Tgl. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment