Triase Telepon (I.14590)
Definisi
Menentukan sifat dan urgensi masalah dan memberikan arahan singkat tentang perawatan yang diperlukan melalui telepon
Tindakan
Observasi
Tanyakan tujuan panggilan (mis. kondisi, gejala, diagnosis medis, riwayat kesehatan masa lalu, dan pengobatan saat ini)
Tanyakan tentang keluhan atau gejala yang dialami
Terapeutik
Perkenalkan diri sebelumnya dengan menyebutkan nama, jabatan dan instansi, sebutkan panggilan sedang direkam
Tunjukkan keinginan untuk membantu (mis."bagaimana saya dapat membantu?")
Bicara langsung dengan pasien, jika memungkinkan
Gunakan panduan standar prosedur operasional dalam memberitakan masalah
Prioritaskan masalah berdasarkan kondisi yang paling mengancam
Berikan petunjuk pertolongan pertama atau petunjuk kegawatan (mis. instruksi RJP atau persalinan), sesuai standar operasional prosedur - Berikan arahan yang jelas untuk transportasi ke rumah sakit, jika perlu
Berikan pilihan rujukan dan atau intervensi
Dokumentasikan setiap penilaian, saran, instruksi, atau informasi lain yang diberikan kepada pasien, sesuai dengan standar prosedur operasional
Edukasi
Informasikan tentang agen pengobatan dan perawatan diri
Referensi:
PPNI (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia.
No comments:
Post a Comment