Wednesday, March 8, 2023

SK Payung - Pelayanan Penunjang Klinis


KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS BATANG TARANG

NOMOR: SK/PKM-BATANG TARANG/.../2018

 

TENTANG

 

PELAYANAN PENUNJANG KLINIS,PENGELOLAAN OBAT, MANAJEMEN INFORMASI, MANAJEMEN LINGKUNGAN DAN PRASARANA, MANAJEMEN PERALATAN, MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) KLINIS

PUSKESMAS BATANG TARANG

 

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

 

KEPALA PUSKESMAS BATANG TARANG

 

Menimbang

:

a.

bahwa pelayanan penunjang klinis Puskesmas dilaksanakan kebutuhan;

 

 

b.

 

c.

 

 

 

 

d.

 

 

 

 

bahwa pelayanan penunjang klinis Puskesmas perlu memperhatikan mutu dan keselamatan pasien;

bahwa untuk menjamin pelayanan penunjang klinis dilaksanakan sesuai kebutuhan pasien, bermutu, dan memperhatikan keselamatan pasien, maka perlu disusun kebijakan pelayanan penunjang klinis diPuskesmas Batang Tarang

bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, huruf bdan huruf c, perlu menetapkan keputusan Kepala Puskesmas Batang Tarang tentang Pelayanan Penunjang Klinis,Pengelolaan Obat, Manajemen Informasi, Manajemen Lingkungan dan Prasarana, Manajemen Peralatan, Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) KlinisPuskesmas Batang Tarang;

 

Mengingat

 

:

 

1.

 

 

2.

 

3.

 

 

4.

 

5.

 

 

 

 

 

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 144, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5063);

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor75  Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat;

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 46 tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi;

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan;

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 857/MENKES/SK/IX/2009Tentang PedomanPenilaian KinerjaSumber Daya Manusia Kesehatan Di Puskesmas;

 

 

 

 

 

 

 

Menetapkan

 

 

 

 

 

KESATU

 

 

 

 

 

KEDUA

 

 

 

KETIGA

 

 

:

 

 

 

 

 

:

 

 

 

 

 

:

 

 

 

:

MEMUTUSKAN  :

 

KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS BATANG TARANG TENTANG PELAYANAN PENUNJANG KLINIS,PENGELOLAAN OBAT, MANAJEMEN INFORMASI, MANAJEMEN LINGKUNGAN DAN PRASARANA, MANAJEMEN PERALATAN, MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) KLINISPUSKESMAS BATANG TARANG.

 

Kebijakan pelayanan Penunjang Klinis Pengelolaan Obat, Manajemen Informasi, Manajemen Lingkungan dan Prasarana, Manajemen Peralatan, Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Klinis puskesmas sebagaimana tercantum dalam lampiran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keputusan ini;

 

Pada saat surat keputusan ini mulai berlaku, Keputusan Kepala  Puskesmas Batang Tarang Nomor SK/…/2016 Tentang Kebijakan Pelayanan Penunjang KlinisPuskesmas Batang Tarang, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku

 

Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkandengan ketentuanapabila dikemudian hari terdapat kekeliruan akan diadakan perbaikan/perubahan sebagaimana mestinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ditetapkan di Batang Tarang

Pada tanggal 1 Maret 2018

 

Kepala  Puskesmas Batang Tarang

 

 

 

 

HELENA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

LAMPIRAN I

:

KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS BATANG TARANG

NOMOR

:

I/UKP/002/2018

TENTANG

:

KEBIJAKAN PENUNJANG KLINIS PENGELOLAAN OBAT, MANAJEMEN INFORMASI, MANAJEMEN LINGKUNGAN DAN PRASARANA, MANAJEMEN PERALATAN, MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) KLINIS PUSKESMAS BATANG TARANG

 

PENUNJANG KLINIS PENGELOLAAN OBAT, MANAJEMEN INFORMASI, MANAJEMEN LINGKUNGAN DAN PRASARANA, MANAJEMEN PERALATAN, MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) KLINIS

PUSKESMAS BATANG TARANG

 

A.    Pelayanan laboratorium

1.    Jenis pemeriksaan yang tersedia dan prosedurnya

2.    Pelaksanaan pemeriksaan dan pemantauannya

3.    Petugas yang kompeten untuk melakukan pemeriksaan

4.    Pengelolaan reagen, labeling, penyimpanan, ketersediaan reagen esensial

5.    Penetapan nilai normal dan rentang nilai

6.    Interpertasi oleh tenaga yang kompeten

7.    Penanganan specimen berisiko tinggi

8.    Penanganan B3B dan pembuangan limbah

9.    Ketepatan waktu penyerahan hasil

10. Penyampaian hasil yang kritis

11. PMI dan PME: kalibrasi, validasi internal, dan pemantapan mutu eksternal

12. Program peningkatan mutu dan keselamatan: indicator pelayanan, analisis, upaya peningkatan mutu dan keselamatan dan tindak lanjutnya

13. Program pemeliharaan alat: inventarisasi alat dan pemeliharaan

 

B. Pengelolaan obat

1.    Jenis dan jumlah obat yang tersedia, formularium

2.    Prosedur peresepan obat dan pelayanan obat

3.    Bgm menjamin ketersediaan obat

4.    Pengelolaan obat psikotropik dan narkotik

5.    Kebersihan, keamanan penyimpanan, penyiapan dan penyampaian obat kepada pasien

6.    Penyimpanan dan prosedur penanganan obat LASA

7.    Penanganan obat kedaluwarsa

8.    Penanganan efek samping obat dan alergi (MESO)

9.    Pelaporan dan tindak lanjut jika terjadi medication error

10.   Ketersediaan obat-obat emergensi

11.   Program peningkatan mutu dan manajemen risiko pada pelayanan obat: indicator pelayanan obat, analisis dan tindak lanjut, identifikasi risiko pelayananan obat, analisis dan tindak lanjut

 

C. Manajemen informasi

1.    Pembakuan klasifikasi diagnosis, kode diagnosis, symbol, specimen tanda tangan dan inisial dokter/perawat

2.    Prosedur pelayanan rekam medis

3.    Proses pengelolaan rekam medis

4.    Cara identifikasi pasien agar tidak terjadi kesalahan

5.    Pengaturan isi rekam medis

6.    Kelengkapan isi rekam medis

7.    Tenaga yang kompeten

 

D. Manajemen lingkungan dan prasarana

1.    Kondisi fisik lingkungan/bangunan

2.    Manajemen prasarana: instalasi listrik, kualitas air, ketersediaan gas medis, ventilasi, dan system utama yang lain

3.    Penanganan B3B

4.    Penanganan limbah

5.    Rencana penanggulangan bencana

6.    Rencana penanggulangan kebakaran

7.    Monitoring, evaluasi, tindak lanjut kondisi fisik

8.    Program pemeliharaan lingkungan fisik

9.    Program penanggulangan bencana dan kebakaran dan bagaimana pelaksanaannya

10.     Tenaga yang bertanggung jawab untuk pengelolaan lingkungan dan kalau terjadi bencana/kebakaran

 

F. Manajemen peralatan

1.    Prosedur penyiapan alat medis

2.    Prosedur sterilisasi dan pelaksanaannya

3.    Bagaimana memastikan peralatan steril

4.    Inventarisasi, jadual pemeliharaan alat medis, prosedur dan pelaksanaan.

5.    Kalibrasi peralatan medis

6.    Monitoring peralatan yang rusak dan penggantiannya

7.    Bagaimana memastikan ketersediaan alat medis

8.    Petugas yang bertanggung jawab dalam pengelolaan peralatan medis

 

G. Manajemen sumber daya manusia (SDM) klinis

1.    Penghitungan kebutuhan tenaga kesehatan (klinis), peta kompetensi

2.    Penilaian kinerja tenaga klinis

3.    Proses kredensial, rekredensial dan penetapan kewenangan klinis

4.    Upaya peningkatan kompetensi

5.    Peluang/kesempatan pendidikan dan pelatihan

Kelengkapan perijinan tenaga klinis: STR, SIP, SIK, dsb.

 

 

Ditetapkan di Batang Tarang

Pada tanggal 1 Maret 2018

 

Kepala  Puskesmas Batang Tarang

 

 

 

 

HELENA

 

 

No comments:

Post a Comment

Manajemen Telusur

DOKUMEN TELUSUR POKOK Rencana Strategis ( Renstra )   >>>>>>>>>> View Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) dan ...