Friday, March 10, 2023

SOP Asuhan Keperawatan Dermatitis

 

 

ASUHAN KEPERAWATAN

DERMATITIS

 

 

 

 

 

 

Puskesmas

Abcde

 

SOP

Nomor

:440/C/VII/SOP/7/2018/00..

Terbit ke

:01

No.Revisi

:00

Tgl.Terbit

:01/07/2018

Halaman

: 2 -1

Ditetapkan Kepala  Puskesmas Abcde

 

 

 

 

1.Pengertian

Asuhan Keperawatan pasien dermatitis adalah suatu rangkaian kegiatan praktik keperawatan yang langsung diberikan kepada pasien dermatitis dengan menggunakan metodologi proses keperawatan dalam lingkup dan wewenang  serta tanggung jawab keperawatan.

2.Tujuan

Sebagai acuan dalam melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien dermatitis.

3.Kebijakan

Surat Keputusan Kepala Puskesmas Nomor  .....tentang Pemberian Layanan Klinis.

4.Referensi

Nurarif, A.H, Kusuma H. Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa M edis dan Nanda Nic-Noc, Edisi Revisi Jilid 2.2015.

5.Alat dan Bahan

1.)Kartu Rekam Medis

2.)Tensimeter

3.)Stetoskop

4.)Handsoon

5.)Betadin

6.)Rivanol

7.)Kassa

8.)nierbekken

9.)Kom kecil

10.)Pinset anatomis

 

6.Prosedur

 1.) Petugas memanggil pasien.

 2.) Petugas mempersilahkan pasien untuk duduk dengan nyaman.

 3.) Bila tidak bisa duduk, petugas mempersilahkan pasien berbaring di tempat tidur.

4.) Petugas melaksanakan anamnesa sesuai keluhan pasien seperti rasa gatal/ruam/rash/eritema vesiculla/pustula/lesi/hipopigmentasi/skuama/hiperpigmentasi dan kadang demam.

5.) Petugas melaksanakan pengukuran vital sign ( tekanan darah, pernapasan dan denyut nadi) dan observasi adanya ukk/ujud kelainan kulit.

6.) Petugas mencatat hasil pengkajian di rekam medis.

7.) Petugas menuliskan diagnosa keperawatan.

8.) Petugas melaksanakan pendidikan kesehatan ( Health Education ).

9.)Apabila memerlukan perawatan luka, petugas melakukan perawatan luka sesuai advice dokter

10.) Petugas mempersilahkan pasien untuk menunggu panggilan pemeriksaan dokter.

11.) Petugas mencatat asuhan keperawatan yang telah dilaksanakan.

12.) Petugas melakukan dokumentasi keperawatan.

 

7.Diagram Alir

 

8.Hal-hal yang perlu diperhatikan

 

9. Unit Terkait

Ruang Pemeriksaan Umum

10.Dokumentasi Terkait

1.Kartu rekam medis

2.Buku register

3.Simpus data

 

 

11. Rekaman Historis perubahan

 

No

 

Halaman

 

Yang dirubah

 

Perubahan

Diberlakukan Tgl.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment

Manajemen Telusur

DOKUMEN TELUSUR POKOK Rencana Strategis ( Renstra )   >>>>>>>>>> View Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) dan ...