Friday, March 17, 2023

Notulen lokmin lintas sektoral

 

NOTULEN

PERTEMUAN LOKA KARYA MINI (LOKMIN)

LINTAS SEKTORAL PUSKESMAS MALIKU

KEC. MALIKU KAB. PULANG PISAU

 

A.     PELAKSANAAN

HARI/TANGGAL                  : Selasa, 21 November 2017

Waktu                                    : Pukul. 09.00 WIB s/d Selesai

Tempat                                  : Aula Puskesmas Maliku

Materi                                    :

Pemimpin Acara                 : Kepala UPT. Puskesmas Maliku

Jumlah peserta hadir        : Daftar Hadir Terlampir

 

B.      SUSUNAN ACARA

1.      Pembukaan Oleh Pembawa Acara

2.      Menynyikan Lagu Indonesia Raya

3.      Pembacaan Do,a

4.      Sambutan- Sambutan

5.      Paparan Realisasi Setiap Pemegang Program

6.      Analisa Inventarisasi Dan Hambatan Dalam Peran Bantu Masing-Masing Sektor

7.      Perumusan Dan Nota Kesepakatan

8.      Penutup

 

 

 

 

C.      URAIAN

1.      Sambutan-sambutan

a.      Sambutan Kepala UPT. Puskesmas Maliku

Dalam sambutan Kepala Puskesmas menyampaikan bahwa keberhasilan suatu pembangunan kesehatan harus didukung oleh lintas sektor yaitu dengan diadakannya Lokakarya mini. Pada tahun 2018 puskesmas maliku akan menghadapi Akreditasi dan Lokmin lintas sektor yang akan diadakan setiap 3 bulan diharapkan agar setiap lintas sektor untuk menjelaskan dukungan yang diberikan dalam kesehatan. Masalah yang didapat pada Lokmin lintas sektor ini akan menjadi visi misi puskesmas dan semoga bisa dibawa musyawarah di masyarakat desa.

b.      Sambutan Camat Maliku

Dalam sambutan Camat maliku menyampaikan bahwa sangat mendukung apa yang menjadi program dan tugas dari wilayah puskesmas maliku.   Untuk merubah prilaku dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan  tidaklah mudah sehingga aparat desa akan berperan dengan ikut serta menjaga kesehatan sejak dini pada masyarakat sejak 1000 Hari Pertama Kelahiran. Pada kesehatan lingkungan dan sanitasi untuk menentukan keluarga sehat jika disepakati lokasi dana desa bisa untuk membantu atau membangun keluarga yang tidak mampu.

c.       Sambutan dinas kesehatan

Dalam sambutan dinkes menyampaikan bahwa semua masalah kesehatan bukan hanya pada petugas kesehatan saja karena angka kematian bayi yang tinggi penyebabnya sangat banyak. Pada kasus kelahiran semua akan selamat jika menghindari 3T yaitu dengan mempersiapkan P4K. Dinas kesehatan tidak akan berhasil tanpa kerja sama semua lintas sektor oleh sebab itu diharapkan semua aparat desa maupun pukesmas ikut serta dalam menangani setiap masalah yang dapat menyebabkan meningkatnya angka kematian bayi. Imunisasi yang masih rendah, ibu hamil yang tidak mau  periksa atau ikut kelas ibu hamil diharapkan agar kader dapat mendata dan mendatangi untuk menanyakan serta pihak desa dapat membantu untuk biaya transport kader agar lebih semangat.

d.      Sambutan Kapolsek Maliku

Dalam sambutan Kapolsek Maliku menyampaikan bahwa sangat mendukung kegiatan puskesmas dan akan membatu dalam memberikan himbauan  tentang pentingnya kesehatan lingkungan, ibu dan anak melalui bhabinkamtibnas yang ada didesa.

e.      Sambutan UPTD dinas pendidikan

Dalam sambutan kepala UPTD dinas pendidikan  menyampaikan bahwa mendukung sepenuhnya semua kegiatan yang menjadi tanggung jawab puskesmas maliku. Harapannya agar setiap kegiatan terjadwal dengan baik sehingga imunisasi pada siswa sekolah dapat mencapai lebih dari 90% dan mohon untuk dapat memberikan penyuluhan kesehatan yang harus diberikan kepada sekolah dasar yang mempunyai UKS yang tidak berjalan sangat perlu diberikan arahan yang ditanamkan sejak sekolah dasar agar menjadi generasi cerdas dan sehat.

 

 

 

2.      Paparan realisasi setiap pemegang program

a.      Pemegang program KIA menyampaikan bahwa kunjungan kehamilan K1,K2,K3 dan K4 masih sangat rendah disetiap desa di wilayah kerja puskesmas Maliku. Angka anemia mencapai (17%) dari jumlah ibu hamil yang dilakukan pemeriksaan Hb, angka KEK 12% dari jumlah ibu yang dilakukan pengukuran LILA dan 12 kematian bayi di tahun 2017.

b.      Pemegang program lainnya menyampaikan bahwa cakupan BELKAGA mencapai 90% di tahun 2016 dan masih 35% ditahun 2017 karena data pemberian belum selesai sepenuhnya. Cakupan pemberian imunisasi BOSTER masih sangat rendah yaitu dibawah 20% dari jumlah usia bayi yang harus mendapatkan imunisasi. Sedangkan cakupan keluarga sehat belum dapat dipastikan secara keseluruhan karena belum masuknya seluruh hasil pendataan.

c.       Dokter Puskesmas Maliku menyampaikan masalah tingginya kematian bayi di wilayah kerja Puskesmas Maliku disebabkan oleh banyak hal yaitu cacat bawaan, penyakit, ibu tidak sehat dan melahirkan tidak di fasilitas kesehatan. Capaian K1 s/d K4 yang rendah membuat tenaga kehatan kesulitan untuk mendeteksi penyakit yang dialami oleh ibu hamil seperti Hipertensi, Anemia, KEK dan lain-lain. Masalah selanjutnya adalah fasilitas kesehatan yang sudah tidak layak, tenaga kesehatan yang belum mendapatkan pelatihan, tidak layaknya posyandu, ibu tidak memberi ASI ekslusif dan bayi yang tidak dipantau Tumbuh kembangnnya.

 

 

 

3.      Perumusan dan Nota Kesepakatan

Hasil perumusan dan nota kesepakatan ini sebagai berikut:

1)      Mendukung upaya mengurangi angka kematian bayi

2)      Peran serta aparat desa dan tenaga kesehatan tentang betapa pentingnya mendapatkan pelayanan persalinan di fasilitas kesehatan dengan nakes

3)      Meningkatkan peran serta ibu balita untuk datang ke posyandu

4)      Memberikan himbauan tentang pentingnya kesehatan lingkungan ibu dan anak melalui bhabinkamtibmas yang ada di desa

5)      Mendukung peningkatan mutu pelayanan kesehatan melalui akreditasi Puskesmas Maliku

6)      Menggalangkan gerakan masyarakat untuk hidup sehat (GERMAS)

7)      Meningkatkan sumber daya tenaga kesehatan yang ada didesa melalui pelatihan APN

8)      Melengkapi sarana dan prasarana posyandu dan pelatihan kader

9)      Mendukung pelaksanaan imunisasi ditingkat sekolah dasar

10)  Penjaringan data siswa baru agar dapat difasilitasi oleh kesehatan

11)  Mengoptimalkan fungsi babinsa untuk meningkatkan kualitas kesehatan warga desa binaan melalui komunikasi sosial dan anjangsana

12)  Meningkatkan kerja sama puskesmas maliku dengan pihak desa untuk mensosialisasikan pentingnya melahirkan di fasilitas kesehatan

13)  Sosialisasi JAMPERSAL

 

 

 

D.     PENUTUP

                    Acara Loka Karya Mini Lintas Sektor Puskesmas Maliku ditutup oleh Kepala Puskesmas Maliku selaku pimpinan acara pada pukul 13.00 WIB.

No comments:

Post a Comment

Manajemen Telusur

DOKUMEN TELUSUR POKOK Rencana Strategis ( Renstra )   >>>>>>>>>> View Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) dan ...