Sunday, February 5, 2023

Manual mutu IA3. Proses Pelayanan (Proses Bisnis)

 

3.  Proses Pelayanan (Proses Bisnis)

Secara garis besar pelayanan di BLUD Puskesmas Rawalo  terdiri atas 3 (tiga) kegiatan yaitu Penyelenggaraan Pelayanan Manajemen, Penyelenggaraan Upaya Puskesmas (UKM) dan Penyelenggaraan Pelayanan Klinis (UKP).

a.      Penyelenggaraan Pelayanan Manajemen, meliputi;

a)       Penyelenggaraan Tata Usaha dan Kepegawaian, meliputi;

1)        Pengusulan kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala dilakukan setiap ada pegawai yang naik pangkat dan gaji berkala;

2)        Kegiatan surat menyurat terhadap internal puskesmas, lintas sektor dan dinas kesehatan dilakukan setiap saat diperlukan;

b)       Penyelenggaraan Pengorganisasian, meliputi;

1)        Melaksanakan pertemuan berkala puskesmas berupa;

-            Lokakarya mini bulanan;

-            Lokakarya mini linsek tiap tribulan.

 

-            Pertemuan Tim mutu dan manajemen resiko dilakukan dua kali per tahun;

-            Pertemuan Tim Pengaduan minimal 2 kali pertahun.

-            Pertemuan Tim audit internal dilakukan 2x/tahun;

-            Monitoring UKM dan UKP minimal dua kali pertahun;

-            Pertemuan pembahasan kinerja UKM oleh kapus, penanggungjawab UKM, pelaksana kegiatan 2x/tahun;

-            Pertemuan Pertemuan Tinjauan Manajemen (PTM) dilakukan setahun 2 (dua) kali per tahun;

2)        Pembinaan jaringan dan jejaring puskesmas yaitu Pustu, klinik swasta, praktek dokter dan oleh penanggungjawab jejaring dan jaringan Puskesmas Rawalo  dilakukan dua kali per tahun;

Pembinaan polindes dan bidan mandiri dilaksanakan 1 kali per bulan.

c)       Penyelenggaraan Evaluasi dan Pelaporan, meliputi;

1)        Konsultasi ke Dinkes Kabupaten terhadap keberhasilan program dilakukan setiap bulan sekali;

2)        Pelaporan keberhasilan cakupan program dilakukan setiap tribulan;

3)        Pembuatan Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP) tahunan dilakukan setiap 1 bulan sekali;

b.      Penyelenggaraan Upaya Puskesmas (UKM), meliputi;

1)     Gizi;

a)   Pendidikan/Konseling Gizi masyarakat dilakukan bila ada kasus dan rujukan temuan kasus gizi di masyarakat;

b)   Penanganan balita malnutrisi di masyarakat dilakukan jika ditemukan balita malnutrisi di masyarakat atau kasus rujukan dari desa;

c)   Penanganan ibu hamil KEK di masyarakat dilakukan bila ada rujukan atau penemuan kasus ibu hamil KEK di masyarakat;

d)   Penyuluhan Gizi lintas sektor dilakukan 2 (dua) kali dalam setahun;

e)   Penyuluhan Gizi Usia Dini dilakukan di Sekolah Dasar 1 (satu) kali dalam setahun;

2)     Kesehatan Ibu dan Anak (KIA):

a)      Pembinaan kader oleh bidan desa dilakukan setahun 4 (empat) kali;

b)      Penyuluhan Kesehatan bagi Bumil, Bufas, Neo, Bayi dan Balita Resti di masyarakat dilakukan 2 (dua) kali dalam setahun;

3)     Promosi Kesehatan:

a)      Refresing kader Posyandu dilakukan 2 (dua) kali setahun;

b)      Pertemuan Lintas Sektor promosi kesehatan dilakukan 2 (dua) kali setahun;

4)       Kesehatan lingkungan :

a)     Pemeriksaan TTU, DAM, TPM sesuai jadwal.

b)     Pembinaan institusi.

c)     Pemicuan STBM.

5)       P2M :

a)     Kontak tracing penderita TB paru, Kusta.

b)     Screening HIV/AIDS.

c)     Pemeriksaan jentik berkala.

d)     Penyelidikan epidemiologi.

6)       Kesehatan Remaja :

a)     Posyandu remaja.

b)     Forum peduli remaja.

c.       Penyelenggaraan Pelayanan Klinis (UKP), meliputi;

a.    Pelayanan Instalasi Gawat Darurat dilakukan 24 jam satiap hari;

b.    Pelayanan Rawat Inap dilakukan pelayanan 24 jam setiap hari;

c.     Pelayanan laboratorium dilakukan pelayanan setiap hari jam kerja;

d.    Pelayanan farmasi dilakukan pelayanan setiap hari jam kerja;

e.    Poli umum buka setiap hari kerja.

f.      Poli gigi buka setiap hari kerja.

g.    Poli KIA/KB buka setiap hari kerja.

h.    Poli MTBS buka setiap hari kerja.

i.      Loket buka setiap hari kerja.

No comments:

Post a Comment

Manajemen Telusur

DOKUMEN TELUSUR POKOK Rencana Strategis ( Renstra )   >>>>>>>>>> View Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) dan ...