Friday, March 17, 2023

PERENCANAAN TINGKAT PUSKESMAS / RENCANA USULAN KEGIATAN

 

PERENCANAAN TINGKAT PUSKESMAS (PTP)

PUSKESMAS ABCD

TAHUN 2023

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LOGO KABUPATEN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TIM PERENCANAAN

PUSKESMAS NGEMPLAK II

2015

 

 

 

 

KOP PUSKESMAS

 

 

 


                                                        

KEPUTUSAN

KEPALA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT NGEMPLAK II

NOMOR :188.4/800/09A/I/2015

 

TENTANG

 

PEMBENTUKAN TIM PENYUSUNAN  PERENCANAAN TINGKAT PUSKESMAS NGEMPLAK II

 

KEPALA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT NGEMPLAK II

 

Menimbang

:

a.      Bahwa dalam rangka penyusunan Perencanaan Tingkat Puskesmas Ngemplak II Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman perlu dibentuk Tim.

b.      Bahwa untuk melaksanakan maksud tersebut point a, perlu ditetapkan Keputusan Kepala puskesmas Ngemplak II dinas kesehatan Kabupaten Sleman tentang Pembentukan Tim penyusunan   perencanaan tingkat puskesmas pada puskesmas Ngemplak II Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

 

Mengingat

:

 1.     Undang-undang Nomor 15 tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah Kabupaten dalam Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta Jo. Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 1950;

 2.     Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008;

 3.     Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah;

 4.     Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 8 Tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan yang menjadi Kewenangan Pemerintah Kabupaten Sleman;

 5.     Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Perubahan Atas Peraturan Derah Kabupaten Sleman Nomor 9 Tahun 2009 tentang Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Sleman;

 6.     Peraturan Bupati Sleman Nomor 31 Tahun 2009 tentang Struktur Organisasi, penjabaran Tugas Pokok dan Fungsi, serta Tata Kerja Dinas Kesehatan;

 7.     Peraturan Bupati Sleman Nomor 50 Tahun 2013 tentang Penjabaran APBD Kabupaten Sleman Tahun 2014;

 8.     Keputusan Pejabat Pengelola Keuangan Daerah Nomor : 36/1.02.01/Kep.Ka. DPKAD/DPA-SKPD/2014 Tanggal 3 Januari 2014 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2014.


 

 

                        MEMUTUSKAN

Menetapkan

:

 

Kesatu

:

Membentuk Tim penyusunan perencanaan Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) Puskesmas Ngemplak II Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dengan susunan personalia seperti tersebut dalam lampiran.

Kedua

:

Tim bertugas melaksanakan penyusunan Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) Puskesmas Ngemplak II. Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

Ketiga

:

Segala biaya yang dikeluarkan sebagai akibat pelaksanaan surat keputusan ini dibebankan pada anggaran Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman tahun 2015

Keempat

:

Surat keputusan ini berlaku mulai tanggal ditetapkan dengan ketentuan segala sesuatunya akan ditinjau dan diadakan perubahan seperlunya, apabila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam  penetapan surat keputusan ini.

                    

Ditetapkan di :     Sleman

Pada tanggal  :     07 Januari 2015

KEPALA UPT PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT NGEMPLAK II

 

 

 

 

 

ISAH LISTIYANI

 

 


LAMPIRAN

:

SURAT KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS NGEMPLAK II.

 

 

NOMOR

:

188.4/800/09A/I/2015

 

 

TANGGAL

:

07 Januari 2015

 

 

SUSUNAN PERSONALIA

TIM PENYUSUNAN  PERENCANAAN TINGKAT PUSKESMAS NGEMPLAK II DINAS KESEHATAN KABUPATEN SLEMAN

 TAHUN 2015

 

NO

NAMA

JABATAN

KEDUDUKAN DALAM  TIM

1

drg. Isah Listiyani

Kepala Puskesmas

Penanggung Jawab

2

Yuni Sri Astuti, S.Sos.

Kepala Sub.Bag. TU

Ketua

3

dr. Henni Widiarini

dokter umum

Koord. pelaksana

4

drg. Yenny Widowati ID

dokter gigi

Pelaksana Teknis

5

Sukamto

Epidemilog

Pelaksana Teknis

6

Niken Kuntolowati, S.Gz

Nutrisionis

Pelaksana Teknis

7

dr. Noviyanti Agustina

dokter umum

Pelaksana Teknis

8

dr. Eko Budi Rahayu

dokter umum

Pelaksana Teknis

9

Sri Haryanti, A.Md.Keb.

Bidan

Pelaksana Teknis

10

Titik Tasulyati, A,Md.Keb

Bidan

Pelaksana Teknis

11

Novita Dwi I,A.Md.Keb.

Bidan

Pelaksana Teknis

12

Sumarini

Perawat

Pelaksana Teknis

13

Sri Nilawati, A.Mk

Perawat

Pelaksana Teknis

14

Dhoni Widyanto W.A.Md

Perawat

Pelaksana Teknis

15

Isti Ratnawati, A.MAK

Analis Lab

Pelaksana Teknis

16

Martina Ningsih, A.Md

Rekam Medis

Pelaksana Teknis

17

Sajiman, S.IP

Pengelola Keuangan

Pelaksana Teknis

17

Radian Wiharawati Y.

Asisten Apoteker

Pelaksana Teknis

18

Ismiyatin, A.MKL

Sanitarian

Pelaksana Teknis

19

Heru Prihanto, S.ST

Perawat Gigi

Pelaksana Teknis

 

KEPALA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT NGEMPLAK II

 

 

ISAH LISTIYANI

 

 

 

 


KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas limpahan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya sehingga Pelaksanaan Penyusunan Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) Pusat Kesehatan Masyarakat Ngemplak II Tahun 2015 telah selesai disusun.

         Pelaksanaan Penyusunan Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) Pusat Kesehatan Masyarakat Ngemplak II  Tahun 2015 memuat berbagai data dan informasi yang berkaitan dengan kebutuhan  masyarakat, yang kemudian diidentifikasi, dianalisis dengan sederhana secara kualitatif.

 Kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung tersusunnya Pelaksanaan Penyusunan Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) Pusat Kesehatan Masyarakat Ngemplak II  Tahun 2015, kami mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya.

Kami menyadari bahwa Pelaksanaan Penyusunan Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) Pusat Kesehatan Masyarakat Ngemplak II  Tahun 2015  masih terdapat kekurangan, sehingga kritik dan saran sangat diharapkan.

Semoga Pelaksanaan Penyusunan Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) Pusat Kesehatan Masyarakat Ngemplak II  Tahun 2015 dapat bermanfaat dalam rangka proses perencanaan, pemantauan dan evaluasi pencapaian pembangunan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat Ngemplak II, serta pembinaan dan pengawasan program kesehatan untuk mencapai dan meningkatkan mutu pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat.

 

        Ngemplak ,                        2015

Kepala UPT Pusat Kesehatan Masyarakat Ngemplak II

Kabupaten Sleman

 

 

 

 

drg. Isah listiyani

NIP. 19680523 200604 2 001

DAFTAR ISI

 

 

KATA PENGANTAR..........................................................................................i

DAFTAR ISI ii

BAB I PENDAHULUAN. 1

A.   Latar Belakang. 1

B.   Pengertian PTP. 2

C.   Tujuan. 2

1.   Tujuan Umum.. 2

2.   Tujuan Khusus. 2

D.   Manfaat 2

E.   Ruang Lingkup. 3

1.   Jenis Data / Informasi 3

2.   Sumber Data. 3

F.   Visi, Misi, Strategi 3

1.   Visi 3

2.   Misi 3

3.   Strategi 4

BAB II ANALISIS SITUASI 5

A.   Umum.. 5

1.   Data Geografis. 5

2.   Data Demografi 5

a.  Jumlah Penduduk Berdasarkan Jenis Kelamin. 5

b.  Jumlah Penduduk Berdasarkan Tingkat Pendidikan. 6

c.  Jumlah Penduduk Berdasarkan Mata Pencaharian. 6

3.  Ketenagaan. 7

4.   Sarana dan Prasarana. 8

5.   UKBM.. 12

6.   Sasaran Kegiatan. 12

B.   Khusus. 13

1.   Mortalitas. 113

2.   Morbiditas. 13

3.   Sepuluh Besar penyakit 114

4.   KLB. 15

5.   Status Gizi Masyarakat 15

6.   Cakupan Program.. 16

a.  Pelayanan Kesehatan Masyarakat 16

b.  Pelayanan Pengobatan. 24

c.  Penilaian Kinerja. 26

d.  Hasil survey kepuasan pelanggan. 27

BAB III ANALISIS MASALAH. 28

A.  Identifikasi Masalah Dan Prioritas Masalah. 28

1.  Identifikasi Masalah. 28

a.  Program Perbaikan Gizi Masyarakat 28

b.  Program Promosi Kesehatan. 28

c.  Program Upaya Kesehatan Lingkungan. 28

d.  Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular 29

e.  Program Kesehatan Ibu dan Anak serta KB. 29

f.  Program Usila. 29

g.  Program UKS dan UKGS. 29

h.  Program PHN. 29

i.   Program Kesehatan Jiwa. 29

j.   Program Kesehatan Mata. 29

k.  Manajemen Puskesmas. 30

2.  Prioritas Masalah. 25

B. Penyebab Masalah dan Alternatif Pemecahannya. 27

BAB IV RENCANA USULAN KEGIATAN. 37

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB I

PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang

Puskesmas adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota yang  bertanggungjawab  terhadap pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya. Puskesmas berperan menyelenggarakan upaya kesehatan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar memperoleh derajat kesehatan yang optimal. Dengan demikian Puskesmas berfungsi sebagai pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, pusat pemberdayaan keluarga dan masyarakat serta pusat pelayanan kesehatan strata pertama.

Upaya kesehatan yang diselenggarakan di Puskesmas terdiri dari Upaya Kesehatan wajib dan Upaya Kesehatan Pengembangan. Upaya Kesehatan wajib dilaksanakan oleh seluruh Puskesmas di Indonesia, merupakan daya ungkit paling besar terhadap keberhasilan pembangunan kesehatan. Yang termasuk dalam Upaya Kesehatan Wajib adalah Promosi kesehatan, Kesehatan Lingkungan, KIA dan KB, P2 serta pengobatan. Adapun Upaya Kesehatan Pengembangan yang ditemukan di ditetapkan berdasarkan permasalahan kesehatan masyarakat setempat serta disesuaikan dengan kemampuan Puskesmas.

Agar upaya kesehatan terselenggara secara optimal, maka Puskesmas  harus  melaksanakan  manajemen  dengan  baik.  Manajemen Puskesmas terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian serta pengawasan dan pertanggungjawaban. Seluruh kegiatan di atas merupakan satu kesatuan yang saling terkait dan berkesinambungan.

Pada dasarnya sebuah kegiatan akan berhasil apabila perencanaan yang disusun berdasarkan masalah yang ada di puskesmas. Dalam menyelesaikan masalah harus mempertimbangkan potensi dan sumber daya yang dimiliki. Selain itu perencanaan kegiatan dilakukan dari organisasi paling bawah atau disebut bottom up planning. Puskesmas sebagai ujung tombak institusi pelayanan kesehatan dilapangan dituntut untuk dapat menyusun perencanaan dengan baik berdasarkan prioritas masalah dengan berdasarkan potensi dan sumber daya yang dimiliki.

Untuk mencapai visi dan misi pembangunan kesehatan Kabupaten Sleman serta visi danmisi puskesmas maka perlu disusun sebuah dokumen perencanaan yang komprehensif. Perencanaan tersebut berupa penjabaran dari tahapan tahun rencana strategis Puskesmas Ngemplak II yang akan menjadi landasan dan panduan dalam pengusulan kegiatan tahun 2016. Dokumen ini disebut sebagai  PERENCANAAN TAHUNAN PUSKESMAS TAHUN 2015 PUSKESMAS NGEMPLAK II.

 

B.   Pengertian PTP

Perencanaan adalah suatu proses kegiatan yang urut yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan dengan memanfaatkan sumberdaya yang tersedia secara berhasil guna dan berdaya guna. Perencanaan Tingkat Puskesmas diartikan sebagai proses penyusunan rencana kegiatan Puskesmas pada tahun yang akan datang yang dilakukan secara sistematis untuk mengatasi masalah atau sebagian masalah kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya.

Perencanaan Tingkat Puskesmas mencakup semua kegiatan yang termasuk dalam  upaya Kesehatan wajib, Upaya Kesehatan Pengembangan dan Upaya Kesehatan Penunjang. Perencanaan ini  disusun oleh Puskesmas sebagai Rencana Tahunan Puskemas yang dibiayai oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah daerah maupun sumber dana yang lain.

 

C.   Tujuan

1.   Tujuan Umum

Meningkatnya kemampuan manajemen di Puskesmas dalam menyusun  perencanaan kegiatan tahunan berdasarkan fungsi dan asas penyelenggaraannya.

 

  1. Tujuan Khusus

a.      Tersusunnya Rencana usulan Kegiatan ( RUK ) tahun 2016 dalam upaya mengatasi masalah atau sebagian masalah kesehatan masyarakat.

b.      Tersusunnya Rencana  Pelaksanaan Kegiatan ( RPK ) tahun 2015 yang terpadu terarah dan sesuai dengan masalah khas yang ada di Puskesmas Ngemplak II (Specific local area).

 

 

 

D.   Manfaat

1.       Pedoman untuk mempersiapkan kegiatan yang akan dilaksanakan puskesmas pada tahun mendatang untuk meningkatkan mutu dan cakupan pelayanan kesehatan pada masyarakat dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang ada di wilayah kerja Puskesmas. 

2.            Memberikan petunjuk penyelenggaraan upaya kesehatan secara efektif dan efisien demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

3.        Memudahkan dalam pengawasan dan pertanggungjawaban.

4.            Memberikan pertimbangan hambatan, dukungan dan potensi yang ada.

 

E.    Ruang Lingkup

1.   Jenis Data / Informasi

Data yang dikumpulkan untuk penyusunan PTP Puskesmas Ngemplak II ini adalah :

a.      Data umum meliputi data geografi, kependudukan dan social ekonomi,  sumberdaya kesehatan yang meliputi data sarana kesehatan dan data sumber daya manusia

b.      Data derajat kesehatan yang meliputi angka kematian, data kesakitan, dan data status gizi.

c.      Data tentang cakupan program kesehatan ibu anak dan keluarga berencana , status gizi masyarakat,  Perilaku hidup bersih dan sehat, kegiatan promosi kesehatan,  keadaan lingkungan, Kegiatan pencegahan dan pemberantasan penyaki menular, surveilans dan kegiatan pendukung lainnya.

 

2.  Sumber Data

d.      Catatan Kegiatan Program

e.      Dokumen Kantor Desa, Puskesmas Pembantu, kantor PLKB Kecamatan, dan Kecamatan.

F.    Visi, Misi, Strategi

1.   Visi

“Menjadi Pusat Pelayanan Kesehatan dengan Pelayanan Prima Untuk Mewujudkan Masyarakat Sehat Dan Mandiri”.

2.   Misi

1.           Memberikan Pelayanan Kesehatan yang Bermutu dan Komprehensif

2.           Memastikan Ketersediaan Sumber Daya untuk Pengembangan Pelayanan

3.           Menjadi Fasilitator dalam Mewujudkan Kemandirian Masyarakat di Bidang Kesehatan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

4.           Mengembangkan Sistem Manajemen yang Akuntabel.

3.    Strategi

a.      Menurunkan angka kesakitan dan kematian.

b.      Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan secara berkelajutan yang berorientasi pada  kepuasan pelanggan.

c.      Meningkakan kemampuan kinerja dan  kesejahteraan karyawan.

d.      Meningkatkan kemandirian masyarakat dalam bidang kesehatan.

 

 

BAB II

ANALISIS SITUASI

 

A.   Umum

1.   Data Geografis

Secara geografis, wilayah kerja Puskesmas Ngemplak II merupakan dataran rendah yang terletak di sebelah Timur Kabupaten Sleman dengan ketinggian sekitar 7-10m DPAL. Luas wilayah Puskesmas Ngemplak II adalah  3.431 Ha (51,4 % dari total luas wilayah Kecamatan) kawasan ini memiliki sumberdaya alam yang berbeda walaupun ada yang serupa. Pemanfaatan tanah antara lain sebagai pekarangan/tegalan, bangunan/rumah, sawah dan lain-lain. Batas administratif wilayah kerja Puskesmas Ngemplak II adalah sebagai berikut :

Ø  Batas Utara     : Kecamatan Cangkringan

Ø  Batas Timur    : Kecamatan Manisrenggo Jawa Tengah

Ø  Batas Selatan  : Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman

Ø   Batas Barat   : Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman

Wilayah  kerja Puskesmas Ngemplak II terdiri dari  (2) desa dengan .44 pedukuhan, yaitu :

Ø  Desa Widodomartani terdapat 19 pedukuhan;

Ø   Desa Wedomartani terdapat 25 pedukuhan;

 

2.   Data Demografi

a.    Jumlah Penduduk Berdasarkan Jenis Kelamin

Seiring bertambahnya tahun, terjadi peningkatan jumlah penduduk di wilayah kerja Puskesmas Ngemplak II Hal tersebut dapat dilihat pada tahun  tahun 2013 sebanyak 33.862 jiwa. Pada tahun 2014 sebanyak 34,552 jiwa dengan prosentase jumlah penduduk perempuan lebih banyak, yaitu 57,66 % sedangkan laki-laki sebanyak 56,99 % . Puskesmas saat ini diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan tepat sasaran terhadap penduduk di wilayah kerjanya. Tingkat partisipasi perempuan dapat dilihat diberbagai bidang, mulai dari pertanian, produksi rumah tangga ataupun sebagai buruh pabrik.

 

b.    Jumlah Penduduk Berdasarkan Tingkat Pendidikan

Jika dilihat dari tingkat pendidikan, rata-rata penduduk berpendidikan SLTA walaupun  masih ada yang berpendidikan SLTP, SD, ataupun tidak sekolah khususnya penduduk yang sudah tua. Hal tersebut dapat dilihat pada tabel berikut:

Tabel 2.1

Jumlah Penduduk Berdasarkan Tingkat Pendidikan

Wilayah Puskesmas Ngemplak II

 

No

Tingkat Pendidikan

Tahun 2014

Jumlah (jiwa)

 

1.

Tidak/Belum sekolah

12.266

2.

Tidak tamat SD/Sederajat

7.320

3.

SD/Sederajat

7.835

4.

SLTP/Sederajat

8.127

5.

SLTA/Sederajat

21.852

6.

Diploma III

2.290

7.

Strata I

6.400

8.

Strata II

899

9.

Strata III

140

10.

Buta huruf

9

                    Sumber : Data Kecamatan

 

 

 

c.    Jumlah Penduduk Berdasarkan Mata Pencaharian

Mata pencaharian sebagian besar penduduk masih mengandalkan pad sektor pertanian, hal ini dapat dilihat dari besarnya jumlah penduduk yang bergantung di sektor ini.

Tabel 2.2

Jumlah Penduduk Desa Berdasarkan Mata Pencaharian

Wilayah Kerja Puskesmas Ngemplak II.

 

No.

Jenis Pekerjaan

Tahun 2014

Jumlah (jiwa)

 

1

Buruh

14.386

2

Pengrajin/industri kecil

75

3

Pedagang

1.268

4

Pensiunan

1.517

5

PNS

2.703

6

Peternakan

1.176

7

POLRI

379

8

Petani/nelayan

11.359/8

9

Pengangkut

240

10

Lainnya

 

         Sumber : data Kecamatan

 

 

  1. Ketenagaan

Informasi ketenagaan atau sumber daya manusia diperlukan bagi perencanaan kebutuhan tenaga kesehatan serta pengelolaan kepegawaian. Jumlah tenaga kesehatan di Puskesmas Ngemplak II Tahun 2014  sebanyak 33 orang. Jumlah sumber daya manusia menurut kualifikasinya adalah sebagai berikut :

 

 

 

 

Tabel 2.3

Kebutuhan Jabatan Fungsional Umum

Sesuai Analisis Beban Kerja Puskesmas Ngemplak II Per November

Tahun 2015

 

No

Nama Jabatan

Kebutuhan

Tenaga Yang Ada

Kekurangan

Ket

A

Kepala Puskesmas

1

1

0

 

B

Ka Sub Bagian Tata Usaha

1.     Pengadm.Umum

2.     Pramu Kantor.

3.     Pengelola  Keuangan

4.     Pengelola barang

5.     Penjaga Keamanan

6.     Petugas Kebersihan &Pertamanan.

7.     Pengemudi

1

1

1

1

1

3

 

1

1

1

1

1

1

1

1

 

1

0

0

0

0

0

0

2

 

0

1

 

 

Total Jumlah Pemegang Jabatan

11

8

3

 

 

 

Tabel 2.4

Kebutuhan Jabatan Fungsional Tertentu

Sesuai Analisis Beban Kerja Puskesmas Ngemplak II Per November

Tahun 2015

 

No

Nama Jabatan

Kebutuhan

Tenaga Yang Ada

Kekurangan

Ket

1

Dokter

6

3

3

 

2

Dokter Gigi

2

1

1

 

3

Pranata Laboratorium Kesehatan

2

1

1

 

4

Perawat

7

7

0

 

5

Bidan

6

6

0

 

6

Perawat Gigi

2

2

0

 

7

Sanitarian

2

1

1

 

8

Asisten Apoteker

2

2

0

 

9

Nutrisionis

2

1

1

 

10

Epidemiolog Kesehatan

1

1

0

 

11

Penyuluh Kesehatan masyarakat

1

1

0

 

12

Rekam Medis

2

2

0

 

 

Total Jumlah Pemegang Jabatan

22

19

3

 

 

  1. Sarana dan Prasarana

Puskesmas Ngemplak II memiliki dua (2) Puskesmas Pembantu yaitu: Puskesmas Pembantu Pokoh dan Krajan yang buka setiap hari Senin sampai Sabtu.

Di wilayah kerja Puskesmas Ngemplak II.terdapat 2 (dua) Poskesdes yang terletak di dusun Jangkang Desa Widodomartani. dan di dusun Pokoh Desa Wedomartani, 3 (tiga) BPS (Bidan Praktek Swasta) di Desa Widodomartani dan 6 (enam) di Desa  Wedomartani, dan 1 (satu) BPRB (Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin) 1 di Desa Widodomartani. Sehingga seluruh masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Ngemplak II dapat mengakses tempat-tempat pelayanan kesehatan dengan mudah.

Puskesmas Ngemplak II memiliki 66 posyandu balita, 33 Posyandu Lansia, kegiatan Puskesmas Keliling terdapat 49 pos  dilaksanakan sesuai tanggal yang telah ditentukan dari pos masing-masing.

a.    Situasi keuangan à

Dari tahun ke tahun pendapatan di Puskesmas Ngemplak II sebagai cenderung meningkat.

NO

PENJAMIN

JUMLAH PENDAPATAN (Rp)

2012

2013

2014

1

Jamkesmas

28.250.450

59.182.100

333.786

2

Jamkessos

5.614.750

1.396.000

3.844.500

3

Jamkesda

6.054.850

8.034.950

17.792.600

4

Askes PNS

18.451.350

6.400.000

 

5

Retribusi Umum

205.180.250

259.983.900

281.517.100

6

BOK

75.000.000

68.450.000

75.000.000

7

JUMLAH

338.551.650

394.456.850

378.487.986

 

b.    Situasi Obat Dan Bahan Medis Habis Pakai

 Pengadaan obat esensial masih disubsidi dari gudang farmasi, tetapi apabila terdapat jenis obat ataupun  reagen  yang sering dibutuhkan pasien sementara gudang farmasi tidak menyediakan ataupun hanya ada dalam jumlah terbatas, puskesmas melakukan pengadaan sendiri dengan dana operasional  yang ada di puskesmas dengan persetujuan gudang farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Sedangkan bahan pakai habis untuk operasional puskesmas seperti kertas, pita, tinta printer, kertas resep, dan lain-lain dilakukan pengadaan sendiri dengan dana operasional puskesmas.

c.     Situasi Alat Kesehatan dan Logistik Kerumahtanggaan

Alat-alat kesehatan di Puskesmas Ngemplak II di kelola oleh seorang pengurus barang dan pengurus Alat kesehatan. Secara umum masih berfungsi dengan baik dalam arti tidak mengganggu pelayanan puskesmas, namun dalam rangka pengembangan pelayanan  maka perlu adanya pemeliharaan alat yang lama ataupun pengadaan alat yang baru. Pada tahun 2014, Puskesmas berupaya melengkapi peralatan kesehatan maupun logistik kerumahtanggaan yang belum ada ataupun menambah peralatan yang sudah ada dengan menggunakan dana operasional puskesmas sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat untuk pelaksanaan tahun 2015.

Alat

2013

2014

2015

Ket

EKG Digital

0

0

1

 

Fisioterapi set

0

0

1

 

Lampu tindakan

0

0

1

 

 

  1. UKBM

UKBM  adalah Upaya Kesehatan yang direncanakan, dibentuk, dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat dalam upaya mengatasi permasalahan kesehatan daerahnya. UKBM yang ada didesa terus dikembangkan untuk peningkatan pemberdayaan masyarakat di desa tersebut. Lingkup UKBM, antara lain sebagai berikut :

No

Nama UKBM

2012

2013

2014

Ket

1

Posyandu Balita

66

66

66

 

2

Posyandu Usila/lansia

16

18

18

 

3

Toga

2

2

2

 

4

Karang Taruna

44

44

44

 

5

UKGMD

6

9

9

 

6

UKS/UKGS

14

14

14

 

7

Poskestren

4

4

4

 

 

 

  1. Sasaran Kegiatan

Distribusi penduduk menurut kelompok sasaran program kesehatan dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Tabel 2.5

Kelompok sasaran program kegiatan kesehatan

Puskesmas Ngemplak II

 

No

Kelompok Sasaran

Jumlah Sasaran

2012

2013

2014

1.     

Bayi

393

485

459

2.     

Bumil

533

533

505

3.     

Bumil risti

110

106

98

4.     

Bulin

501

509

482

5.     

Bufas

501

509

482

6.     

Balita

1678

2354

2285

7.     

PUS

4907

4907

4926

8.     

Usila

     8033

8033

8033

            Sumber : Lap. Puskesmas Ngemplak II

 

B.   Khusus

  1. Mortalitas

Tabel 2.6

Angka Kematian

Di wilayah Puskesmas Ngemplak II

 

No

Indikator

Tahun 2012

Tahun 2013

Tahun 2014

1.     

Jumlah Lahir mati

3

0

2

2.     

Kematian Bayi/ IMR

7

5

7

3.     

Kematian Balita/ CMR

0

0

2

4.     

Kematian Ibu/ MMR

0

0

0

              Sumber : Lap. KIA  Puskesmas Ngemplak  II

 

  1. Morbiditas

Tabel 2.7

Kasus Penyakit Menular

Di wilayah Puskesmas Ngemplak II

 

No

Penyakit

Tahun 2012

Tahun 2013

Tahun 2014

1.     

Diare

521

645

518

2.     

TBC

9

3

11

3.     

DBD

14

17

7

4.     

Malaria

0

0

0

5.     

AIDS

0

0

0

6.     

Kusta

0

0

0

              Sumber : data Profil Puskesmas Ngemplak II

Berdasarkan keadaan penyakit menular diatas menunjukkan keadaan sebagai berikut : penyakit TBC ditemukan 7 kasus pada tahun 2014 keadaan  ini masih jauh dari target sebesar 12 kasus. Hal ini membuktikan perlunya kewaspadaan terhadap penyakit menular untuk menekan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit menular.

  1. Sepuluh Besar penyakit

Jumlah kunjungan pasien rawat jalan di Puskesmas Ngemplak II pada tahun 2013  yaitu sebanyak 37028 pasien dengan kasus paling banyak adalah common cold, hypertensi, penyakit pulpa dan jaringan periapikal dan seterusnya.  Pada tahun 2014 jumlah kunjungan pasien rawat jalan sebesar 31639 pasien Data sepuluh besar penyakit di Puskesmas Ngemplak II dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Tabel 2.8

Sepuluh Besar Penyakit

 di Puskesmas Ngemplak II

 

NO

Tahun 2013

Tahun 2014

Penyakit

Jml

Penyakit

Jml

1

Common cold

4725

Common cold

3041

2

Hipertensi

2206

Hipertensi

1918

3

Peny Pulpa&jar periapikal

1542

Peny Pulpa&jar periapikal

1703

4

Febris

940

Ispa

1439

5

Cephapgia

882

Dispepsia

9101 3

6

ISPA

820

Febris

881

7

Myalgia

776

Cephalgia

808

8

Faringitis

677

Faringitis

628

9

Dispepsia

648

DM

575

10

Diare

641

Gangg.erupsi Gigi

561

             Sumber : laporan profil puskesmas Ngemplak II

Dari tabel sepuluh besar penyakit yang terjadi di Puskesmas Ngemplak II.tahun 2013 maupun  tahun 2014 menunjukan bahwa sepuluh besar penyakit terdiri dari penyakit degeneratif dan penyakit menular dengan penyakit common cold berada di tingkat pertama.

 

  1. KLB

Tabel 2.9

Hasil Kegiatan Surveilans

Puskesmas Ngemplak II

 

NO

Kegiatan

2012

2013

2014

1

JUMLAH KLB

0

0

0

2

KLB ditangani <24 jam

0

0

0

 

  1. Status Gizi Masyarakat

Data Masalah gizi di wilayah Puskesmas Ngemplak II.

Tabel 2.10

Masalah Gizi

Puskesmas Ngemplak II

 

NO

MASALAH GIZI

Hasil

2012

2013

2014

1

Gizi Buruk

11

10

19

2

BGM

 

 

 

3

Gizi Kurang

151

98

129

4

Gizi baik

1825

1975

1809

5

Gizi Lebih

23

41

22

6

Cakupan Fe bumil ( Fe1 )

100%

100%

100%

7

Cakupan Bumil ( Fe3 )

95,75%

98.87%

98,49%

8

Cakupan Vitamin A Balita

100

100

100

  Sumber : Laporan Program Gizi

 

 

 

 

  1. Cakupan Program

a.    Pelayanan Kesehatan Masyarakat

1)    Upaya Promosi Kesehatan

Hasil capaian kegiatan program promosi kesehatan sejak tahun 2012 sebagai berikut :

Tabel 2.11

Capaian  Kegiatan Upaya Promosi Kesehatan

Puskesmas Ngemplak II.

 

No

Kegiatan

Hasil (%)

Target

SPM

2013

2014

1

Cakupan rumah tangga ber PHBS

43,52

58,84

60%

2

Posyandu Aktif

66

66

60%

3

Jumlah penyuluhan

-       kelompok

-       individu

-       NAPZA

 

176

 

10

182

 

4

Sekrening siswa SD kelas 1

100

100

100

5

Pemeriksaan Kesehatan siswa SMP/SMA

96,6

100

50

6

Desa Siaga Aktif

2

2

100

         Sumber : Laporan Program Promosi Kesehatan

Berdasarkan hasil pengkajian PHBS pada masyarakat di wilayah Puskesmas Ngemplak II.secara sampel pada tiap desa diperoleh hasil seperti pada tabel :

Tabel 2.12

Hasil Pengkajian Rumah tangga Ber-PHBS

Puskesmas Ngemplak II.

 

No

Desa

Tahun 2013

Tahun 2014

Target SPM

1

Widodomartani

40,80%

60%

60%

2

Wedomartani

32%

50,37%

60%

                   Sumber : Laporan program Promosi Kesehatan

 

 

 

 

2)      Kesehatan Lingkungan

Tabel 2.13

Cakupan Program Kesehatan Lingkungan

Puskesmas Ngemplak II.

 

No

Kegiatan

Hasil (%)

Target

SPM (%)

2012

2013

2014

1

Rumah Sehat

92,15

92,53

96,82

85

2

Keluarga memiliki Akses Air Bersih

100

100

100

100

3

KK  Memiliki Jamban Sehat

91,99

92,19

96,79

85

4

TPM Sehat

100

100

100

73

5

Institusi dibina

100

100

100

50

6

TTU sehat

100

100

100

79

7

ABJ

100

92,81

98,29

95

8

TP2 Sehat

100

100

100

100

9

Air Bersih Memenuhi Syarat bakteriologis

80,85

90,90

90

100

10

STBM

50

50

100

100

                        Sumber : Laporan program kesehatan lingkungan

3)    Pemberantasan Penyakit Menular

Tabel 2.14

Cakupan Kegiatan Pemberantasan Penyakit Menular

Puskesmas Ngemplak II.

 

No

Cakupan

Jumlah Kasus

Target

2012

2013

2014

1

AFP rate per 100.000 pddk < 15th

100%

100%

100%

>2/100.000

2

Penemuan Penderita Pneumonia Balita

4

3

21

100%

3

Penemuan  pasien baru TB BTA positif

32,54

25,93

56,48

70%

4

Penderita DBD yag Ditangani

100%

100%

100%

100%

5

Penemuan Penderita Diare

521

645

518

100%

 

4)      Upaya Kesehatan Ibu dan Anak serta KB

Dari kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh program Kesehatan Ibu dan anak diperoleh hasil cakupan  sebagai berikut :

Tabel 2.15

Hasil Cakupan Kegiatan Kesehatan Ibu dan Anak

Puskesmas Ngemplak II.

 

No

Kegiatan

Hasil

Target

SPM

2013

2014

1

Jumlah bayi Mati

3

3

26/100.000

2

Jumlah balita Mati

0

0

 

3

Jumlah Kematian Ibu maternal

0

0

102/100.000

4

KN2

99,38%

102,8%

90 %

5

Kunjungan Bayi                  ( SDIDTK 4x )

74,64%

96,73%

95 %

6

BBLR

5,37%

8,38%

 

7

K1

100%

100%

100 %

8

K4

98,87%

98,49%

95 %

9

Persalinan ditolong Nakes

100 %

100%

99,3 %

11

Peserta KB Aktif

83,56%

81,14%

84 %

12

Ibu Hamil Mendapat Fe3

100,2%

103,8%

80 %

13

Bumil risti/Komplikasi ditangani

100 %

100%

100 %

14

Neonatal Risti  dirujuk da ditangani

100 %

100%

100 %

                      Sumber : laporan Program KIA

 

5)      Upaya Peningkatan Gizi Masyarakat

Hasil cakupan kegiatan program gizi dapat dilihat secara lengkap pada tabel berikut :

Tabel 2.16

Cakupan kegiatan program gizi

Puskesmas Ngemplak II.

 

No

Cakupan

Hasil %

Target SPM

2012

2013

2014

1

K/S

100

100

100

100

2

D/K

72,41

75,30

83,76

80

3

D/S

72,41

75,3

83,76

84

4

N/S

35,54

35,44

42,46

60

5

N/D

49,09

47,07

50,70

70

6

VitA balita 2x

100

100

100

90

7

Vit A Bufas

93,62

100

100,62

90

8

Fe 1

102,62

101,5

105,3

90

9

Fe 3

96,75

100,2

103,8

80

10

Asi Eksklusif

81,30

71,00

71,13

60

11

Anemia Bumil (HB<11 gr)

17,89

8,32

5,08

< 20

12

Bumil KEK

10,57

5,36

5,35

<15

 

6)    Program Kesehatan Usila

Tabel 2.17

Hasil Kegiatan Program Usila

Puskesmas Ngemplak II

 

NO

KEGIATAN

HASIL(%)

Target

2012

2013

2014

1

Cakupan pelayanan Kesehatan pra usila dan usila

75,40

18,5

33,23

70%

2

Cakupan pembinaan Pra usila dan usila

100

100

73

70%

3

Cakupan Pelaksanaan senam usila

27,7

27,7

27,7

50%

 

7)      Program Usaha Kesehatan Sekolah

Tabel 2.18

Hasil Kegiatan Program Sekrening  Anak Sekolah Dasar

Puskesmas Ngemplak II.

 

NO

KEGIATAN

2013

2014

1

Jumlah yang disekrening

100%

100%

2

Cakupan yang disekrening

100%

100%

3

Status Gizi

a.    Normal

b.    Gemuk

c.     Kurus

d.    Kurus sekali

 

85,85%

10,14%

4,01%

0%

 

74,95%

17,36%

7,69%

0%

4

Tajam Penglihatan normal

99,53%

100%

5

Tajam pendengaran Normal

100%

100%

6

Caries Gigi

55,66%

42,20%

 

 

 

 

 

Tabel 2.19

Hasil Kegiatan Program Sekrening  Anak SMP

Puskesmas Ngemplak II

 

NO

KEGIATAN

2013

2014

1

Jumlah yang disekrening

86

88

2

Cakupan yang disekrening

100%

100%

3

Status Gizi

a.    Normal

b.    Gemuk

c.     Kurus

d.    Kurus sekali

 

77,91%

16,27%

5,81%

0%

 

63,64%

13,64%

22,73%

0%

4

Tajam Penglihatan

  1. Normal
  2. Tidak Normal

 

82,56%

17,44%

 

94,31%

5,68%

5

Caries Gigi

30,23%

23,86%

6

Anemia

0%

0%

 

 

 

 

Tabel 2.20

Hasil Kegiatan UKS

Puskesmas Ngemplak II

 

NO

Kegiatan

2012

2013

2014

Ket

1

Strata UKS

-       Strata Minimal

-       Strata Standar

-       Strata optimal

-       Strata Purnama

 

 

14

5

 

 

14

5

 

 

 

14

5

 

2

Pembinaan sekolah Sehat

0

0

4

 

 

 

8)      Program Kesehatan Jiwa

Tabel 2.21

Jumlah Kunjungan Jiwa

Puskesmas Ngemplak II

 

No

Cakupan

Jumlah Kasus

Ket

2012

2013

2014

1

Gangguan metal Organik

0

0

0

 

2

Gangguan penggunaan napza

0

0

0

 

3

Skizofrenia dan psikotik

171

166

255

 

4

Gangguan Psikotik akut

0

1

0

 

5

Gangguan Bipolar

0

0

0

 

6

Gangguan depresif

8

8

20

 

7

Gangguan Neurotik

0

0

0

 

8

Retardasi Mental

1

0

0

 

9

Gangguan Jiwa anak dan Remaja

0

0

0

 

10

Epilepsi

63

50

93

 

 

Jumlah kasus sampai dengan tahun 2014 sebanyak 10 atau sebesar 3,47% dari seluruh kunjungan Puskesmas.

 

9)      Program Kesehatan Mata

Kegiatan kesehatan mata masyarakat dilaksanakan secara pasif dan aktif.  Kegiatan pasif meliputi pelayanan kesehatan mata yang include pada kegiatan pengobatan rawat jalan, sedangkan kegiatan aktif meliputi skreening gangguan refraksi pada anak sekolah. Selain itu, bila ada kegiatan bakti social operasi katarak gratis yang dilakukan oleh persatuan profesi atau instansi tertentu, Puskesmas juga berkoordinasi dalam penjaringan pasien.

Tabel 2.22

Kunjungan Kesehatan mata

Puskesmas Ngemplak II

 

NO

KEGIATAN

HASIL

Ket

2012

2013

2014

1

Pterigium

15

37

37

 

2

Conjungtivitis

342

232

275

 

3

Keratitis

1

2

1

 

4

Katarak

42

30

48

 

5

Glaukoma

3

5

1

 

6

Gg Refraksi

29

18

19

 

7

Kebutaan

0

0

5

 

8

Penyakit mata lainnya

31

9

18

 

Sumber : Laporan Program Kesehatan Mata

10)  Surveilans

Tabel 2.23

Hasil Kegiatan Surveilans

Puskesmas Ngemplak II

 

NO

Kegiatan

2012

2013

2014

1

JUMLAH KLB

0

0

0

2

KLB ditangani <24 jam

0

0

0

 

Program imunisasi merupakan salah satu program prioritas dari Departemen Kesehatan yang merupakan nilai efektifitas yang tinggi dalam menurunkan angka kesakitan dan kematian bayi akibat penyakit – penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Tabel 2.24

Hasil Kegiatan Imunisasi

Puskesmas Ngemplak II

 

NO

Jenis imunisasi

Hasil (%)

Target SPM

2012

2012

2014

1

HB 0

349

363

327

 

2

BCG

366

373

362

 

3

DPT + HB 1

365

371

278

 

4

DPT + HB 2

360

368

270

 

5

DPT + HB 3

369

370

272

 

6

IPV 1

365

371

270

 

7

IPV 2

360

368

270

 

8

IPV 3

369

369

272

 

9

IPV 4

375

377

-

 

10

Cakupan Imunisasi campak Balita

371

377

374

85

11

Desa UCI

2

2

2

85

12

TT1

-

-

-

 

13

TT2

48

-

-

 

14

TT3

95

89

192

 

15

TT4

103

149

203

 

16

TT5

156

149

203

 

17

BIAS

96,2

96,1

97,3

100

 

11)  Program Publik Health Nursing (Perkesmas)

Cakupan program PHN (Perkesmas) di Puskesmas Ngemplak II.sejak tahun 2013 semakin meningkat, dan sudah bisa memenuhi target yang ditetapkan.

 

Tabel 2.25

Hasil Kegiatan Program PHN

Puskesmas Ngemplak II

 

NO

KEGIATAN

HASIL

Target

2013

2014

1

Cakupan Perkesmas pd klg rawan dg Bumil Risti

16,7%

101,3

100%

2

Cakupan Perkesmas pd klg rawan dg Bayi risti

26,5%

260,9

100%

3

Cakupan Perkesmas pd klg rawan dg balita Risti

10%

104,7

100%

4

Cakupan Perkesmas pd klg rawan dg Usia Lanjut

7,5%

88,4

100%

5

Cakupan Perkesmas pd klg rawan dg penyakit Kronik

16,9%

112,9

100%

6

Cakupan Perkesmas pd klg rawan dg  gangguan Jiwa

13%

166,7

100%

Sumber : Laporan Program Perkesmas

b.    Pelayanan Pengobatan

1)    Pelayanan Rawat Jalan

Tabel 2.26

Kunjungan Pasien

Di Puskesmas Ngemplak II

 

NO

JENIS PASIEN

HASIL

2012

2013

2014

1

Umum

27.970

29023

22.809

2

Jamkesmas

1.936

5.250

3.664

3

Jamkessos

2.690

311

311

4

Jamkesda

0

989

1.741

5

Askes PNS

3.487

391

1.189

 

 

Tabel 2.27

Hasil Pelayanan  BP umum dan Unit Gawat Darurat

 Puskesmas Ngemplak II.

NO

JENIS PELAYANAN

JUMLAH

2013

20124

1

Rawat Jalan Umum

24.165

21.068

2

Konsultasi Gizi

737

934

3

KIA

5.437

6.138

4

KB

3.928

3.997

5

BPG

3.634

3.814

6

Sanitasi

33

50

7

Laborat

838

3426

8

Psikologi

638

733

 

Sumber : Laporan BPU

 

2)    Pelayanan Poli Gigi

Cakupan pelayanan poli gigi dari tahun ke tahun mengalami kecenderungan meningkat seperti terlihat pada tabel berikut :

Tabel 2.28

Cakupan Kegiatan Poli Gigi dan UKGS

Puskesmas Ngemplak II

 

NO

KEGIATAN

HASIL

Target

2012

2013

2014

1

Cakupan rata – rata kunjungan per hari

 

12,59

 

12

 

13

 

5orang/hr

2

Cakupan Apras

288

420

432

50%

3

Cakupan Bumil

31,87

34,75

37,59

50%

4

Cakupan TK UKGS

100

100

100

100%

5

Rasio Tambal Cabut

546:391

567:273

599:184

1:1

6

Rujukan Gigi

7

6

0

5%

7

Cakupan Pelayanan Kesehatan Gigi

11,09

10,73

11

4%

Sumber : laporan BP Gigi

3)    Pelayanan Laboratorium

Pada tahun 2014 ini  selalu berupaya memberikan pelayanan laboratorium yang maksimal. Pelayanan pada tahun 2014 sebanyak 3426 kunjungan dengan jumlah pemeriksaan 7206 item.

Pemeriksaan sediaan BTA dalam tahun 2014 tidak dilaksanakan PME( Pemantapan Mutu Eksternal / kroscek) dari BLK, karena Puskesmasn Ngemplak II hanya merupakan Puskesmas  Satelit BTA.

c.    Penilaian Kinerja

Berdasarkan penilaian kinerja diperoleh hasil sebagai berikut :

NO

KEGIATAN

NILAI

1

Upaya kesehatan ibu & anak serta KB

99,63

 

2

Upaya perbaikan gizi

94,28

 

3

Upaya pencegahan penyakit

101,14

 

5

Upaya pemberantasan penyakit

83,04

 

6

Upaya penyehatan lingkungan

102,74

 

7

Upaya Promosi kesehatan

86,48

 

8

Upaya pengobatan rawat jalan

94,94

 

9

Upaya Kesehatan sekolah

80,00

 

10

Upaya kesehatan gigi dan mulut

69,85

 

11

Upaya SP2TP

100

 

 

d.    Hasil survey kepuasan pelanggan

NO

UNSUR PELAYANAN

NILAI RATA-RATA

1

Kewajaran Biaya Pelayanan

80,83

2

Prosedur Pelayanan                   

81,19

3

Kesopanan dan Keramahan Petugas

82,27

4

Kenyamanan Lingkungan

81,1

5

Keamanan Pelayanan

82,25

6

Tanggung Jawab Petugas Pelayanan

83,36

7

Kejelasan Petugas Pelayanan

76,6

8

Kemampuan Petugas Pelayanan

81,04

9

Persyaratan Pelayanan

82,34

10

Kepastian Biaya Pelayanan

82,27

11

Keadilan Mendapatkan Pelayanan

82,87

12

Kedisiplinan Petugas Pelayanan

82,7

13

Kecepatan Pelayanan

86,03

14

Kepastian Jadwal Pelayanan

82,16

 

Indeks Kepuasan Masyarakat

81,93

 


BAB III

ANALISIS MASALAH

 

A.  Identifikasi Masalah Dan Prioritas Masalah

1.  Identifikasi Masalah

Berdasarkan  hasil analisis situasi maka dapat diidentifikasi permasalahan-permashalahan yang  ada di Puskesmas Ngemplak II yaitu :

  1. Program Perbaikan Gizi Masyarakat

*    Masih rendahnya tingkat partisipasi balita datang menimbang ke Posyandu di bawah target 83,76 % (target 84 %).

*    Masih adanya 9 kasus gizi buruk

*    Anemia Bumil masih tinggi ( 38,7%)

*    Bumil KEK tinggi( 16,1%)

  1. Program Promosi Kesehatan

*      Masih rendahnya cakupan tatanan rumah tangga BerPHBS (58,84%)

*      Masih rendahnya cakupan posyandu aktif Mandiri dan Purnama (55,51%)

  1. Program Upaya Kesehatan Lingkungan

*      Cakupan rumah sehat sangat rendah (32,88%)

*      Cakupan Tempat Pengelolaan makanan sehat  sangat rendah (12,36%)

*      Cakupan Tempat Pengelolaan Pestisida yang sehat sangat rendah (15%)

*      Kadar air bersih memenuhi syarat bakteriologis sangat rendah (2%)

*      Cakupan Desa STBM masih Rendah (25%)

  1. Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular

*      Kesembuhan penderita TBC paru BTA(+) masih di bawah target (42,86%)

*      Penemuan Penderita TBC paru (CDR) masih rendah (56,48%)

*      Cakupan BIAS campak kl.1 tidak tercapai (94,49%)

  1. Program Kesehatan Ibu dan Anak serta KB

*      Cakupan peserta KB masih di bawh target (81,19%)

  1. Program Usila

*    Belum Terlaksananya Puskesmas lantun lansia secara optimal

  1. Program UKS dan UKGS

*      Masih tingginya kasus caries gigi pada siswa SD, sebesar 90 %

*      Semua UKS( 17 UKS ) masih dalam strata Minimal

*      Masih rendahnya pembinaan sekolah sehat

*      Cakupan penduduk mendapat  pelayanan kesehatan di bawah target (6,90)

  1. Program PHN

*      Cakupan PHN pada keluarga rawan dengan usila masih rendah (88,4%)

  1. Program Kesehatan Jiwa

*      Cakupan kesehatan jiwa yang diobati sangat kecil.

*      Tim Penanganan Kesehatan Jiwa Masyarakat tingkat Kecamatan belum bekerja secara optimal.

  1. Program Kesehatan Mata

*      Masih ditemukan 43 kasus gangguan reflaksi

*      Masih terbatasnya alat pemeriksaan mata di Puskesmas

 

 

  1. Imunisasi

*      Masih adanya KLB

*      BIAS belum terlaksana 100%

*      Masih ada HB0 yang diberikan lebih dari 24 jam

  1. Manajemen Puskesmas

*      Masih kurangnya tenaga Sumber Daya Manusia di Puskesmas

*      Sistem Manajemen mutu masih belum berjalan Optimal

*      Sistem informasi Puskesmas belum berjalan baik.

*      Persiapan pembahasan status Puskesmas dari Rawat jalan ke Rawat Inap

 

2.  Prioritas Masalah

Masalah adalah kesenjangan antara harapan dengan kenyataan, antara hasil dengan target. Prioritas masalah adalah masalah yang dinilai paling utama oleh organisasi tersebut.  Setelah  dilakukan identifikasi masalah berdasarkan analissis situasi, cakupan masing-masing program dan kondisi manajemen (sumber daya) kemudian dilakukan pembahasan oleh tim kecil maka disepakati bahwa yang menjadi prioritas masalah dari masing-masing program adalah sebagai berikut :

a.    Masih rendahnya cakupan N/D

b.    Masih adanya kasus gizi buruk

c.     Masih rendahnya cakupan posyandu aktif

d.    STBM masih Rendah

e.    Penemuan penderita pneumonia masih rendah

f.      Penemuan penderita BTA positif masih rendah

g.    Cakupan K4 masih rendah

h.    Cakupan SDIDTK masih rendah

i.      Pembinaan sekolah sehat masih rendah

j.      Cakupan PHN kelompok rawan mash rendah

k.     Masih kurangnya SDM di Puskesmas

l.      Sistem manajemen mutu belum berjalan optimal

m.   Sistem informasi Puskesmas belum berjalan dengan baik

n.    BIAS belum terlaksana 100%

o.    Cakupan penderita jiwa masih rendah

Setelah dilakukan identifikasi dan pemilihan masalah pada masing-masing program kemudian dilakukan penentuan prioritas masalah. Penentuan prioritas masalah di Puskesmas Ngemplak II dengan menggunakan kriteria matriks yang dilakukan oleh tim perencanaan dengan melihat masalah dari berbagai segi. Dari daftar masalah kesehatan masyarakat yang ada di Puskesmas Ngemplak II  kemudian daftar tersebut diberi skor untuk menentukan masalah kesehatan apa yang akan diintervensi. Adapun hasil brainstorming untuk menentukan prioritas masalah adalah sebagai berikut :

Urutan Prioritas

MASALAH KESEHATAN

U

S

G

UxSxG

I

Masih Adanya kasus gizi buruk

5

4

4

80

II

Penemuan penderita pneumonia masih rendah

5

4

3

60

III

Penemuan penderita BTA positif masih rendah

5

4

3

60

IV

Cakupan K4 masih rendah

3

3

4

36

V

Cakupan SDIDTK masih rendah

3

3

4

36

VI

Masih rendahnya cakupan N/D

4

4

2

32

VII

Sistem manajemen mutu belum berjalan optimal

4

4

2

32

VIII

Cakupan PHN keluarga rawan masih rendah

3

3

3

27

IX

Masih rendahnya cakupan posyandu aktif

4

3

2

24

X

STBM masih rendah

3

3

2

18

B. Penyebab Masalah danAlternatif Pemecahannya

Setelah dilakukan penentuan prioritas masalah kemudian oleh tim dilakukan identifikasi penyebab masalah. Identifikasi penyebab masalah menggunakan metode brainstorming dan perangkat fishbone. Adapun penyebab masalah masing-masing masalah adalah sebagai berikut :

1.      Masih adanya kasus gizi buruk

2.      Penemuan Pneumonia masih rendah

 

 

 

 

3.      Penemuan BTA positif masih rendah

4.      K4 masih rendah

 

 

 

5.      Cakupan SDIDTK

6.      Masih rendahnya cakupan N/D

 

 

 

 

7.      Sistem Manajemen mutu masih belum berjalan

8.      PHN

 

 

 

 

9.    Masih rendahnya cakupan posyandu aktif ( Mandiri dan Purnama )

10.  Cakupan Desa STBM masih Rendah


BAB IV

RENCANA USULAN KEGIATAN

 

          Dalam usulan kegiatan Puskesmas Ngemplak  II Tahun 2015  ini didasarkan pada prioritas masalah dan kecenderungan permasalahan yang terjadi di wilayah kerja. Kegiatan yang direncanakan atau diusulkan dibagi dalam 3 hal pokok, yaitu :

1.       Pengembangan sarana peralatan kantor / rumah tangga.  Pengembangan Kegiatan Program Kesehatan meliputi 6 kegiatan pokok puskesmas (basic six program) dan program pengembangan.

2.      Pengembangan manajemen, meliputi manajemen sumber daya manusia, manajemen mutu pelayanan, dan manajemen keuangan.

3.       Pengembangan sarana dan prasarana, meliputi pengembangan sarana fisik bangunan, pengembangan sarana alat kesehatan.

Penentuan prioritas masalah dengan menggunakan kriteria matriks oleh tim perencanaan dan kemudian diberi skor untuk menentukan masalah kesehatan dan akan diintervensi adalah sebagai berikut :

a.    Masih Adanya kasus gizi buruk

b.    Penemuan penderita pneumonia masih rendah

c.     Penemuan penderita BTA positif masih rendah

d.    Cakupan K4 masih rendah

e.    Cakupan SDIDTK masih rendah

f.      Masih rendahnya cakupan N/D

g.    Sistem manajemen mutu belum berjalan optimal

h.    Cakupan PHN keluarga rawan masih rendah

i.      Masih rendahnya cakupan posyandu aktif

j.      STBM masih rendah

 

Usulan kegiatan Puskesmas Ngemplak  II secara lengkap dapat dilihat pada matriks berikut ini:

 MATRIKS RENCANA USULAN KEGIATAN PUSKESMAS TAHUN 2015 sebagai berikut :

No

Masalah

Rencana Tindak Lanjut

1

Masih Adanya kasus gizi buruk

diusulkan dianggaran BOK 2016 baik berupa PE, kunjungan rumah,pemantauan, pendampingan,sarasehan dan (sosialisasi penanganannya dianggarkan 2015)

2

Penemuan penderita pneumonia masih rendah

Penggalakan MTBS ditingkatkan, refresing MTBS dianggarkan tahun 2016 dana BLUD

3

Penemuan penderita BTA positif masih rendah

Screning tersangka TBC ditingkatkan 2016 dianggarkan dengan dana BOK,anggaran untuk pembacaan slide diperbanyak dengan anggaran BLUD

4

Cakupan K4 masih rendah

Pendataan bumil baik oleh bidan dan kader ditingkatkan hal ini dianggarkan didana BOK tahun 2016

5

Cakupan SDIDTK masih rendah

Pendaanaan SDIDTK baik itu di Posyandu, di TK dan PAUD didanai BOK ditahun 2016 dengan frekwensi lebih dari 1 kali

6

Masih rendahnya cakupan N/D

Perlu diadakan konsultasi ke petugas gizi, meski sudah dilakukan pendampingan, pemantauan,pemberian PMT yagng dianggagarkan di BOK 2016

7

Sistem manajemen mutu belum berjalan optimal

SDM ditingkatkan dengan pelatihan sesuai dengan profesi, dianggarkan didana BLUD 2016, tetapi untuk pengembangan SDM belum dapat dianggarkan karena keterbatasan dana

8

Cakupan PHN keluarga rawan masih rendah

Peningkatan PHN akan diperbanyak frekwensinya dengan dianggarkannya didana BOK

9

Masih rendahnya cakupan posyandu aktif

Kunjungan ke Posyandu oleh petugas digiatkan dengan didanai  BOK

10

STBM masih rendah

Kajian dan evaluasi STMB dianggarkan dengan dana SOP dengan frekwensi 2 kali

 

                  


 RENCANA USULAN KEGIATAN (RUK)

UPAYA KESEHATAN PERORANGAN TAHUN 2018

 

No

 

Upaya Kesehatan

Kegiatan

Tujuan

Sasaran

Target Sasaran

Penang gung Jawab

Kebutu

han Sumber

daya

Mitra Kerja

Waktu Pelak sanaan

Kebutuhan Anggaran

Indikator Kinerja

Sum ber Pembiayaan

 

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

(10)

(11)

(12)

(13)

 

1

Loket

Memperbaiki layanan meja informasi

Memperbaiki lokasi dan layanan meja informasi shg bisa berfungsi secara optimal

petugas

Petugas meja informasi

S.A Widodo

1 petugas, bahan bangunan, mebelair

 

september

12.000.000

Terdapat petugas khusus dengan lokasi yang lebih baik,

JKN

 

 

 

Memperbaiki ruangan loket

Memperbaiki komunikasi yang baik antara pasien dan petugas, menstandarkan ruangan loket sesuai permenkes

Pelanggan

Pasien sakit

S.A Widodo

Perbaikan gedung dan mebelair

 

september

12.000.000

terlaksana

DAK

 

2

Rekam Medik

Pelatihan petugas Rekam Medik

Meningkatkan standar kompetensi petugas Rekam Medik

Petugas RM

Petugas RM

Andy Catur Wahyudi

-

Dinkes Kabupaten/Provinsi

Maret

4.000.000

Terdapat petugas RM yang memiliki sertifikat kompetensi RM

JKN

 

 

 

Mendekatkan ruang RM dengan Loket

Mempercepat layanan

Petugas RM

Petugas RM

Andi C.W

-

 

september

-

 

DAK

 

3

R. Pemeriksaan Umum

memisahkan ruangan pemeriksaan untuk penyakit menular khusus (TBC,HIV,IMS ,Kusta)

melindungi privasi pasien, dan mencegah penularan

petugas

 

Dr. Dyan Ratih K

ruangan, buku registrasi, alat klinis, 1 orang petugas

 

januari

15.000.000

terlaksana

JKN, DAK

 

 

 

Memperbaiki ruangan  

Menyesuaikan dengan standar permenkes

petugas

 

Dr. Adi P

Gedung baru

 

September

 

 

 

 

 

 

melengkapi peralatan klinis

meningkatkan mutu pelayanan

Pasien

 

Dr. Adi Prabowo

Lemari kaca khusus peralatan klinis

 

maret

2.000.000

Peralatan klinis ada >90 % dan terletak di lemari kaca khusus alat klinis

JKN

 

4

MTBS dan Imunisasi

memisahkan ruangan MTBS dan Imunisasi

mencegah penularan nosokomial thd bayi sehat

Pasien

Bayi & balita sehat-sakit

Dr. Dyan Ratih K

penyekat ruangan, 1 orang petugas

 

September

5.000.000

terlaksana

JKN, DAK

 

 

 

membuat ruangan puskesmas ramah anak

puskesmas ramah anak

Pasien

Anak dan balita

Nanik Mujiami

1 ruangan baru dgn mainan, mat, hiasan, dll

 

September

5.000.000

terlaksana

JKN, DAK

 

5

Laboratorium

melengkapi peralatan

meningkatkan mutu pelayanan

 

 

Rezky D.A

Blood analizer atau sentrifuge

 

desember

60.000.000

Terbeli

JKN

 

 

 

melakukan PMI dan PME

meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan laborat

 

 

Rezky D.A

spesimen pasien, sample, spuit, 1 tenaga

 

juli

3.600.000

terlaksana

JKN

 

 

 

melakukan kalibrasi alat laboratorium

meningkatkan validasi alat-alat laboratorium

Alat-alat laboratorium

Alat-alat laboratorium yang membutuhkan kalibrasi

Rezky D.A

 

 

 

3.000.000

Alat-alat laboratorium terkalibrasi  setiap tahun

JKN

 

 

 

pembelian reagen laboratorium yang tidak tercover dinas kesehatan

meningkatkan mutu pelayanan

Reagen

 

Rezky D.A

 

 

 

25.000.000

Reagen tersedia > 70%

JKN

 

 

 

Pojok sputum

Memberikan pelayanan standar dan pasien safety

Pasien

Pasien TB

Noor Cholifah

 

Dinas kesehatan

 

 

Terlaksana

 

 

6

Farmasi

memperluas gudang obat

Menjaga kualitas obat

 

 

 

Dr. Dyan Ratih K

Ruangan dengan luas sesuai permenkes

 

september

15.000.000

terlaksana dengan luas ruangan sesuai standar Permenkes/ Standar Puskesmas dari DinkesPropinsi

JKN- DAK

 

 

 

Membeli rak obat baru

menjaga pasien safety dengan menjaga LASA

Obat-obatan

 

Sulistyo Arini

Rak obat

 

mei

3.000.000

Barang terbeli

JKN

 

 

 

tambahan tenaga pelaksana kefarmasian

menurunkan waktu tunggu pasien di Ruang Obat

 

Pasien

Pasien antrian di R. Farmasi

Dr. Dyan Ratih K

1 orang petugas

 

januari

12.000.000

terdapat tambahan tenaga yang sesuai

DAU

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

membeli medicine pocket

meningkatkan kualitas pelayanan

Pasien

Pasien bayi dan balita

Sulistyo Arini

alat

 

oktober

250.000

Barang terbeli

JKN

 

 

 

Membeli obat dan BHMP

Memberikan pelayanan sesuai standar

Pasien

Pasien sakit

Sulistyo Arini

 

 

januari

70.000.000

Obat dan BHMP terbeli > 90%

JKN

 

7.

Klinis Sanitasi dan Gizi

Melengkapi peralatan konsultasi dan edukasi

Mempermudah penyampaian informasi ke pasien

Pasien

Pasien sanitasi dan gizi

Cecep K dan

Alat-alat peraga, brosur edukasi

 

maret

2.000.000

Alat peraga tersedia > 50%, brosur mencukupi >70%

JKN

 

 

 

Memperbaiki pojok laktasi

Menstandarkan layanan ruang laktasi

Pasien

busui

Dr. Dyan Ratih K

Lemari Es

 

mei

2.500.000

Terdapat lemari es sebagai penyimpan ASIP

JKN

 

8.

Gigi

melengkapi dan memperbaiki peralatan klinis

meningkatkan pelayanan sesuai standar profesi

pasien

Pasien gigi

Drg. Yuni I

dental unit dan light curing

 

januari

20.000.000

Barang terbeli

JKN

 

 

 

Menambah perawat gigi baru dg MoU

Meningkatkan pelayanan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9.

KIA-KB

pengadaan ATK untuk pelaporan

 

 

 

Nina Dwija

partograf,materai,inform consent, lembar observasi

 

januari

1.000.000

ATK untuk pelaporan tercukupi

JKN

 

 

VK

Perbaikan ruangan VK

Memisahkan dan menjaga VK tetap steril

petugas

Pasien melahirkan

 

Di lampiran

 

 

 

 

 

 

 

 

Peralatan VK

Melengkapi peralatan

petugas

Petugas VK

 

 

 

 

 

 

 

 

10

UGD

Melengkapi dan memperbaiki peralatan klinis UGD

Meningkatkan standar layanan klinis

petugas

Pemberi layanan klinis UGD

Dr. Adi Prabowo

Perbaikan EKG, Nebulizer, collar brace, alat resusitasi

 

oktober

10.000.000

Peralatan klinis yang diajukan terpenuhi > 505

JKN

 

11

Lain-lain

penggantian tempat duduk yang sesuai standar untuk pasien

Resiko jatuh pada pasien karena tersandung kaki kursi

Pasien

pasien

Fida Ainur R

 

 

januari

5.000.000

Tempat duduk lama < 20%

JKN

 

 

 

Pengadaan penyuluhan klinis berbasis audio visual

Meningkatkan pemahaman pasien terhadap penyakit yang sering terjadi

Pasien

pasien

Dr. Adi Prabowo

Video penyuluhan tentang penyakti menular dan tidak menular

 

 

5.000.000

Terdapat video penyuluhan >50% materi

JKN

 

 

 

Pemagaran kolam/taman

untuk mencegah terjadi resiko tercebur kolam

Taman

Kolam ikan

Cecep K

Bahan banguan/pagar

 

agustus

7.000.000

terlaksana

JKN

 

TOTAL DANA RUK

 

299.350.000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                

No comments:

Post a Comment

Manajemen Telusur

DOKUMEN TELUSUR POKOK Rencana Strategis ( Renstra )   >>>>>>>>>> View Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) dan ...