|
ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN MUSKULOSKELETAL |
Puskesmas Abcde |
|||
SOP |
Nomor |
:440/C/VII/SOP/7/2018/00.. |
|||
Terbit ke |
: 01 |
||||
No.Revisi |
: 00 |
||||
Tgl.Terbit |
: 1 Juli 2018 |
||||
Halaman |
: 1-1 |
||||
Ditetapkan Kepala Puskesmas Abcde |
|
|
1.Pengertian |
Asuhan Keperawatan
pasien gangguan muskuloskeletal adalah suatu rangkaian kegiatan praktik
keperawatan yang langsung diberikan kepada pasien gangguan muskuloskeletal
dengan menggunakan metodologi proses keperawatan dalam lingkup dan wewenang serta tanggung jawab keperawatan. |
2. Tujuan |
Sebagai acuan
dalam melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien gangguan muskuloskeletal. |
3. Kebijakan |
Surat Keputusan
Kepala Puskesmas Nomor .....tentang
Pemberian Layanan Klinis. |
4. Referensi |
Nurarif, A.H,
Kusuma H. Aplikasi Asuhan Keperawatan
Berdasarkan Diagnosa M edis dan Nanda Nic-Noc, Edisi Revisi Jilid 2.2015. |
5.Alat dan Bahan |
1.) Kartu rekam
medis 2.)Tensimeter 3.)Stetoskop 4.)Handsoon |
6.Prosedur |
1.) Petugas memanggil pasien. 2.) Petugas mempersilahkan pasien untuk
duduk dengan nyaman. 3.) Bila tidak bisa duduk, petugas
mempersilahkan pasien berbaring di tempat tidur. 4.) Petugas
melaksanakan anamnesa sesuai keluhan pasien seperti nyeri
persendian/ekstremitas kaku-kaku/mobilisasi terbatas/parestesi/mudah lelah. 5.) Petugas
melaksanakan pengukuran vital sign ( tekanan darah, pernapasan dan denyut
nadi) . 6.) Petugas
mencatat hasil pengkajian di rekam medis. 7.) Petugas
menuliskan diagnosa keperawatan. 8.) Petugas
melaksanakan pendidikan kesehatan ( Health Education ). 9.) Petugas
mempersilahkan pasien untuk menunggu panggilan pemeriksaan dokter. 10.) Petugas
mencatat asuhan keperawatan yang telah dilaksanakan. 11.) Petugas
melakukan dokumentasi keperawatan. |
7.Diagram Alir |
- |
8. Hal- hal
yang perlu diperhatikan |
|
9. Unit Terkait |
Ruang Pemeriksaan
Umum |
10.Dokumen
Terkait |
1.Buku Register 2.Kartu rekam
medis 3. Simpus Data |
11. Rekaman Historis perubahan
No |
Halaman |
Yang dirubah |
Perubahan |
Diberlakukan Tgl. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment